Saturday , October 31 2020

6 Makanan ini Penyebab Sembelit atau Susah BAB

Hindari Makanan Ini Jika Tidak Ingin Sulit BAB

 

Sembelit adalah masalah umum yang dialami hampir setiap orang. Kondisi ini berhubungan dengan gangguan pencernaan. Dimana seseorang mengalami Buang Air Besar (BAB) yang tidak teratur. Umumnya orang dikatakan sembelit jika BAB-nya kurang dari 3 kali seminggu.

Gejala sembelit biasanya diikuti dengan kembung dan keluarnya gas.  Sembelit rentan dialami oleh anak kecil, ibu hamil dan orang-orang berusia lanjut.

Sebenarnya kondisi sembelit tidak terlalu berbahaya. Namun jika hal ini terjadi secara berkepanjangan maka sembelit akan menjadi kronis dan memicu komplikasi, seperti wasir, prolaps rektum dan masih banyak lainnya.

Seperti dilansir dari heatline.com, berikut ini beberapa makanan penyebab sembelit yang sebaiknya kamu batasi pengonsumsiannya.

  1. Pisang yang belum matang

Pisang mentah yang dimaksud disini bukan pisang yang benar-benar mentah. Namun pisang yang warnanya hijau kekuningan atau biasa disebut raw banana. Biasanya pisang mentah ini digunakan sebagai campuran rujak.

Rasanya memang cukup enak. Namun tahukah kamu, ternyata pisang mentah adalah pemicu sembelit loh. Hal ini dikarenakan kandungan tannin dan pati-nya lebih banyak dibandingkan pisang matang. Kedua senyawa tersebut sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga akibatnya BAB jadi terganggu.

  1. Makanan yang mengandung gluten

Gluten adalah protein yang umumnya ditemukan pada gandum, gandum hitam (rye), barley (jelai) dan olahan tepung seperti mie, roti, sereal, pasta, biskuit serta kue-kue.

Sebenarnya gluten tidak berbahaya bagi tubuh. Tapi bagi orang yang memiliki alergi gluten maka ia berisiko mengalami penyakit celiac jika mengonsumsi makanan diatas. Penyakit celiac adalah kondisi dimana sistem imun menyerang organ usus halus. Sehingga akibatnya usus halus mengalami gangguan dalam mencerna makanan. Hal ini dapat berujung pada konstipasi.

  1. Susu dan produk olahan susu

Susu menjadi penyebab sembelit pada sebagaian orang. Misalnya saja bayi dan anak-anak. Beberapa dari mereka rentan mengalami alergi susu sapi (intoleransi laktosa) akibat sistem imun yang memberikan respon berlebihan terhadap protein dalam susu. Sehingga kibatnya muncullah masalah gangguan cerna.

Menurut penelitian yang dilakukan selama 26 tahun, ditemukan bahwa beberapa anak yang mengidap intoleransi laktosa kronis mengalami perbaikan setelah menghentikan konsumsi susu sapi.

  1. Alkohol

Alkohol adalah salah satu penyebab sembelit. Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan jumlah cairan yang hilang bersama urine. Sehingga akibatnya tubuh berisiko mengalami dehidrasi.

Kondisi dehidrasi yang terjadi secara terus-menerus dapat menyebabkan susah buang air besar. Namun efek ini dapat bervariasi pada setiap orang. Hingga saat ini belum ditemukan penelitian lebih lanjut yang membahas keterkaitan dehidrasi dengan sembelit.

  1. Daging merah

Mengonsumsi daging merah secara berlebihan tidak hanya memicu  kolesterol tinggi. Tapi juga meningkatkan risiko sembelit. Hal ini dikarenakan daging merah mengandung sedikit serat.

Selain itu, kadar lemak yang berlebihan dalam daging merah juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh. Dalam beberapa kasus, kondisi tersebut dapat menyebabkan sembelit.

  1. Gorengan

Gorengan adalah salah satu camilan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasa gorengan yang gurih memang kerapkali bikin ketagihan. Namun sayangnya, gorengan bukanlah makanan sehat.

Gorengan cenderung mengandung tinggi lemak dan rendah serat. Hal itu menyebabkan proses pencernaan berlangsung lebih lambat dan dapat memicu susah buang air besar. Oiya, gorengan disini bukan hanya makanan yang dijual di pinggir jalan, tapi juga termasuk makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, dan sejenisnya.

Itulah beberapa makanan penyebab sembelit atau konstipasi.  Kamu tidak harus menghindari jenis-jenis makanan diatas. Namun cukup batasi pengonsumsiannya. Sedangkan untuk alkohol kamu harus stop sekarang juga, sebab alkohol adalah biang kerok dari segala macam penyakit.