Tuesday , October 20 2020

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang dikenal sebagai hewan yang lucu dan sangat menggemaskan, hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang kerap memilih kucing sebagai hewan peliharaan mereka. Tidak hanya anak-anak saja yang suka dengan kucing, bahkan orang dewasa pun kerap memelihara kucing sebagai hewan peliharaan mereka.

Salah satu jenis kucing yang paling banyak dipelihara dan dikenal sebagai jenis kucing rumahan yang paling populer untuk dijadikan hewan peliharaan adalah kucing Anggora dan kucing Persia. Kedua jenis kucing ini dikenal karena bulunya yang sangat lebat dan tingkahnya yang kerap menimbulkan gelak tawa di tengah-tengah keluarga.Tapi karena sama-sama memiliki bulu yang lebat, bagi beberapa orang kedua jenis kucing ini sangat sulit untuk dibedakan, bahkan ada juga yang menyangka kalau kucing Anggora dan Persia merupakan jenis kucing yang sama, hanya berbeda namanya saja. Nah, supaya Anda tidak salah dalam membedakan kedua jenis kucing yang sangat manis ini, berikut merupakan perbedaan kucing Persia dan Anggora.

Kucing Persia

Kucing Persia merupakan jenis kucing yang memiliki bentuk fisik yang cenderung gemuk dan terlihat memiliki kaki yang lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Dengan bulu-bulunya yang tebal, tidak heran kalau sekilas kucing Persia ini terlihat seperti tidak memiliki leher. Bentuk fisik lainnya yang menjadi perbedaan antara kucing Persia dan Anggora ini adalah bentuk wajahnya yang cenderung bulat dengan hidung yang sangat pesek.

Selain itu, kucing Persia ini memiliki bentuk ekor yang memanjang dengan ditumbuhi bulu-bulu yang sangat tebal, sehingga banyak yang beranggapan kalau kucing Persia ini memiliki tampang yang lebih imut jika dibandingkan dengan kucing Anggora. Ciri fisik lainnya yang mudah dikenali adalah bentuk matanya yang membulat, lebih lebar dengan warna mata yang tidak terlalu tajam. Selain itu, telinga kucing Persia juga cenderung lebih lebar pada bagian bawah dan akan membulat di bagian atasnya.

Kucing Persia sendiri merupakan jenis kucing yang berasal dari Persia, yakni daerah perbatasan Turki yang sekarang ini dikenal sebagai Negara Iran. Sifat kucing Persia ini cenderung lebih lembut dan tidak banyak bergerak atau bahkan cenderung malas. Sikapnya yang sangat kalem membuat kucing jenis ini cocok dipelihara dan dijadikan hadiah untuk anak perempuan.

Kucing Anggora

Kucing Anggora merupakan jenis kucing yang berasal dari wilayah Turki yang dulunya dikenal dengan nama Anggora. Kalau melihat bentuk fisiknya, sekilas kucing Anggora ini sangat mirip dengan kucing lokal lainnya dengan bentuk kepala yang lonjong dengan hidung mancung. Yang membedakan kucing Anggora dari kucing lokal adalah bulunya yang lebih tebal dengan ekor yang panjang seperti bentuk ekor musang.

Ciri fisik lainnya adalah, kucing Anggora ini memiliki mata yang sangat tajam dan menyorotkan sinar terang. Bentuk telinganya panjang dan lebih meruncing di bagian ujungnya. Walaupun memiliki bulu yang tebal, tapi bulu muka kucing Anggora ini tidak setebal bulu dari kucing Persia. Makanya, kalau Anda melihat mukanya saja, maka Anda akan menyangka kalau kucing Anggora ini merupakan kucing lokal.

Perbedaan antara kucing Persia dan Anggora lainnya terletak pada sifatnya, dimana kucing Anggora ini terkenal imut dan sangat lembut. Selain itu, kucing Anggora biasanya lebih dominan dengan sifat cerdasnya dan biasanya akan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan lebih gesit jika dibandingkan dengan kucing Persia pada umumnya. Sehingga kucing Anggora ini sangat cocok di pelihara atau dijadikan hadiah untuk anak yang sudah sedikit lebih besar atau untuk anak pria.

About Bas