Sunday , October 25 2020

Pernah Diremehkan, 5 Orang Ini Buktikan Kesuksesan Bukanlah Hal Mustahil

Untuk memperoleh kesuksesan tentunya dibutuhkan kerja keras yang tiada hentinya. Kamu nggak bisa mengandalkan kepintaran semata untuk meraih sukses. Sebab bukan hanya IQ yang mempengaruhi keberhasilan, tapi juga kegigihan.

Nah, berikut ini beberapa kisah orang sukses yang dulunya pernah diremehkan, entah karena ia bodoh di sekolah atau memiliki keterbatasan fisik sehingga kerap dipandang sebelah mata. Namun begitu, dengan semangatnya yang menggebu-gebu, orang-orang ini berhasil membuktikan bahwa kesuksesan bukanlah hal mustahil meski dalam kondisi terbatas.

Siapa aja mereka? Langsung simak yuk!

  1. Albert Einstein

Siapa sih yang tak kenal Albert Einstein? Ilmuwan ahli Fisika ini dikenal dunia lewat teori relativitasnya. Ia bahkan pernah meraih penghargaan Nobel dan disebut-sebut sebagai manusia tercerdas di dunia. Tapi bagaimana dengan masa lalunya? Ternyata Einstein kecil pernah dianggap sebagai siswa yang bodoh di sekolah. Ia mengidap Autisme dan mengalami keterlambatan bicara. Sehingga ia pun pernah dikeluarkan dari sekolahnya.

Semasa kuliah di Swiss Instute of Technology di Zurich, Einstein mulai menunjukkan kecerdasannya. Tapi begitu, ia tetap kesulitan memperoleh pekerjaan setelah lulus sebab dianggap sebagai pemalas. Dan semua anggapan-anggapan buruk tersebut langsung hilang seketika tatkala Einstein berhasil menemukan teori relativitasnya di tahun 1905.

Sejak saat itu, Einstein dikenal sebagai ilmuwan yang jenius. Bahkan setelah meninggalnya beliau, otaknya masih disimpan dan diawetkan di museum Mütter untuk bahan penelitian.

  1. Thomas Alva Edison

Sama halnya dengan Einstein, ilmuwan penemu lampu Thomas Alva Edison dulunya juga kerap diremehkan. Ia menderita gangguan pendengaran. Bahkan sampai dikeluarkan dari sekolah karena dianggap benar-benar bodoh. Walau begitu, ibunya Nancy Edison tidak berkecil hati. Meski anaknya ditolak sekolah, Nancy terus berusaha untuk membantu anaknya belajar di rumah.

Rupanya usaha tersebut tak sia-sia. Thomas kecil yang dulunya dikenal bodoh lama-kelamaan semakin pintar, bahkan berhasil menemukan 3000 jenis penemuan baru. Salah satunya lampu pijar. Memang nggak mudah untuk mencapai itu semua. Sebelumnya, Thomas sempat gagal membuat lampu hingga 999 kali dan ia berhasil di percobaannya yang ke-1000.

Thomas membuktikan bahwa kegagalan bukan halangan untuk mencapai kesuksesan.

  1. Louis Braille

Louis Braille adalah ilmuwan yang berjasa dalam menciptakan huruf braille bagi orang-orang yang pengidap tunanetra.

Kamu mungkin berpikir bahwa Louis Braille sendiri adalah sosok yang sempurna dan sangatlah pandai, sehingga ia mampu menciptakan sebuah pemenuan. Well, sebenarnya pemikiran itu nggak sepenuhnya benar! Faktanya, Louis juga termasuk tunanetra loh!

Sewaktu kecil, secara tak sengaja ia menusuk matanya dengan perkakas milik ayahnya. Hal tersebut membuat salah satu matanya mengalami kerusakan karena terkena infeksi Sympathetic Ophthalmia. Dalam keterbatasan tersebut, Louis pun berjuang untuk menciptakan abjad braille yang hingga saat ini masih dipergunakan oleh masyarakat dunia. Saluut!

  1. Archimedes

Archimedes juga merupakan salah satu ilmuwan populer yang namanya dikenal hingga saat ini. Dia adalah seorang hali fisikawan sekaligus matematikawan. Namun siapa sangka, Archimedes pun juga sempat dianggap gila oleh orang-orang di lingkungannya. Bahkan teorinya juga pernah diremehkan loh!

Faktanya, saat ini hukum Archimedes telah mendunia dan digunakan pedoman oleh para ahli fisika. Tak ada lagi seorang pun yang memangdangnya rendah.

  1. Bill Gates

Terakhir ada Bill Gate, salah satu orang terkaya di dunia sekaligus pendiri perusahaan perangkat lunak terbesar di Amerika Serikat, yakni Microsoft.

Bill Gates sendiri dalam meraih kesuksesannya juga tak semudah membalikan telapak tangan. Ia sempat memilih drop out dari kampusnya demi agar bisa fokus dengan bakatnya di bidang tekonologi. Tentunya tindakannya tersebut menuai pertentangan dari orang-orang disekitarnya, bahkan dianggap sebagai hal keliru. Namun kini, Bill Gates membuktikan bahwa dirinya bisa sukses walaupun banyak orang yang memadangnya sebelah mata.

Nah, itulah tadi beberapa kisah orang-orang yang sukses yang bangkit setelah diremehkan. Semoga bisa menginspirasi kita semua!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *