Wednesday , October 21 2020

Perjalanan Wisata Jakarta Ke Kepulauan Banyak Aceh

Kepulauan Banyak ini berada sekitar 30 km dari lepas Pantai Singkil  di Kabupaten Aceh Singkil. Kepulauan ini disebut Kepulauan Banyak karena kepulauan ini terdiri dari 99 pulau besar dan kecil yang sebagian besar pulau belum berpenghuni. Mirip dengan Pulau Karimun Jawa, di Jepara atau Pulau Seribu di Jakarta, ala Aceh.

Ombaknya tenang dengan daya tarik taman laut dan berbagai jenis ragam ikan hias. Banyak wisatawan yang datang karena ingin melakukan wisata petualangan atau ingin mencoba gaya hidup kembali ke alam.

Untuk menuju ke sini dibutuhkan sebuah perjuangan yang sungguh-sungguh. Mari kita mulai petualangan kita di pulau tak berpenghuni ini.

Rute Jakarta ke Kepulauan Banyak

Untuk mencapai Kepulauan Banyak ini lumayan melelahkan. Caranya, Anda terbang dari Jakarta – Medan, kemudian pergilah ke Kota terdekat yaitu Aceh Singkil, lalu naik mobil menuju Aceh Singkil, perjalanan yang Anda tempuh kurang lebih 9 jam, kemudian naik kapal Ferry yang jadwalnya hanya untuk mencapai Kepulauan Banyak, lumayan bikin capek dan ngantuk.

Kepulauan Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Pulau Sumatera yang sangat indah dan belum banyak dikenal wisatawan. Kepulauan Banyak memiliki banyak pantai yang panjang dan indah. Pasir putihnya lebih lembut dan memanjakan wisatawan agar betah berlama-lama menghabiskan liburannya. Lambaian daun kelapa yang rindang semakin memperindah suasana tamasya dengan pemandangan alam pantai tropis. Apalagi kalau ke sini dengan teman dekat dan sahabat, wah jadi seru banget! Alasannya, sahabat dn teman-teman dekat Anda mampu menjadi senjata andalan untuk mengusir rasa bosan sepanjang perjalanan.

Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Kepulauan Banyak, antara lain adalah :

Bersantai di Pantai

Ketika melakukan perjalanan jauh dari Medan ke Aceh Singkil lumayan melelahkan, dan bikin badan pegal-pegal. Setiba di Kepulauan Banyak kita bisa bersantai sambil menyantap cemilan dan minuman dingin sambil menikmati keindahan alam dan pulau di sana yang luar biasa indah.

Snorkeling

Snorkeling di sekitar pulau memang menyenangkan. Saran saya pilihlah kapal yang kecil agar bisa menepi ke pulau-pulau yang kecil, karena banyak keindahan pantai yang masih bagus di pulau-pulau ini.

Pulau Pulau Tailana sangat asyik untuk snorkeling. Ada beberapa resort sederhana di sini yang dimiliki orang lokal. Di sekitar pulau kita bisa trekking dan menikmati hamparan pasir putih yang mempesona.

Surfing

Bagi Anda yang suka surfing di sinilah tempatnya, karena Kepulauan Banyak punya 2 titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 meter. Salah satunya adalah Pulau Bangkaru, Ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Tempat yang paling sering dikunjungi para peselancar adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru.

Selamat bersenang-senang dan menikmati keindahan 99 Kepulauan Banyak di Aceh.

About Bas