Pemula Harus Tahu Keuntungan Bisnis Waralaba

Keuntungan Bisnis Waralaba

Bisnis Franchise memudahkan pelakunya karena Anda tidak perlu membuat merek dan produk sendiri. Waralaba juga tidak membutuhkan modal yang begitu besar karena kini ada banyak jenisnya yang bisa dilakukan dengan modal kecil. Selain itu, apalagi keuntungan bisnis waralaba?

keuntungan bisnis waralaba

1. Manajemen Telah Terbangun

Waralaba bisa dikatakan sebagai bisnis instan karena manajemen dan uji coba merk sudah dilakukan sebelumnya oleh pemilik waralaba. Yang tinggal Anda lakukan adalah menerapkan manajemen dan strategi pemasaran di lokasi yang baru. Anda juga tidak perlu pusing mencari nama atau slogan yang menarik untuk bisnis karena semuanya sudah diatur oleh pusat.

2. Merk Sudah Dikenal

Keuntungan bisnis waralaba ini bisa dirasakan jika Anda membeli waralaba yang sudah terkenal di masyarakat. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat terhadap merek yang Anda jual. Melakukan pemasaran dan pengenalan merk merupakan hal yang melelahkan dan membosankan dalam suatu bisnis. Maka dari itu dengan menumpang reputasi merk waralaba, Anda tidak perlu lagi menghabiskan tenaga, pikiran, dan dana untuk memperkenalkan merk Anda kepada masyarakat.

3. Ketularan Reputasi Merk Waralaba

Maksudnya adalah Anda bisa bekerja sama dengan pihak-pihak yang sudah melakukan kerjasama dengan merk waralaba untuk ikut berinvestasi di bisnis Anda. Hal ini karena investor lebih suka ber investasi pada bisnis yang sudah mapan dan jelas manajemennya dibandingkan dengan bisnis yang masih baru belajar merangkak. Karena reputasi bisnis Anda mengikuti reputasi dari pusat, maka pilihlah waralaba yang memiliki reputasi bagus baik di mata masyarakat maupun investor dan supplier.

4. Risiko Kerugian Lebih Kecil

Karena menggunakan bahan baku, strategi pemasaran, dan manajemen yang sudah teruji oleh pemilik merk, maka usaha waralaba memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan dengan bisnis yang dimulai dari nol. Untuk menghindari kerugian, biasanya pihak pemilik akan memberikan pelatihan manajemen kepada para mitra yang sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.

Selain itu, pihak pemilik merk juga menyediakan kerjasama atau konsultasi bagi para mitra yang menghadapi kesulitan dalam menjalankan bisnis. Menurut hasil riset, usaha waralaba memiliki risiko kerugian sebesar 20-30% sementara untuk bisnis independen memiliki risiko kerugian sebesar 70-80%.

5. Support Penuh dari Pemilik Waralaba

Pemilik waralaba tidak akan melepas sama sekali setiap mitra yang membeli merknya. Hal ini dikarenakan semakin banyak yang membeli waralaba, semakin baik grafik penjualannya maka akan semakin baik keuntungan bisnis waralaba tersebut. Semakin baik sebuah merek maka nilainya akan semakin tinggi dan hal ini menguntungkan pemilik merk. Maka dari itu jangan takut untuk berbisnis waralaba karena pemilik siap untuk membimbing Anda dan membantu bisnis berjalan dengan baik.

Untuk memilih Franchise yang menguntungkan, tentukan dulu jenis waralaba yang Anda inginkan. Jenis minuman dan makanan adalah jenis waralaba yang paling banyak diminati dan paling berkembang. Pelajarilah lokasi yang Anda gunakan untuk bisnis apakah sudah ada bisnis serupa dan bagaimana target pasarnya. Sebelum membeli waralaba, pelajari risiko bisnis agar risiko kerugian bisa diminimalisir.

Apakah anda tertarik dengan keuntungan bisnis waralaba?

Artikel Terkait: