Saturday , October 24 2020

10 Permainan Anak Seru di Dalam Rumah Saat Hujan

Inilah pilihan 10 permainan anak yang seru dan kreatif di dalam rumah di saat hujan :

1. Berkemah

Anda dapat berkemah di dalam rumah bersama si kecil, dengan tenda dari selimut atau gunakan tenda mainan.

Caranya:

Siapkan sebuah selimut atau seprei ukuran besar, serta empat buah kursi sebagai tiang penyangga. Hamparkan selimut atau seprei di antara kursi-kursi tersebut sehingga membentuk ruang kosong di bawahnya. Sediakan pula bantal kecil dan camilan sehingga kesan berkemah benar-benar terasa.

2. Main Petak Umpet

Anak-anak akan senang saat mencari orang yang dikenalnya bersembunyi atau saat mereka sendiri bersembunyi.

Caranya:

Pilih satu orang sebagai penjaga. Si penjaga harus menutup matanya dan menghitung angka 1 sampai sepuluh untuk memberi kesempatan teman-temannya bersembunyi. Setelah selesai menghitung 1 sampai 10, si penjaga mulai mencari teman-temannya. Begitu ketemu, sebutkan namanya, dan giliran Anda yang menjadi penjaga. Demi keamanan, pastikan area mana yang dizinkan. Jangan biarkan si kecil bersembunyi di dapur atau kamar mandi.

3. Bermain Bola Basket Mini

Anak-anak akan senang bermain bola basket mini. Anda dapat membeli ring basket tersebut di toko mainan terdekat.

Caranya:

Lemparkan bola basket agar masuk di ring, lakukan aksi melempar bola ini secara bergantian. Ajarkan agar anak Anda menekuk lutut, agar lemparan basketnya menjadi bertenaga. Permainan ini melatih konsentrasi, dan motorik kasar anak Anda.

4. Berjoget

Putarlah CD, gerakkan tubuh Anda dan anak Anda sesuai irama lagu. Ikut sertakan satu orang untuk menyalakan dan mematikan music. Saat music mulai, peserta permainan harus berjoget, saat music berhenti goyangan pun harus dihentikan. Berikan hukuman bagi mereka yang tetap bergoyang saat music berhenti, bisa berupa coretan pada muka dengan menggunakan bedak. Wajah Anda dan si kecil jadi tampak lucu usai permainan.

5. Bermain Cing Jongkok

Permainan ini popular di semua kalangan. Pemain yang terpilih mengejar teman-temannya, dan ketika hendak tertangkap, teman-temannya dapat menyelamatkan diri dengan jongkok. Permainan ini mengakrabkan dan melatih motorik kasar anak Anda.

6. Bermain Hantu Tangkap

Permainan ini mirip permainan cing jongkok. Hanya si pengejar mengenakan kostum hantu dari kain sarung. Teman yang tertangkap akan bergantian menjadi hantu. Saat mengejar tak ada salahnya Anda bersuara untuk membuat suasana ceria. Tak perlu bersuara seperti hantu yang menyeramkan, agar anak Anda tak mimpi buruk.

7. Bermain Bayangan

Jika hujan deras dan diiringi mati listrik, ramaikan suasana rumah dengan bermain bayangan bersama anak.

Caranya:

Siapkan sebuah senter, arahkan ke salah satu dinding, lalu gunakan tangan Anda untuk membentuk bayangan yang lucu dan kreatif. Sepuluh jari Anda bisa membentuk rusa, kepala kelinci, dan burung elang. Biarkan si kecil menebak bayang-bayang apa yang terpantul di dinding.

8. Bermain Peran

Manfaatkan barang-barang yang ada di sekitar rumah Anda untuk bermain peran. Si Kecil dapat berperan sebagai pemilik warung, pembuat pizza, pelayan restoran, guru. Semuanya tergantung keinginan dan imajinasi si kecil.

9. Raih dan Ceritakan

Siapkan satu buah kantong, lalu masukkan mainan si kecil ke dalamnya. Mintalah si kecil untuk meraih benda-benda yang ada di dalam kantong tersebut tanpa melihat dan tanpa ditarik keluar. Lalu mintalah ia untuk menebak benda tersebut.

10. Mencari Harta Karun

Ajaklah si kecil sebagai pemburu harta karun dan mintalah ia untuk memburu harta karun yang telah Anda sembunyikan di rumah. Untuk harta karunnya, siapkan beberapa mainan, makanan, atau buku-buku yang ia miliki. Carilah lokasi yang tak terduga untuk menyembunyikannya. Misalnya: di dalam lemari, di bawah bantal, dan lain-lain. Buat peta harta karun yang menggambarkan denah rumah Anda dilengkapi tempat Anda menyembunyikan harta karun. Berilah tanda silang pada tempat harta karun.

Hujan adalah sesuatu yang menyenangkan bagi si kecil. Ketika saya kecil saya pun sering bermain hujan-hujanan. Namun agar ia tidak terlalu sering main hujan yang dapat mengganggu kesehatanya, Anda dapat menciptakan permainan kreatif di saat hujan.

Anda punya ide lain untuk bermain di dalam rumah, silahkan tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar.

Referensi: Majalah Ayah Bunda, edisi Februari 2013.

About Bas