Wednesday , October 21 2020

8 Perbedaan Cara Berpikir Orang Kaya dan Sukses Dibandingkan dengan Orang Biasa

Apakah kaya dan sukses adalah keturunan, keberuntungan, atau kerja keras? Mungkin pertanyaan tersebut pernah muncul di pikiran Anda. Namun, berdasarkan pengalaman dari orang yang telah kaya dan sukses, dapat disimpulkan bahwa orang kaya dan sukses memiliki pola pikir dan cara pandang berbeda.

Dalam buku, Steve Siebold, penulis buku berjudul ‘How Rich People Think‘, mengungkapkan bahwa ada perbedaan pola pikir antara orang biasa dengan kalangan miliuner di dunia. Itulah yang membuat mereka dapat bersaing dengan sekian banyak orang di dunia untuk meraih sukses.

Kaya dan sukses ternyata diciptakan oleh diri kita sendiri melalui pola pikir, kerja keras, dan semangat tinggi yang kemudian mendatangkan keberuntungan pada mereka.

Berikut adalah beberapa cara berpikir orang kaya dan orang sukses yang berbeda dari pola pikir orang biasa:

1. Berpikir Bagaimana Meningkatkan Pendapatan, Bukan Menabung

Jika orang-orang biasa berpikir dengan cara menabung bisa menyimpan uang saat sewaktu-waktu dibutuhkan, orang sukses justru berpikir bagaimana uang tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan uang lagi. Orang kaya di dunia pun menabung, namun pikiran utama mereka adalah bagaimana meningkatkan pendapatan.

2. Menganggap Bahwa Berwirausaha Adalah Untuk Menjadi Kaya, Bukan Risiko

Jika orang biasa berpikir bahwa dengan berwirausaha berarti mengambil risiko besar dalam hidupnya, sedangkan orang kaya berpikir bahwa berwirausaha adalah sebuah tantangan. Lebih tepatnya, orang-orang biasa memilih untuk menjadi pegawai dan mengikuti aturan kerja orang lain. Sedangkan orang kaya dan sukses, dia akan berpikir cara menjadi kaya dengan menjadi bos melalui ide-idenya.

3. Memiliki Target Tinggi Dengan Usaha Maksimal

Orang-orang kaya dan sukses memiliki target besar dalam hidupnya serta keinginan kuat untuk mencapai target tersebut. Mereka sangat berani mengambil risiko dan tindakan hebat dalam hidupnya. Mereka termasuk orang-orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Ada dua pilihan bagi mereka: mencapai target atau gagal. Oleh karena itu, orang-orang kaya dan sukses bisa memperoleh impian mereka.

4. Orang Sukses Melihat Uang Dengan Logika

Jika orang biasa dan bahkan berpendidikan tinggi sangat memperhitungkan uang, orang kaya dan sukses tidak akan khawatir kehilangan uang. Mereka berani menggunakan uang dalam jumlah banyak untuk menggandakannya di kemudian hari tanpa memikirkan risiko. Orang biasa akan memainkan uang agar tidak kalah, sedangkan orang kaya dan sukses memainkan uang agar menang.

5. Orang Kaya Tahu Bahwa Uang Adalah Peminjam Kebahagiaan

Uang memberikan kebebasan pada mereka. Mereka tahu bahwa uang tidak akan menjamin kebahagiaan. Namun dengan uang, mereka dapat menjalani hidup dengan mudah dan menyenangkan.

6. Orang Kaya Membuat Uang Bekerja Keras Untuk Mereka

Jika orang biasa bekerja keras untuk mendapatkan uang, orang kaya dan sukses akan berpikir dengan keras bagaimana uang bisa bekerja untuk mereka.

7. Mereka Lebih Suka Dididik

Jika orang biasa suka hiburan, sementara orang kaya lebih suka dididik. Orang sukses jarang menonton TV dan akan terus menambah wawasan dengan hal-hal yang akan menambah ilmu pengetahuan, salah satunya dengan membaca buku.

8. Mencari Kenyamanan Dalam Ketidakpastian

Bagi orang kaya dan sukses, zona nyaman hanya akan menghambatnya. Orang-orang biasa banyak bertahan pada pekerjaan yang mereka benci atau mengejar pendidikan yang tidak mereka perlukan. Sedangkan orang kaya dan sukses hanya mau bertahan atau mengejar hal yang mereka yakini, walaupun hal tersebut tidaklah mudah. Mereka mau belajar untuk menemukan kenyamanan di tengah ketidakpastian.

Dalam buku Steve Siebold, mengatakan bahwa: ‘Jika Anda kaya, Anda bebas dan tidak diperbudak oleh orang lain. Kemerdekaan ekonomi adalah salah satu faktor utama kesuksesan. Ini yang mengantar orang untuk memupuk kejayaan.’

Apakah Anda ingin kaya dan sukses? Ubah 8 cara berpikir orang kaya dan sukses tersebut pada diri Anda.

About Bas