Indonesia itu merupakan negara yang unik. Enggak sekedar dikenal lewat kekayaan alam-nya saja. Tapi juga sarat akan hal-hal mistis. Kita bisa melihat dari banyaknya cerita-cerita horor yang beredar di masyarakat. Salah satunya kisah hantu kampus.

Menurut mitos yang berkembang luas, kabar-nya ada banyak kampus di Indonesia yang dibangun di tanah bekas kuburan ataupun hutan. Sehingga efeknya membuat bangunan itu jadi angker. Entah benar atau tidak. Namun pengakuan beberapa mahasiswa seolah-olah memperkuat mitos tersebut.

 

Beberapa Cerita Hantu di Kampus-kampus Populer di Indonesia

 

1. Universitas Brawijaya, Malang

Brawijaya merupakan salah satu universitas bergengsi di Indonesia ternyata juga enggak luput dari rumor-rumor menyeramkan. Salah satu spot yang dianggap berhantu adalah asrama yang memang terlihat agak kuno. Menurut kabar yang beredar, di asrama tersebut sering ada penampakan hantu dengan wujud tidak utuh. Hantu itu kadang muncul di atas pohon, kadang hanya sekedar lewat, tapi ada juga yang bilang hantunya suka jahil ngumpetin barang-barang penghuni disana.

Bangunan lain yang gak kalah serem adalah gedung Widyaloka. Di teras gedung tersebut terdapat gazebo yang biasanya dijadikan angkringan oleh mahasiswa untuk numpang WiFi. Nah, konon katanya di gedung ini dihuni hantu cewek berbaju merah. Entah benar atau tidak. Faktanya, (menurut pengalaman mimin sendiri) enggak pernah mengalaminya walau sering nongkrong sampe malem.

Spot terakhir yang katanya angker adalah perpustakaan. Menurut gosip yang beredar, kalo ada mahasiswa yang belajar sampai malam di dalam perpustakaan maka ia berisiko didatangi sosok gadis bermuka rata. Hii.. merinding.

2. Universitas Negeri Malang

Kampus yang dulunya bernama IKIP Malang ini juga disebut-sebut sebagai salah satu universitas horor. Bangunan dari kampus ini memang terkesan kuno. Menurut mitos yang beredar, spot angker dari kampus UM terletak di taman depan Fakultas Sastra. Katanya kalo malem-malem nongkrong disana bisa aja melihat penampakan hantu melayang alias gak punya kaki. Cerita ini sangat populer bahkan menjadi salah satu kisah kampus horor se-Asia.

3. Universitas Indonesia, Depok

UI atau Universitas Indonesia menjadi salah satu kampus paling idaman bagi para pelajar. Gak cuma dikenal berprestasi, kampus beralmamater kuning ini juga punya bangunan yang keren. Tapi tetap saja, UI gak luput dari mitos cerita seram. Terlebih lagi mengingat UI adalah kampus tua di Indonesia.

Ada beberapa spot yang dianggap angker di kampus UI. Yang pertama adalah gerbang utama. Kabarnya, dulu ada mahasiswi yang meninggal karena tabrak lari di jalan raya depan kampus UI. Arwah mahasiswi tersebut dianggap bergentayangan dan kerap mengganggu orang yang lewat untuk minta diantar pulang ke rumah.

Spot kedua adalah di danau Kenanga. Menurut salah satu mahasiswa, ia pernah menuturkan bahwa mencium aroma melati dan mendengar suara auman harimau dari danau tersebut.  Sedangkan spot terakhir adalah di Gedung Rektorat yang konon katanya ada hantu yang selalu ikut hadir saat acara wisuda. Duh, serem yah.

4. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Sebagai kampus terpandang sekaligus menjadi almamaternya orang-orang penting di Indonesia, ternyata UGM juga dikenal angker loh. Salah satu hantu yang menjadi legend adalah hantu palasik, yakni hantu kepala melayang tanpa badan.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwa di area parkir Fakultas Teknik Kimia kerap didatangi hantu Genderuwo. Entah apa tujuan hantu berbadan gemuk ini nongkrong di parkiran, mungkin untuk menjaga kendaraan mahasiswa?

5. Institut Pertanian Bogor

Kisah hantu di kampus IPB juga sudah populer semenjak dulu. Ceritanya pun juga bermacam-macam. Ada yang bilang bahwa di kampus ini sering terdengar suara-suara (padahal enggak ada orang). Ada pula yang ngaku pernah melihat penampakan noni Belanda berambut panjang, pocong, hantu kepala, dan kawan-kawannya.

Jadi itulah beberapa kisah seram yang paling populer di kampus-kampus Indonesia. Eits, jangan keburu takut ya! Apalagi sampai Kamu membatalkan rencanamu buat masuk kampus impianmu tersebut hanya karena takut.

Ingat, pada dasarnya makhluk ghaib itu selalu ada dimanapun Kamu berada. Yang penting Kamunya harus perbanyak baca doa dan ibadah.