Selain jerawat, salah satu masalah kulit wajah yang paling sering muncul adalah komedo. Pengaruh komedo memang tidak separah jerawat dan komedo juga tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi bagi cewek-cewek nih, pasti sebagian besar menginginkan kulit wajah yang halus tanpa noda. Adanya komedo menyebabkan tekstur wajah tidak rata dan hasil make up kurang sempurna. Namun, sebelum kita mengulas mengenai cara menghilangkan komedo, yuk kita simak dulu 5 penyebab munculnya komedo di kulit wajah.

Penyebab Munculnya Komedo

1. Hormon

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah perubahan hormon. Perubahan hormon yang umumnya terjadi selama masa pubertas dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan. Apabila tidak rajin perawatan, minyak ini akan menyatu dengan sel kulit mati dan menyumbat pori-pori.

2. Menstruasi

Saat masa menstruasi, akan terjadi fluktuasi hormon di dalam tubuh. Saat hormon progesterone meningkat, produksi minyak juga akan semakin banyak. Hal ini yang menyebabkan wajah rentan komedo, bahkan jerawat.

3. Kulit Terlalu Lembab

Kulit yang lembab memang membuat kulit terlihat kenyal dan sehat, tapi kulit yang terlalu lembab justru akan menyebabkan munculnya komedo. Selain masalah genetik, kelembaban ini dapat muncul karena faktor luar, seperti pelembab atau sabun cuci muka. Terkadang kita merasa bahwa sabun cuci muka dapat membersihkan, tapi apabila sabun tersebut tidak cocok dengan kulit justru akan memicu komedo dan jerawat.

4. Bahan Kimia

Tidak semua kosmetik dapat kamu gunakan, kosmetik mengandung bahan kimia yang mungkin saja tidak cocok untuk kulitmu. Beberapa jenis bahan kimia dalam kosmetik yang dapat menimbulkan komedo diantaranya adalah sopropyl myristate atau propylene glycol.

 5. Makanan

Mungkin banyak yang menilai bahwa makanan tidak memiliki korelasi yang jelas dengan komedo. Tapi jangan salah, justru makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulitmu. Apabila makanan yang masuk ke dalam tubuh terjamin bersih dan sehat, maka tubuh juga akan bersih. Oleh sebab itu, banyak doktor dan dietarian yang merekomendasikan untuk mengatur pola diet yang sehat untuk menghindari munculnya masalah kulit.

Setelah mengetahui 5 penyebab munculnya komedo di atas, berikut ini adalah:

6 cara menghilangkan komedo yang dapat langsung kamu praktikkan

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

fimela.com

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah bercampurnya minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Maka dari itu, pastikan kamu membersihkan kulit di pagi dan malam hari sebelum tidur. Jangan lupa membersihkan make up secara menyeluruh.

2. Hindari Mencungkil dan Memencet Komedo

Melihat kulit wajah berkomedo pasti membuatmu merasa gemas ingin memencetnya. Tapi, hati-hati, memencet komedo dengan tangan justru akan membuat kulitmu semakin kotor dan lebih mudah untuk berkomedo lagi. Selain itu, memencet komedo dengan cara yang tidak benar dapat membuat struktur wajahmu rusak.

3. Gunakan Scrub atau Peeling

Membersihkan wajah dengan facial wash saja terkadang masih menyisakan kotoran di wajah. Untuk menyiasati hal tersebut, lakukan perawatan ekstra dengan memakai scrub atau peeling setiap 1-2 kali dalam seminggu. Dengan memakai scrub, kotoran dan sel kulit mati di dalam pori-pori akan lebih mudah terangkat. Tapi, jangan gunakan scrub yang terlalu kuat untuk wajah, sebab kulit wajah lebih tipis dan sensitif.

4. Facial

enrichsalon.com

Facial perlu kamu lakukan apabila jenis komedo yang kamu miliki sulit untuk dihilangkan sendiri. Seperti yang kita ketahui, ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam dan komedo putih. Komedo putih ini biasanya yang sulit disingkirkan. Sebab, komedo jenis ini telah tertutup oleh sel-sel baru yang menyebabkan warnanya putih dan terkadang cenderung sama dengan warna kulit. Oleh karena itu, kamu butuh bantuan facial untuk menghilangkan jenis komedo tersebut.

5. Steaming Wajah

journal.sociolla.com

Biasanya kamu akan mendapatkan treatment steaming wajah saat melakukan facial. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya sendiri di rumah. Steaming wajah dapat kamu lakukan sendiri dengan bermodalkan mangkok, air panas, handuk, dan aromaterapi. Caranya adalah dengan menghadapkan wajah ke mangkok berisi campuran air panas dan aromaterapi, kemudian tutup sisi-sisi wajah dengan handuk supaya uap hanya terkonsentrasi ke wajah.

Perlakuan steaming wajah akan membuat pori-porimu terbuka dan mengangkat kotoran serta sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Hasil akan lebih maksimal apabila kamu mengaplikasikan makser seusai steaming untuk mengangkat kotoran secara menyeluruh.

6. Pore Strip

journal.sociolla.com

Pore strip memang jalan singkat dan praktis untuk mengangkat komedo di wajah. Hanya dengan menempelkannya di kulit, komedo dapat secara mudah terangkat sampai ke akar-akarnya. Untuk hasil yang maksimal, basahi bagian kulit dengan air panas sebelum menempelkan pore strip. Meskipun sangat praktis dan efektif, pore strip tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering

Bagaimana? Jangan bilang gagal dulu kalau belum mencoba 6 cara menghilangkan komedo di atas. Selamat mencoba!