Tuesday , October 20 2020

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Gigi berlubang menjadi satu masalah yang seringkali terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan gigi. Selain menimbulkan rasa sakit, gigi berlubang juga menimbulkan rasa kurang nyaman bagi penderitanya. Di samping itu, ada beberapa penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya. Anda bisa melakukan cara ini untuk mengatasi gigi berlubang agar tidak semakin parah.

Penyebab Gigi Berlubang

Ada beberapa penyebab gigi cepat berlubang yang disebabkan oleh kebiasaan buruk yang Anda lakukan sehari-hari, diantaranya:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Penyebab gigi cepat berlubang yang pertama adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi. Dimana rata-rata orang yang memiliki masalah gigi berlubang memiliki kebiasaan malas untuk menggosok giginya, baik itu setelah makan, di pagi maupun malam hari sebelum tidur. Selain itu, umumnya mereka melakukan gosok gigi di waktu yang tidak tepat.

2. Kebiasaan Makan Sebelum Tidur

Kebiasaan makan atau ngemil sebelum tidur menjadi penyebab gigi menjadi lebih cepat berlubang. Karena umumnya mereka akan lebih malas menggosok giginya dan justru langsung tidur setelah selesai makan. Hasilnya, penumpukan sisa makanan akan terus menempel pada gigi dan menyebabkan bakteri lebih cepat bekerja di malam hari.

3. Timbunan Plak Pada Gigi

Sisa makanan yang terus menempel dan tidak dibersihkan akan menimbulkan tumbuhnya plak atau karang gigi. Dimana saat Anda mengkonsumsi makanan manis atau yang bersifat asam, bakteri akan lebih cepat bekerja dan membuat area mulut menjadi lebih asam. Kandungan asam yang timbul akibat plak akan membuat enamel gigi menjadi terkikis sehingga gigi lebih cepat mengalami kerusakan.

4. Suka Makanan Manis

Makanan manis menjadi salah satu musuh terbesar bagi gigi. Dimana saat Anda mengkonsumsi makanan manis, bakteri akan lebih cepat berkembang dengan memanfaatkan sumber makanan manis sebagai energi mereka. Jika tidak rajin menjaga kebersihan gigi, maka bukan tidak mungkin masalah seperti gigi berlubang akan Anda alami.

5. Letak Gigi

Kebanyakan gigi berlubang terjadi di bagian gigi geraham atau gigi yang berada di ujung belakang. Karena letaknya berada di ujung, maka saat Anda menggosok gigi sikat tidak bisa menjangkau bagian tersebut secara sempurna. Penumpukan sisa makanan akan menimbulkan pertumbuhan plak yang membuat gigi semakin cepat berlubang.

6. Kurangnya Fluoride

Fluoride merupakan mineral alami yang banyak digunakan untuk mencegah gigi berlubang. Tidak heran jika mineral ini banyak digunakan sebagai bahan campuran pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Jika seseorang kekurangan fluoride maka resiko timbulnya gigi berlubang akan lebih besar.

7. Mulut Kering

Kondisi mulut yang kering juga dapat memicu timbulnya gigi berlubang. Dimana saat produksi air liur berkurang, maka sisa makanan dan plak yang menempel pada gigi tidak bisa dikikis dan dibersihkan secara alami. Bahkan beberapa zat yang terkandung di dalam air liur mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

8. Adanya Bakteri Pada Gigi

Bakteri memiliki peran yang sangat besar dalam membuat lubang pada gigi. Dimana beberapa bakteri dapat memicu adanya lubang pada gigi, seperti Bakteri Lactobacillus Acidophilus, Bakteri Odontomyces Viscoses, Bakteri Streptokokus, dan beberapa bakteri yang tumbuh di area dalam mulut.

9. Penggunaan Kawat Gigi

Penggunaan behel atau kawat gigi membuat gigi jadi lebih rentan terhadap masalah seperti gigi berlubang. Dimana dengan penggunaan kawat gigi, sisa makanan akan lebih mudah menempel atau bahkan tersangkut di bagian gigi yang membuat pertumbuhan bakteri lebih cepat.

10. Faktor Usia

Meskipun masalah gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja, namun resiko terkenanya gigi berlubang lebih banyak menyerang anak-anak yang belum mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi. Umumnya anak-anak sangat malas untuk menggosok giginya baik itu di pagi maupun di malam hari sebelum tidur.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang memang harus segera diatasi. Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi gigi berlubang secara alami di bawah ini:

1. Rutin Menggosok Gigi

Masalah gigi berlubang dapat dituntaskan dengan rutin menggosok gigi setiap hari. Anda dapat melakukan gosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu di pagi setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur. Dengan menggosok gigi secara rutin, maka pertumbuhan plak dapat dihilangkan untuk mencegah datangnya gigi berlubang.

2. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride menjadi cara yang tepat untuk mencegah datangnya gigi berlubang. Dimana fluoride merupakan mineral alami yang banyak digunakan para produsen pasta gigi untuk mencegah masalah gigi berlubang.

3. Garam

Kandungan antibakterian yang terdapat di dalam garam dapat digunakan untuk mencegah gigi berlubang. Anda dapat memanfaatkan garam sebagai obat kumur pencegah gigi berlubang. Caranya, ambil 1 – 2 sendok makan garam dapur, larutkan pada segelas air bersih. Kemudian gunakan sebagai obat kumur untuk mencegah gigi berlubang.

4. Belimbing Wuluh

Rasa asam yang terkandung di dalam belimbing wuluh mampu meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari berbagai macam masalah gigi seperti gigi berlubang.

5. Biji Asam Jawa

Saat sakit gigi mulai menyerang, biji asam jawa dapat Anda gunakan sebagai obat pereda sakit gigi berlubang paling ampuh. Caranya, ambil biji asam jawa kemudian tumbuh hingga halus. Oleskan atau letakkan tumbukan biji asam jawa pada bagian gigi yang terasa sakit.

6. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga mampu meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang. Caranya, Anda bisa mengunyah daun biji dan menempelkannya pada bagian gigi yang terasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya sebagai obat kumur dengan cara merebusnya.

7. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bukan hanya menjadi bumbu masakan, bawang merah dan bawang putih juga dapat menjadi obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Caranya, bawang merah atau bawang putih kemudian tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

8. Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan antioksidan, antibacterian, dan anti inflamasi yang baik untuk mengatasi gigi berlubang. Anda dapat mengaplikasikannya dengan menggunakan minyak cengkeh yang sudah banyak dijual di toko maupun apotik terdekat.

9. Jeruk Nipis

Kandungan antibakterinya yang tinggi sekaligus memiliki kandungan vitamin C membuat jeruk nipis mampu mengatasi gigi berlubang. Caranya, cukup ambil perasan jeruk nipis kemudian teteskan pada gigi yang berlubang.

10. Lada

Cara mengatasi gigi berlubang berikutnya dapat Anda lakukan dengan menggunakan lada dapur. Bumbu dapur yang satu ini juga memiliki khasiat yang hampir sama dengan bahan-bahan di atas. Anda bisa menggunakannya sebagai obat alami pereda sakit gigi berlubang.

Itulah beberapa penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya. Dengan rutin menjaga kebersihan gigi, maka masalah seperti gigi berlubang dapat Anda atasi secara tepat dan cepat.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *