Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Lemas dan Lesu!

Masalah badan lemas dan lesu di era saat ini makin lebih sering terjadi pada banyak orang. Mulai dari anak – anak remaja, orang muda, dewasa dan juga tua bisa terkena masalah ini. Jika Anda penasaran tentang hal ini, mari bahas bersama penyebab dan cara mengatasi badan lemas dan lesu di sini untuk memastikan agar Anda lebih tahu.

Masalah Lemas dan Lesu Badan Terlihat Enteng Tapi Berbahaya

Banyak orang pasti sering menghadapi badan lemas dan lesu. Hal ini biasanya terjadi saat tubuh merasakan ada yang tidak beres. Sebagai tanda – tanda kondisi tubuh, tentu hal ini penting diperhatikan. Sayangnya masih banyak orang yang merasa kondisi ini bisa hilang asalkan istirahat.

Lesu dan lemas memang tanda awal badan butuh istirahat, tapi ada juga rasa lemas dan lesu yang berkepanjangan. Anda pernahkah merasa tetap lemas dan lesu walaupun sudah tidur? Hal seperti ini sudah bukan hal yang biasa dan dianggap ringan. Untuk hal ini, check up biasanya diperlukan untuk memastikan kondisi yang sebenarnya.

Banyak penyakit serius sering dimulai dengan tanda – tanda rasa lemas dan lesu. Sebagai contoh, penyakit imunitas, masalah hati dan ginjal yang tidak bekerja baik dan bahkan masalah jantung bisa menyebabkan hal ini.

Akar Masalah Rasa Lemas dan Lesu

Wanita tidur saat kerja karena badan lesu
Wanita tidur saat kerja karena badan lesu

Untuk bahasan penyebab dan cara mengatasi badan lemas dan lesu, Anda tentu harus tahu bahwa penyebab ini ada dua jenis dan penanganannya akan berbeda. Agar lebih pasti dan tidak salah penanganan, mari bahas bersama akar dari penyebab dari masalah ini!

Disebabkan Masalah Psikologis

Banyak masalah kondisi tubuh sering terjadi karena kondisi mental seseorang terganggu. Masalah mental ini sering menyebabkan rasa lesu dan lemas kembali lagi dan lagi walaupun sudah mendapatkan penanganan fisik.

Berikut adalah masalah mental yang bisa berakibat rasa lemas dan lesu:

  • Depresi.

  • Cemas Akut.

  • Stress.

  • Merasa Sedih Berkepanjangan.

  • Gangguan Pada Mood.

  • Shock.

Masalah seperti depresi dan stress adalah akar masalah yang paling sering menyebabkan rasa lelah dan lesu di era modern sekarang ini. Rutinitas kerja yang monotone dan kurangnya refreshing, terkadang bisa menekan rasa stress pada seseorang. Saat motivasi rendah dan tetap dipaksa bekerja, hal ini bisa jadi depresi yang lebih sulit diperbaiki.

Pada state mental stress dan depresi, tubuh dan otak juga bereaksi untuk memastikan kondisi mood bisa kembali lagi secara normal dengan memberi sinyal lemas dan lesu. Tapi selama istirahat yang baik dan rasa penat ini tidak dilepas, kondisi mental akan membuat sinyal lemas ini tidak hilang.

Disebabkan Masalah Fisik

Berikutnya mari membahas akar masalah lemas dan lesu yang diakibatkan kondisi fisik. Untuk yang kondisi fisik ini, penangananya lebih mudah daripada mental. Asalkan bisa diketahui, masalahnya, penggunaan obat ataupun cara pengobatan tertentu sudah bisa mengembalikan kondisi tubuh seperti semula.

Masalah fisik yang menyebabkan lemas dan lesu masih bisa dibagi dua. Jenis pertama adalah masalah fisik ringan dan yang berikutnya masalah penyakit berat. Untuk penyakit berat seperti penyakit jantung, hati, ginjal kanker dan masalah penyakit berat lain, Anda harus pastikan dengan bantuan dokter.

Tapi di sisi lain, Anda juga tetap harus perhatikan masalah fisik ringan yang menyebabkan lemas ini. Berikut adalah masalah fisik ringan yang bisa mengakibatkan lemas dan lesu:

  • Dehidrasi.

  • Gangguan tidur (Insomnia).

  • Flu.

  • Kekurangan darah.

  • Kadar gula rendah (Hipoglikemia).

  • Kurang asupan gizi.

  • Lonjakan pada hormone.

  • Efek samping obat.

  • Kebiasaan meminum alkohol.

  • Ketergantungan pada zat tertentu.

Masalah di atas tentu mudah untuk diatasi, tapi Anda juga harus tahu bahwa masalah simpel ini bisa berkembang jadi hal berbahaya jika tidak ditangani. Jadi walaupun terlihat ringan, jangan menyepelekan.

Tips Atasi Masalah Lemas dan Lesu

Dari bahasan penyebab akar masalah di atas, Anda tentu tahu bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips yang mudah untuk Anda aplikasikan!

Pastikan Menjaga Kondisi Mental

Hal yang paling penting dilakukan untuk menghindari rasa lemas dan lesu adalah dengan menjaga kondisi mental. Untuk hal ini, Anda tidak bisa asal istirahat belaka, hal yang paling efektif adalah dengan relaksasi dan meluangkan waktu secara sosial. Interaksi dengan orang lain dan bersenang – senang sudah sering terbukti untuk menurunkan peluang stress dan depresi. Tapi jika masih merasa tidak berubah, silahkan hubungi psikolog untuk penanganan yang lebih spesial.

Coba Gaya Hidup yang Sehat

Memiliki gaya hidup yang sehat adalah kunci mendapatkan mental dan fisik yang baik. Mulai dari mengatur jadwal badan untuk mendapatkan istirahat, makan dan minum yang mengandung gizi seimbang, menyempatkan kegiatan fisik yang cukup dan bila perlu lakukan kegiatan yoga untuk memastikan relaksasi badan serta mental.

Sekian bahasan penyebab dan cara mengatasi badan lemas dan lesu. Mudah – mudahan hal ini mampu membantu Anda lebih memahami tentang kondisi badan Anda. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *