Saturday , October 24 2020

Penyebab dan Cara Mengatasi Demam Panggung yang Berlebihan

Sulit menghilangkan demam panggung ? Anda harus tahu apa penyebab, untuk selanjutnya dapat mengatasi hal tersebut.

Hanya sebagian kecil orang yang dikaruniai kemampuan untuk tampil di depan umum tanpa merasa takut, grogi, atau malu. Sisanya bergumul dengan masalah klasik, yaitu demam panggung.

Sebenarnya, demam panggung adalah hal yang wajar dialami oleh siapa pun. Jangankan yang baru pertama kali tampil di depan umum, orang-orang yang sepanjang hidupnya di atas panggung pun pasti pernah mengalami masa-masa kurang percaya diri.

Namun, demam panggung yang berlebihan sebaiknya perlu dikurangi sedikit demi sedikit. Berikut beberapa Penyebab cara mengatasi atau menghilangkan demam panggung yang berlebihan.

 

1. Persiapan

Salah satu penyebab terjadinya demam panggung adalah kurangnya persiapan. Persiapan yang dimaksud bisa jadi menyangkut diri si penampil secara pribadi, bisa juga persiapan acara secara keseluruhan.

Orang yang akan tampil di sebuah pertunjukan atau acara harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatu yang akan ditampilkannya di atas panggung. Misalnya, jika ingin menampilkan bakat bernyanyinya, ia seharusnya sudah berlatih bernyanyi dengan maksimal beberapa waktu sebelumnya.

Bukan hanya hal yang menyangkut mental untuk tampil di depan umum, segala persiapan teknis pun wajib diperhatikan. Contohnya,  kostum yang akan dikenakan pada hari-H, transportasi bebas macet saat akan menuju tempat acara, alat-alat yang akan digunakan, dan sebagainya.

Lalu, soal persiapan acara secara keseluruhan pun tidak boleh diabaikan. Di sinilah pentingnya melakukan galadi bersih. Pada momen ini, si penampil bisa melihat panggung dari sisi yang berbeda. Ia juga bisa mengecek sendiri seluruh peralatan yang akan digunakan dan memastikan tidak terjadi kesalahan yang bisa menyebabkan kegagalan pada saat acara sedang berlangsung.

2. Rasa Percaya Diri

 

Penyebab demam panggung yang lain adalah kurangnya rasa percaya kepada diri sendiri. Oleh karena itu, cara mengatasi demam panggung yang berlebihan selanjutnya berkaitan dengan bagaimana seseorang mengelola rasa percaya dirinya dengan baik.

Sebenarnya, rasa percaya diri tidak melulu soal betapa hebatnya aksi yang akan ditampilkan tersebut. Rasa percaya diri menyangkut soal pribadi secara keseluruhan, yaitu bagaimana ia memandang dirinya sendiri, mengelola ketakutan dan kelemahannya, serta selalu menambah kapasitas dan kualitas dirinya secara berkala.

Artinya, semakin bertambah kemampuan seseorang di bidang apa pun, semakin berani ia menunjukkan diri di hadapan banyak orang. Otomatis, ia pun akan semakin gampang mengatasi demam panggungnya yang berlebihan.

3. Trauma

Penyebab demam panggung yang bersifat kasuistik adalah adanya trauma masa lalu. Seseorang yang mengalami demam panggung yang berlebihan bisa jadi pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan di atas panggung dan kenangannya membekas hingga saat ini. Jika tidak diatasi dan disembuhkan, trauma akan terus menjadi momok dan menghalangi seseorang untuk mengembangkan diri secara maksimal.

Lalu, bagaimana cara mengatasi trauma? Tidak ada yang sederhana jika sudah berkaitan dengan luka yang terjadi pada masa lalu. Pada kasus-kasus yang berat, orang yang mengalami trauma perlu berkonsultasi dengan psikiater. Namun, jika trauma masih berada pada tahap yang ringan, bisa disembuhkan secara mandiri dengan banyak berlatih dan berani berubah.

Demam panggung yang berlebihan tentu sangat merepotkan. Bagaimana pun, ada kalanya seseorang harus menghadapi saat-saat penting di atas panggung sendirian, tanpa bisa diwakili oleh siapa pun. Sebaliknya, saat seseorang berani dan mau membiasakan diri untuk tampil di hadapan khalayak, demam panggung perlahan-lahan pasti menghilang dengan sendirinya.

Nah bagaimana dengan Anda? Apa saja cara menghilangkan demam panggung yang berlebihan yang paling manjur dan efektif ?

About Bas