Tuesday , October 20 2020

7 Permainan Tradisional di Indonesia yang Terkenal pada Zamannya

Permainan Tradisional Indonesia Apa Yang Terkenal Zaman Dulu?

Ada banyak permainan tradisional di Tanah Air yang dikenal sebagai ciri khas unik dan berbeda dari negara lain. Namun sangat disayangkan, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, permainan tradisional lama-kelamaan mulai jarang dimainkan dan terancam punah.

Padahal, permainan tradisional ini sangat mengasyikan untuk dimainkan bersama teman-teman saat waktu luang. Tidak hanya seru, permainan tradisional juga dapat membantu anak-anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Berikut ini 7 permainan tradisional di Indonesia yang terkenal pada zamannya.

1. ABC Lima Dasar

Permainan yang satu ini sangat terkenal pada zamannya. Bahkan, hampir semua anak-anak memainkan ABC Lima Dasar. Permainan ini tidak memerlukan alat apapun karena hanya menggunakan jari jemari. Biasanya, ABC Lima Dasar dimainkan oleh beberapa orang, yaitu tiga hingga lima orang. Semakin banyak peserta yang turut bermain, semakin seru permainan tersebut.

Cara memainkannya cukup mudah karena kamu hanya perlu memilih nama-nama yang akan menjadi tema dalam permainan. Setelah itu kumpulkan jarimu dan teman-teman, lalu mulailah berhitung dengan huruf alfabet. Pemain terakhir atau yang tidak bisa menyebutkan nama dari tema akan mendapatkan hukuman.

2. Benteng

Benteng atau Benteng-Bentengan adalah permainan tradisional yang sangat sering dimainkan oleh anak-anak pedesaan. Secara tidak langsung, permainan ini mengajarkan strategi saat berperang dan kesigapan dalam menangkap ataupun menghindar dari lawan.

Sayangnya, permainan ini sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak yang tinggal di perkotaan, padahal permainan ini mengajarkan kerja sama tinggi. Sebelum mulai bermain, para peserta akan dibagi menjadi dua kelompok. Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang berhasil merebut atau menyentuh benteng.

3. Boi-Boian

Boi-Boian adalah permainan tradisional khas Jawa yang kini sudah sangat jarang dimainkan. Permainan ini sudah ada sejak zaman dahulu, meskipun tidak diketahui asal-usulnya. Biasanya, Boi-Boian dimainkan oleh anak-anak laki ataupun perempuan yang tinggal di pedesaan pada sore hari.

4. Gatrik

Gatrik adalah permainan tradisional yang menggunakan dua batang bambu tipis dengan panjang 30 cm dan 15 cm serta dua batu bata sebagai penunjangnya. Dibutuhkan area terbuka dengan permukaan datar untuk memainkan permainan ini. Gatrik adalah permainan favorit bagi anak laki-laki pada zamannya.

5. Petak Umpet

Petak Umpet adalah permainan yang sudah sangat melegenda dan sampai saat ini sebenarnya masih dimainkan. Baik laki-laki ataupun perempuan bisa memainkan permainan yang tidak diketahui asal-usulnya ini. Biasanya, peserta permainan Petak Umpet adalah tiga orang atau lebih.

Dalam permainan Petak Umpet, ada satu orang yang ditugaskan untuk menjaga dan mencari, sementara pemain lainnya wajib mengumpat. Sebelum mencari tempat mengumpat, para pemain akan diberikan waktu untuk bersembunyi dengan hitungan 10. Jika pemain ditemukan oleh penjaga pertama kali, dia akan bertugas menjaga selanjutnya.

6. Pletokan

Pletokan adalah permainan tradisional asal Jakarta yang digemari oleh anak laki-laki. Permainan ini membutuhkan strategi dan kerja sama yang tinggi. Nama Pletokan sendiri diambil dari bunyi yang dihasilkan oleh bambu yang digunakan sebagai alat permainan.

Cara memainkannya cukup sederhana, yaitu dengan membentuk dua kelompok lalu mencari tempat untuk bersembunyi. Peluru yang digunakan untuk menembak terbuat dari kertas basah yang dibentuk bulat dan dimasukkan ke dalam lubang bambu. Setiap pemain memiliki tiga kesempatan, tapi jika sudah terkena tembakan sebanyak kesempatan tersebut akan gugur.

7. Ma’raga

Maraga adalah permainan tradisional khas Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan. Saat ini, Maraga termasuk ke dalam kesenian dan olahraga. Di dalam permainan ini, kita tidak hanya sekedar bermain, melainkan juga menari.

Cara memainkan Ma’raga cukup sederhana, yaitu dengan membagi kedua kelompok dengan cara selang-seling. Kemudian, bentuk lingkaran dengan posisi berdiri sebelum permainan dimulai. Setiap tim harus berusaha untuk menjaga bola agar tidak terjatuh. Bola yang digunakan dalam permainan Ma’raga adalah bola takraw.

Itu dia 7 permainan tradisional di Indonesia yang terkenal pada zamannya. Menarik sekali, bukan? Sayang, anak-anak zaman sekarang lebih memilih untuk memainkan permainan modern berteknologi canggih.

About Bas