Penyebab dan 10 Cara Mengatasi Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering

Tak hanya kurang sedap dipandang, rambut kering juga cenderung rapuh dan susah diatur. Ada berbagai penyebab mengapa rambut bisa kering, antara lain seperti:

  • Paparan sinar matahari.
  • Efek penataan rambut, baik yang melibatkan suhu panas seperti hair dryer atau catok, maupun produk rambut yang sarat kandungan bahan kimianya.
  • Faktor kelembaban udara.
  • Efek paparan asap rokok.
  • Dll.

Cara Mengatasi Rambut Kering

Berita baiknya adalah, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut kering. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Trimming

Rambut kering dan rusak sebaiknya segera dipotong. Cara mengatasi rambut kering yang pertama ini tidak hanya berlaku untuk rambut panjang saja, melainkan juga yang pendek.

Selain dapat memperbarui penampilan, trimming juga efektif untuk menghilangkan ujung rambut yang kasar, bercabang, maupun rusak. Alhasil, rambut jadi lebih sehat dan mudah diatur.

2. Minum vitamin

Beberapa vitamin seperti A, C, H (biotin), dan zat besi memiliki kontribusi langsung bagi kesehatan rambut dan kuku. Ragam nutrisi tersebut umumnya ada dalam vitamin kehamilan. Karenanya, vitamin kehamilan kerap digunakan untuk mengatasi rambut kering.

Selain itu, ada pula sebagian orang yang mengkonsumsi suplemen biotin untuk merawat rambut kering. Akan tetapi sayangnya, hasil riset menunjukkan dampak suplemen tersebut tidaklah terlalu signifikan.

Hasil penelitian malah menjumpai bahwa suplemen yang mengandung protein hewan laut lebih ampuh dalam menyehatkan rambut kering.

3. Tingkatkan asupan omega-3 dan antioksidan

Cara mengatasi rambut kering berikutnya adalah dengan meningkatkan asupan omega-3 dan antioksidan.

Salah satu cara paling mudah untuk ini adalah dengan sering mengonsumsi sumber protein hewan laut seperti salmon, tiram, tuna, sarden, atau makarel. Deretan seafood yang disebutkan di atas tidak hanya kaya peptida, tapi juga omega-3 yang efektif mengembalikan kemilau indah rambut.

Selain itu, pemilik rambut kering juga disarankan memperbanyak konsumsi sumber antioksidan untuk melawan stres oksidatif, salah satu penyebab rambut kusam. Beberapa contoh makanan yang kaya antioksidan antara lain:

  • Kacang walnut.
  • Kacang merah.
  • Blueberry.
  • Brokoli.
  • Tomat.
kacang walnut sumber omega 3
kacang walnut sumber omega 3 (seasonalandsavory.com)

Lebih dari itu, konsumsi asam lemak sehat, misalnya dari minyak kanola, juga dapat meningkatkan kesehatan rambut.

4. Jangan mencuci rambut setiap hari

Produk sampo tidak hanya menghilangkan kotoran dan keringat, namun juga minyak alami rambut (sebum). Peran sebum sangat penting karena membuat rambut lebih mudah diatur dan berkilau.

Walau kebanyakan sebum dapat membuat rambut lepek, tapi Anda tidak perlu mencuci rambut setiap hari. Sebaiknya, cuci rambut 2 hari sekali agar rambut tetap sehat.

Namun bagi Anda yang harus keramas setiap hari, gunakan sampo khusus rambut kering atau sampo bayi. Keduanya dapat membersihkan rambut tanpa menghilangkan sebum.

5. Bungkus rambut dengan handuk

Rambut yang rapuh dan sukar ditata setelah dicuci dapat kehilangan kelembabannya bila dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Untuk mencegahnya, bungkus rambut menggunakan handuk setelah keramas.

Untuk Anda yang ingin tidur selagi rambut masih basah, gunakan sarung bantal dari bahan sutera. Bahan ini dapat mencegah bantal menyerap kelembaban rambut.

6. Kurangi penggunaan alat bersuhu panas

Seperti disebutkan sebelumnya, catok atau blow dryer merupakan salah satu penyebab rambut kering. Oleh sebab itu, kurangi penggunaan alat bersuhu panas. Tapi jika memang harus menggunakan hair dryer, pegang alat sejauh minimal 15 cm dari rambut.

7. Cuci rambut menggunakan air dingin

Di satu sisi, mandi air panas memang membuat tubuh rileks. Namun bila air tersebut sering mengenai rambut, maka helaiannya bisa kering. Oleh sebab itu, gunakan air dingin saat mandi.

Tidak hanya efektif merangsang pertumbuhan rambut, keramas menggunakan air dingin juga dapat merevitalisasi batang rambut sekaligus menyegarkan kulit kepala.

8. Gunakan minyak esensial

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya adalah dengan menggunakan essential oil tertentu, seperti argan oil. Caranya cukup oleskan beberapa tetes minyak argan ke ujung rambut.

minyak argan
minyak argan (np-d.com)

Alternatif lain adalah dengan menggunakan minyak lavender atau peppermint, yang mana keduanya efektif mencegah rambut rontok dan bercabang.

9. Memakai topi

Anda dapat memakai topi untuk melindungi rambut dari paparan sinar UV. Sedangkan bagi rambut yang terlanjur terekspos sinar matahari, rawat itu dengan gel lidah buaya untuk mencegahnya rusak dan kering.

10. Masker minyak kelapa

Cara mengatasi rambut kering yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak kelapa sebagai hair mask. Lakukan seminggu sekali dan hangatkan minyak kelapanya lebih dulu menggunakan telapak tangan sebelum mengaplikasikannya ke helaian rambut. Diamkan hair mask selama 20 menit sebelum dibilas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *