Penyebab dan Cara Memperbaiki Gigi Tonggos

Sebenarnya normal bila gigi bagian depan atas sedikit lebih maju dibanding gigi depan bawah. Namun pada kasus gigi tonggos, gigi depan yang terletak di rahang atas umumnya jauh lebih condong ke depan sehingga gigi tampak bengkok dan posisi menggigit juga kurang tepat.

Penyebab Gigi Tonggos

Ada berbagai penyebab mengapa gigi sampai mengalami kondisi yang disebut juga dengan maloklusi tersebut. Selain karena faktor genetik, gigi tonggos atau maloklusi kerap disebabkan oleh:

  • Kebiasaan masa kanak-kanak seperti mengisap jempol atau dot.
  • Terlalu kecilnya rahang sementara ukuran gigi terlalu besar.
  • Ada gigi yang tidak tumbuh atau hilang.
  • Tumor di mulut.

Efek Gigi Tonggos

Tidak hanya berpotensi merusak penampilan, gigi tonggos juga dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti:

  • Gangguan pernapasan.
  • Ketidakmampuan mengunyah makanan hingga tuntas.
  • Kerusakan atau pembusukan pada gigi lain dan gusi.
  • Risiko tergigit atau sakit saat mengunyah.
  • Gangguan bicara.
  • Stres karena minder atau diejek orang.

Selama tidak mengganggu, gigi tonggos sebenarnya tidak wajib ditangani dengan bantuan medis. Ada beberapa orang yang justru bangga dan tetap membiarkan giginya yang tonggos. Tapi bila Anda merasa gigi tonggos sudah mengganggu penampilan atau membuat tidak nyaman, segeralah temui dokter gigi untuk menjalani perawatan ortodontik.

Apakah Gigi Tonggos Bisa Diperbaiki?

Pada dasarnya, tidak ada standar khusus tentang cara memperbaiki gigi tonggos. Sebab bagaimanapun juga, ukuran gigi, jenis gigitan, dan bentuk rahang setiap orang berbeda-beda. Oleh sebab itu, dokter umumnya akan memperbaiki gigi tonggos sesuai kondisi tiap-tiap orang.

1. Kawat Gigi (Behel)

Merapikan Gigi Perempuan
Merapikan Gigi (smilegeneration.com)

Cara memperbaiki gigi tonggos yang paling umum adalah menggunakan kawat gigi. Alat ini bertujuan untuk memanipulasi gigi sehingga posisinya setelah memakai alat ini dapat kembali ke tempat yang semestinya.

Tidak sedikit orang dengan gigi tonggos pasang behel sejak kanak-kanak atau selama usia remaja. Namun orang dewasa juga tetap dapat mengatasi gigi tonggos dengan cara ini.

Dalam prakteknya, dokter mungkin juga akan melakukan pencabutan gigi jika tidak tersedia ruang yang cukup buat membenahi posisi gigi. Hal ini berlaku terutama bila penyebab gigi tonggos adalah karena letak gigi tidak beraturan atau penuh sesak.

Gigi Tonggos pakai behel berapa lama? Sayangnya, cara memperbaiki gigi tonggos dengan behel ini tergolong lama karena kawat harus dikenakan selama bulanan atau bahkan bertahun-tahun lamanya.

Behel gigi terdiri dari 2 macam yaitu: Behel gigi permanen dan behel gigi lepas pasang.

Harga behel gigi tergantung dari jenis behel gigi yang dipakai apakah jenis permanen atau yang lepas pasang.

Harga dan biaya pasang behel gigi permanen biasnya lebih mahal antara Rp 5 juta s/d Rp 12 juta. sedangkan biaya behel gigi lepas pasang agak murah antara Rp 500 ribu s/d Rp 4 juta.

2. Operasi Rahang

Ada pula kasus gigi tonggos yang mengharuskan dokter menjalankan operasi pembenahan rahang. Walau begitu, cara memperbaiki gigi tonggos satu ini cukup jarang dilakukan.

3. Retainer gigi

Di samping kawat gigi, retainer gigi juga efektif membantu memperbaiki gigi tonggos. Umumnya, cara memperbaiki gigi tonggos satu ini diterapkan setelah kawat dilepas supaya gigi tidak kembali tonggos atau berantakan.

Fungsi Retainer Gigi yang lain:

  • Merapatkan gigi yang renggang atau bercelah.
  • Memperbaiki posisi dan bentuk rahang.
  • Mencegah kebiasaan buruk, seperti gemeretak gigi.

4. Operasi tumor

Kadangkala, tumor juga dapat menyebabkan gigi tonggos. Cara memperbaiki gigi tonggos untuk kasus ini pastinya dengan menjalani operasi untuk membuang benjolan tumor yang membuat gigi tonggos.

Tips Bagi Anda yang Bergigi Tonggos

1. Tetap Jaga Kebersihan Gigi

Gigi tonggos tetap perlu dirawat seperti gigi normal. Oleh sebab itu, sikatlah gigi secara rutin. Gunakan dental floss atau benang gigi bila perlu. Rutinlah melakukan perawatan ke dokter gigi, misalnya untuk membersihkan karang. Dengan begitu, proses penanganan gigi tonggos akan lebih mudah karena mulut dan gigi selalu dalam keadaan bersih.

2. Tonjolkan Bagian Wajah Lainnya

Bagi yang enggan menggunakan kawat atau retainer gigi, cobalah cara memperbaiki gigi tonggos yang lebih alami. Salah satunya dengan menonjolkan bagian wajah lainnya, misalnya mata. Dengan begitu, perhatian lawan bicara tidak akan tertuju semata-mata pada gigi saja.

3. Tetap Tersenyum dengan Wajar

Jangan minder, dan hindari pula stres karena gigi tonggos. Daripada terus berpusat pada kekurangan diri, cobalah mengembangkan kelebihan yang Anda punyai. Ingatlah, tak peduli bagaimana seringnya Anda mengeluh, sikap negatif seperti itu tidak akan memperbaiki keadaan.

Bila memang belum ada upaya yang cocok untuk menangani gigi tonggos, maka belajarlah menerima dan mensyukuri keadaan. Hindari pula menahan atau menutupi senyum karena ini hanya akan membuat perhatian orang lain semakin tertuju pada gigi tonggos.

Selain itu, berhentilah pula menyalahkan diri atau orang lain bila penyebab gigi tonggos adalah karena kebiasaan buruk di masa kecil.

4. Tetaplah Percaya Diri

Cara memperbaiki gigi tonggos satu ini memang lebih mudah dikatakan ketimbang dilakukan. Namun bila segala upaya telah dicoba dan belum membuahkan hasil memuaskan, maka satu-satunya hal yang dapat Anda ubah ada sikap hati.

Dalam hal ini, selalu ingatkan diri bahwa kesuksesan tidaklah ditentukan dari penampilan fisik, melainkan kemampuan, kepribadian, dan seberapa percaya dirinya Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *