Wednesday , October 21 2020

Pengen Nggak Gampang Pikun?! Lakuin Aja 11 ‘Habit’ Unik Berikut

Pikun memang bukan penyakit berbahaya. Namun gampang lupa apalagi terhadap janji yang sudah kadung dibuat, bisa bikin orang lain gregetan dan tidak percaya lagi pada kita. Karenanya kali ini, Halokawan ingin membagikan beberapa tips agar tidak mudah lupa. Tenang, triknya tidak berhubungan dengan mengerjakan TTS (teka-teki silang) kok.

1.Gunakan tangan satunya

Waktu makan, menulis, menyapu, mengambil barang, biasanya tangan mana yang kamu pakai: kiri atau kanan? Kebanyakan kita mungkin menggunakan tangan kanan.

Tapi kali ini, kamu harus menggunakan tangan satunya. Memang sih agak sulit pada mulanya jika harus makan pakai tangan kiri, tapi tetap coba saja.

Mempraktekkan ini ternyata dapat mengaktifkan sisi otak yang selama ini ‘tertidur’ lho.

2.Sesekali, tutup mata saat beraktivitas

Kebiasaan seringkali membuat kita kurang peka. Tak heran ketika baru tiba di kantor, kita kadang panik soal “apakah kompor sudah dimatikan atau belum”, atau sejenis itu.

Guna menajamkan otak, cobalah mandi, pindah dari ruang satu ke lainnya, atau menghitung tumpukan buku sambil memejamkan mata. Untuk melakukan ini, kamu pasti akan meraba-raba obyek terdekat dan ‘pengenalan’ akan obyek tersebutlah yang membuatmu semakin peka.

3.Selamat tinggal rutinitas!

“Usai bangun pagi, ya langsung mandi, abis itu berpakaian dan berdandan, terakhir makan, lalu berangkat ke kantor”. Jika ritual itu yang selalu dilakukan setiap pagi, maka lakukan sedikit perubahan.

Salah satu cara membuat otak tetap tajam adalah dengan melakukan hal baru. Kamu nggak perlu melakukan hal spektakuler, cukup tukar saja urutan ritualnya, misalnya bangun pagi – makan – mandi – ngantor.

Kamu juga bisa mengambil rute berbeda saat pergi ke kantor atau jogging. Alternatif lainnya, ketimbang menonton berita melulu, coba sesekali nonton film kartun.

4.Lihat benda sekitar secara terbalik

Sesekali melihat benda sekitar – pigura, jam, kalender, atau bahkan mengenakan arloji – secara terbalik dapat membuat otak lebih fokus saat ‘membaca’ benda tersebut.

5.Main koin

Kaum tuna netra mungkin tidak bisa membaca dengan kedua bola matanya, tapi otak mereka (khususnya yang dapat membaca braille) sudah terlatih untuk membaca melalui sentuhan.

Kita bisa meniru konsep ini untuk mengaktifkan sel-sel otak. Cukup masukkan saja beberapa koin dalam wadah di dalam mobil. Ketika lampu merah atau kapanpun mobil berhenti, masukkan tangan dalam wadah tersebut. Setiap hari, cobalah menebak satuan koinnya tanpa melihatnya.

6.Mencoba makanan baru

Hidup itu penuh warna, dan seharusnya demikian jugalah menu makan kita sehari-hari. Faktanya, makanan baru akan memaksa otak mencium dan mengirimkan sinyal ke hidung untuk mengaktifkan reseptornya. Aroma baru ini juga akan memberikan perasaan dan sensasi emosional yang lain pula.

7.Baca keras-keras

Yang pasti, jangan lakukan ini di perpustakaan ya. Membaca sambil bersuara memang butuh waktu lebih lama, namun ada manfaat positifnya lho. Hasil riset menunjukkan membaca keras-keras (atau mendengarkan audiobook) dapat menstimulasi 3 area otak.

8.Trik menghafalkan secara unik

Ada banyak cara untuk ini, contoh menghafalkan no HP 08198765432 dengan menyebutnya ‘songpantu lanpan (08198) junam mapat gadu (765432)’, ketimbang membaca angka lengkapnya.

9.Otak juga perlu makan

Beberapa makanan dapat meningkatkan fungsi otak, misalnya seperti walnut (makanya sering disebut kacang otak), minyak kelapa, kunyit, blueberry, telur, brokoli, dan alpukat.

10.Bersosialisasi

Bercakap dengan orang lain sangat efektif untuk mencegah otak tumpul. Mengapa? Ketika berbincang, otak mulai mengirim dan menerima informasi. Selain itu, bertukar pikiran dengan orang lain juga bisa menambah wawasan.

Untuk yang pemalu dan tidak tahu harus bicara apa, mendekatlah pada teman yang supel. Contoh lain, saat perlu uang misalnya, jangan ke ATM, tapi pergilah menghadap teller.

11.Gunakan semua indera

Ada banyak aktivitas yang melibatkan semua indera manusia seperti bepergian, berkebun, mencatat hasil rapat, merawat anak selagi memasak, dll. Sewaktu belanja juga, jangan hanya raba buahnya, tapi cium aromanya dan jika mungkin, cicipi rasanya. Dengan bermultitasking seperti ini, tak hanya kepekaan yang bertambah, namun juga konsentrasi dan kemampuan membagi fokus.

About megsaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *