Pengertian, Fungsi dan Sejarah Penemuan Oven

Pengertian dan Fungsi Oven

Oven adalah Suatu alat yang mampu menyimpan panas yang digunakan untuk memanaskan, memanggang atau mengeringkan suatu zat. Penggunaan paling umum adalah untuk memasak.

Sejarah Oven

Oven paling awal ditemukan di Eropa Tengah, dan tanggal 29.000 SM. Mereka memanggang di dalam Yurt. ( yurtadalah tenda bundar portabel yang ditutupi dengan kulit dan digunakan sebagai tempat tinggal oleh para perantau di stepa Asia Tengah ).

Di Ukraina dari 20.000 SM mereka menggunakan lubang dengan bara panas yang tercakup dalam abu. Makanan itu dibungkus daun dan diletakkan di atasnya, kemudian ditutupi dengan tanah.

Di kamp-kamp yang ditemukan di Mezhirich, setiap rumah tulang mammoth memiliki perapian yang digunakan untuk pemanasan dan memasak.

Oven juga digunakan oleh budaya yang tinggal di Lembah Indus dan di Mesir pra-dinasti.

Pada 3200 SM, setiap rumah batu di seberang Lembah Indus memiliki oven. Oven digunakan untuk memasak makanan dan membuat batu bata.

Peradaban pra-dinasti di Mesir menggunakan kiln ( oven ) sekitar 5000-4000 SM untuk membuat tembikar.

Sejarawan kuliner memuji orang-orang Yunani untuk mengembangkan pembuatan roti secara signifikan. Oven roti isi ulang dikembangkan di Yunani kuno. Orang-orang Yunani menciptakan berbagai macam adonan, bentuk roti, dan gaya menyajikan roti dengan makanan lainnya. Baking berkembang sebagai perdagangan dan profesi karena roti semakin disiapkan di luar rumah keluarga oleh pekerja terlatih untuk dijual ke masyarakat.

Selama Abad Pertengahan, orang Eropa menggunakan perapian bersamaan dengan kuali besar. Ini mirip dengan oven Belanda. Setelah Abad Pertengahan, oven mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu dari kayu, besi, batu bara, gas, dan bahkan listrik. Setiap desain memiliki motivasi dan tujuan tersendiri.

Kompor pembakaran kayu mengalami perbaikan melalui penambahan ruang api yang memungkinkan penahanan dan pelepasan asap lebih baik.

Oven lain yang bisa dikenali adalah kompor besi tuang. Ini pertama kali digunakan sekitar awal 1700-an ketika mereka sendiri mengalami beberapa variasi termasuk kompor kayu Stewart Oberlin yang lebih kecil dan memiliki cerobong asap sendiri.

Oven Batubara

Oven Batubara

Pada awal abad ke-19, oven batubara dikembangkan. Bentuknya berbentuk silindris dan terbuat dari besi tuang berat.

Oven Gas

Penggunaan Oven Gas terjadi di awal abad ke-19 juga. Kompor gas menjadi oven rumah tangga yang sangat umum sekali saluran gas tersedia untuk kebanyakan rumah dan lingkungan. James Sharp mematenkan salah satu kompor gas pertama di tahun 1826. Berbagai perbaikan lainnya terhadap kompor gas termasuk kompor AGA yang ditemukan pada tahun 1922 oleh Gustaf Dalen.

Oven Listrik

Oven listrik pertama ditemukan pada akhir abad ke-19, bagaimanapun, seperti banyak penemuan listrik yang ditujukan untuk penggunaan komersial, kepemilikan massal oven listrik tidak dapat menjadi kenyataan sampai penggunaan listrik yang lebih baik dan lebih efisien tersedia.

Oven Microwave

Baru-baru ini, oven menjadi sedikit lebih berteknologi tinggi dalam hal strategi memasak. Microwave sebagai alat masak ditemukan oleh Percy Spencer pada tahun 1946, dan dengan bantuan insinyur, oven microwave telah dipatenkan. Oven microwave menggunakan radiasi gelombang mikro untuk merangsang molekul dalam makanan yang menyebabkan gesekan, sehingga menghasilkan panas.

 

Pengertian fungsi sejarah oven, halokawan.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *