Thursday , October 22 2020

6 Penyebab Berat Badan Susah Turun Walau Sudah Diet

Tak sedikit orang yang telah menjalani diet susah payah sampai rela menahan lapar, namun hasil nya malah nihil. Berat badan tak kunjung turun. Justru tubuh jadi sakit-sakitan. Sebenarnya apa yang salah?

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa diet bukan sekedar mengurangi porsi makan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan program diet. Mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga jenis makanan yang kamu konsumsi.

Nah, berikut ini beberapa hal yang menyebabkan berat badan susah turun. Diantaranya yakni:

 

1. Kurang Gerak

Kamu sudah mengurangi porsi makan kamu, sehari hanya makan sekali tapi berat badan tetap tidak mau turun? Coba ingat bagaimana kebiasaan harian kamu. Apakah kamu termasuk orang yang duduk di depan komputer seharian? Jarang bergerak? Atau mungkin malas berolahraga?

Jika iya, maka itulah yang menyebabkan mengapa bobot badan kamu sulit turun. Berolahraga sangat penting untuk menjaga berat badan agar ideal. Dengan berolahraga secara rutin maka bisa membantu proses pembakaran kalori dan mengurangi tumpukan lemak di tubuh.

2. Sering Begadang

Penyebab kedua mengapa berat badan sulit turun adalah kebiasaan begadang. Kurangnya waktu tidur di malam hari bisa mengganggu produksi hormon sehingga berpengaruh terhadap rasa lapar yang cenderung meningkat. Efek nya kamu bakal pengen ngemil terus. Di samping itu, kebiasaan begadang juga menyebabkan insomnia. Ini sangat tidak sehat untuk tubuh dan bisa membuat jelek penampilan kulit.

3. Makan Berat Menjelang Tidur Malam

Saat hendak tidur malam, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berat seperti nasi, daging, susu atau sejenisnya. Sebab diatas jam 10 malam, proses metabolisme tubuh mulai berlangsung. Apabila kamu mengonsumsi makanan diatas jam tersebut efeknya proses pencernaan jadi tidak optimal. Makanan cenderung diolah menjadi lemak dan mengendap dalam tubuh sehingga membuat bobot badan jadi naik.

Namun demikian bukan berarti kamu tidak boleh makan di malam hari. Sebaiknya makan malam dilakukan 2 jam sebelum tidur. Dan sebaiknya pilih makanan ringan saja agar mudah dicerna, misalnya nasi dengan lauk ikan dan sayur. Atau juga bisa mengkonsumsi buah sebagai cemilan.

4. Kurangnya Asupan Air Putih

Daripada kamu mengonsumsi minuman berkadar gula tinggi seperti kopi atau minuman soda yang bisa meningkatkan berat badan, akan lebih baik jika memilih air putih. Para pakar kesehatan merekomendasikan mengonsumsi air putih sekitar 2 Liter dalam sehari. Air putih dapat membantu mengeluarkan lemak dan membersihkan racun dalam tubuh.

5. Jajan Makanan di Luar

Apabila kamu melakukan program diet, maka kamu juga harus konsisten. Jangan baik-baik pola makan kamu. Tingkatkan asupan makanan bergizi dan kurangi konsumsi makanan berlemak. Jangan sering-sering jajan makanan di luar, baik itu makanan cepat saji, gorengan, atau makanan kemasan ini semua mengandung gula dan kolesterol berkadar tinggi. Sehingga bisa menyebabkan diet kamu akan gagal sia-sia.

6. Depresi Berlebihan

Kondisi psikis seseorang ternyata juga mempengaruhi tingkat keberhasilan diet loh. Seseorang yang mudah stres dan depresi biasanya sulit menurunkan berat badannya. Menurut penelitian, kondisi depresi bisa merangsang produksi hormon kortisol. Yang mana hormon ini akan meningkatkan nafsu makan secara berlebihan. Apa bila nafsu makan terlalu tinggi maka efeknya kamu jadi ingin ngemil terus-menerus. Ini akan meningkatkan kadar kalori dan membuat tubuh jadi cepat gemuk.

Selain faktor-faktor diatas, penyebab lain berat badan susah turun adalah pengonsumsian obat-obatan tertentu seperti steroid, pola makan yang tidak teratur, efek menopause dan genetik.

Semoga info ini bisa membantu dan bermanfaat.

About Bas