Saturday , October 24 2020

Penyebab dan Cara Efektif Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut?

 

Saat kamu berbicara dengan orang dan sering memperhatikan lawan bicara kamu tidak berani berhadapan langsung dengan kamu, itu bisa menjadi ciri/tanda bahwa mulut kamu mengeluarkan bau yang tidak sedap. Orang lain akan berusaha menjaga jarak atau bahkan membuang muka supaya aroma mulut kamu tidak masuk ke hidung mereka.

Mulut berbau memang bukanlah gangguan yang menyakitkan. Tapi bau mulut kamu bisa menyebabkan rasa malu, bahan omongan, tidak percaya diri bahkan secara halus dijauhi teman-teman kamu.

Dalam dunia kedokteran, bau mulut dikenal sebagai oral malodor atau halitosis. Kondisi ini terjadi tatkala bakteri dalam mulut menghasilkan gas sulfur berlebihan. Sehingga akibatnya timbullah aroma tak sedap.

 

Penyebab Bau Mulut

  1. Menumpuknya sisa-sisa makanan dalam mulut.
  2. Efek mengonsumsi makanan tertentu secara berlebihan, seperti bawang merah, bawang putih, makanan tinggi protein, alkohol dan kopi.
  3. Kebiasaan merokok.
  4. Mulut kering karena kurang mengonsumsi makanan atau minuman.
  5. Adanya gigi berlubang dan gangguan mulut lainnya.

Masalah bau mulut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut. Apabila bau mulut belum terlalu parah, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan cara-cara alami. Seperti berikut ini:

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Berkumur dengan Air Lemon

Cara pertama untuk menghilangkan bau mulut adalah memanfaatkan lemon. Buah lemon mengandung asam sitrat yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, sifat asam lemon juga merangsang produksi saliva (air liur) lebih banyak sehingga mulut tidak kering.

Untuk cara pengaplikasiannya, seduh air perasan lemon dalam secangkir air hangat. Diamkan sampai agak dingin. Lalu gunakan minuman tersebut untuk berkumur. Lakukan perawatan ini secara rutin kira-kira 3 kali seminggu hingga bau mulut benar-benar menghilang. Apabila kamu sulit mendapatkan lemon, alternatif lain kamu bisa menggunakan jeruk nipis.

2. Manfaatkan Cengkeh

Yang kedua cengkeh. Rempah ini mengandung minyak eugenol yang berperan sebagai anti bakteri kuat. Kamu bisa menumbuk cengkeh, lalu rebus dalam secangkir air hangat dan gunakan untuk berkumur. Cara lain yang lebih simpel adalah cukup mengunyah cengkeh. Ratakan ke seluruh bagian mulut. Setelah beberapa menit, buang cengkeh dan berkumurlah dengan air bersih.

3. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Teh hijau ini tidak hanya membantu mengatasi beragam penyakit (misalnya mencegah jantung dan kolesterol), tetapi juga bisa menghilangkan bau mulut.

Menurut penelitian yang dilakukan di Jepang, teh hijau terbukti bisa menyingkirkan bau mulut setelah dikonsumsi selama 1 bulan. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol yang merupakan antioksidan dalam teh hijau. Kamu cukup mengkonsumsinya 2-3 kali dalam seminggu atau juga bisa digunakan sebagai obat kumur.

4. Berkumur dengan Air Kayu Manis

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah menggunakan kayu manis. Selain memberikan aroma pada masakan, kayu manis juga ampuh membunuh bakteri loh. Ini dikarenakan kandungan senyawa cinnamic aldehyde di dalamnya.

Untuk cara pembuatannya, rebus bubuk atau 2-3 batang kayu manis dalam air. Tunggu hingga cairan berwarna kecoklatan. Kemudian tunggu sampai dingin. Lalu gunakan untuk berkumur. Terapkan cara ini 3 kali dalam sehari agar bau mulut bisa hilang.

5. Makan Buah Apel

Buah apel tidak hanya memiliki rasa lezat dan manis. Tapi juga terbukti dapat menjaga kesehatan mulut loh. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah apel bisa merangsang produksi air liur serta menghilangkan sisa makanan dan bau mulut. Kamu cukup mengkonsumsinya seperti biasa. Namun saat mengunyah, usahakan agak lama. Dengan begitu kasiatnya juga lebih terasa.

Selain memanfaatkan bahan-bahan diatas, untuk mengatasi bau mulut kamu juga harus rajin gosok gigi, gunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, perbanyak konsumsi air putih, dan jika perlu gunakan obat kumur antibakteri.

About Bas