Ini Lho Perbedaan Stocking dan Kaos Kaki

Sepertinya tidak ada perbedaan yang mencolok antara Stocking dan Kaos kaki. Kedua fashion item tersebut memang sama – sama digunakan untuk mempercantik dan melindungi kaki. Dan jika dilihat sekilas keduanya mempunyai fungsi yang hampir sama.

Akan tetapi, jika diteliti keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Menurut sejarah, stocking sendiri sudah di kenal sejak tahun 1920-an. Nama stoking diambil dari bahasa Latin yaitu soccus yang mempunyai arti sepatu yang mengkilap.

Dahulu awal mula pembuatan stocking adalah berfungsi untuk penghangat kaki. Sedangkan kaos kaki dipercaya sudah ada pada jaman batu ketika manusia hidup. Dalam perkembangannya kaos kaki modern mulai diproduksi sekitar tahun 1589. Lalu, apa saja perbedaan yang mencolok dari keduanya? Berikut akan kami ulas dalam pembahasan di bawah ini.

1. Perbedaan Stocking Dan Kaos Kaki Dari Segi Bahan

Dari segi bahan yang digunakan stocking terbuat dari bahan yang sedikit tipis dan elastis. Umumnya berbahan dasar nilon tetapi bisa juga berbahan katun, wol maupun sutra. Sedangkan untuk kaos kaki bahan yang digunakan sangat banyak dan beragam misalnya saja katun, nilon, spandex, rayon, dan masih banyak lagi.

Pemilihan bahan baik itu untuk stocking atau kaos kaki biasanya disesuaikan dengan sesuai kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu, jika Anda mengenakan stoking atau kaos kaki pilihlah bahan yang nyaman sehingga tidak melukai bagian kaki Anda.

2. Perbedaan Stocking Dan Kaos Kaki Dari Segi Kegunaan

Secara umum kegunaan stocking dan kaos kaki memang sama. Yang berbeda adalah pada tampilan visual ketika digunakan. Untuk stocking kegunaannya bukan saja hanya untuk melindungi kaki saja, tetapi lebih untuk bergaya. Stocking mempunyai tampilan fashionable bagi penggunanya. Biasanya stocking akan dipadu padankan dengan item baju dan sepatu yang dikenakan.

Selain itu, penggunaan stocking akan menampilkan kesan kaki jenjang yang indah dan seksi. Sedangkan untuk kaos kaki kegunaannya lebih fleksibel sesuai tempat ketika dikenakan. Misalnya saja untuk acara formal seperti ke kantor atau rapat. Untuk acara yang tidak resmi seperti untuk berolahraga atau berjalan-jalan santai. Selain itu, kaos kaki digunakan untuk semua gender baik laki-laki maupun wanita.

3. Perbedaan Stocking Dan Kaos Kaki Dari Segi Bentuk

Stocking biasanya berbentuk panjang sampai menutupi paha. Bentuknya lebih elastis agar dapat dikenakan membungkus seluruh bagian kaki. Bentuk serta model stocking juga bermacam-macam. Misalnya saja fishnet stoking adalah jenis stoking dengan bentuk jaring-jaring ikan, sheer adalah jenis stocking yang transparan biasanya warnanya senada dengan warna kulit.

Yang terakhir adalah opaque adalah jenis stocking yang berbahan cukup tebal sehingga membungkus sempurna kaki seperti celana legging. Sedangkan kaos kaki lebih simple hanya sebatas membungkus kaki hingga tumit saja. Bentuk dan ketebalannya pun lebih standar.

4. Perbedaan Stocking Dan Kaos Kaki Dari Segi Desain

Dalam perkembangannya, desain stocking dan kaos kaki selalu diberikan sentuhan inovasi sesuai dengan kiblat fashion. Stocking tampil lebih bervariatif karena bisa mengaplikasikan desain dan warna yang lebih beragam. Misalnya saja, stocking dengan desain yang unik dengan penambahan karakter hewan atau ukiran bunga pada bagian atas tepat di bagian tumit.

Peminatnya juga banyak karena keunikan desain tersebut dapat dimanfaatkan penggemar stocking untuk kostum cosplay atau sekedar lucu-lucuan. Untuk kaos kaki desain dan warnanya cukup beragam tetapi kurang bisa dieksplor lebih mendalam. Misalnya saja model kaos kaki printing atau motif bunga, karakter hewan, garis-garis.

5. Perbedaan Stocking Dan Kaos Kaki Dari Segi Perawatan

Dalam perawatannya secara umum hampir sama, tetapi untuk stocking disarankan lebih hati-hati karena bahan yang digunakan lebih tipis dari kaos kaki. Hal ini menjadikan stoking mudah robek atau rusak. Sebaiknya perhatikan bahan dari stocking maupun kaos kaki. Jika ragu, Anda bisa postingan kami sebelumnya terkait perawatan stocking yang benar. Kami ulas lengkap mulai dari teknik mencuci hingga menjemur. Dengan perawatan yang tepat, tentu koleksi stocking atau kaos kaki Anda lebih awet.

Itulah perbedaan stocking dan kaos kaki secara menyeluruh. Jadi, setelah membaca ulasan di atas, Anda lebih tertarik menggunakan stocking atau kaos kaki? Atau malah tertarik pada keduanya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *