Wednesday , October 28 2020

6 Peluang Usaha yang Cocok dan Menjanjikan di Kampung

Peluang Usaha Menjanjikan di Kampung

 

Banyak orang yang beranggapan bahwa kota adalah tempat paling ideal untuk mencari rezeki. Ketersediaan lapangan kerja yang lebih beragam dan luas, serta daya beli masyarakat yang tinggi, menjadikan kota sebagai tujuan utama para pencari kerja. Baik itu untuk menjadi karyawan, maupun untuk membuka dan merintis usaha.

Padahal, jika kita bisa jeli, ada banyak peluang usaha yang potensial di kawasan pedesaan. Tinggal bagaimana Anda mempersiapkannya dengan baik, serta bekerja keras untuk mengembangkannya. Berikut beberapa peluang usaha di kampung yang bisa menjanjikan keuntungan:

1. Peluang Usaha di Bidang Pertanian

Mengingat ketersediaan lahan yang masih sangat luas, serta faktor lingkungan alam yang juga masih sangat mendukung, sektor pertanian adalah pilihan usaha paling potensial untuk diterapkan di kawasan pedesaan. Anda bisa menanami lahan-lahan tersebut dengan beragam jenis umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan. Jika Anda ingin memperoleh hasil yang lebih cepat, Anda bisa memilih menanam sayuran mengingat waktu panennya yang jauh lebih singkat dibandingkan buah-buahan.

Dan bagi Anda yang tidak memiliki lahan atau hanya memiliki lahan terbatas, Anda pun bisa bercocok tanam dengan model hidroponik. Tentunya, Anda harus terlebih dulu menguasai teknik bercocok tanam dengan model ini. Agar kualitas hasil bisa lebih terjamin dan lebih higienis.

Anda juga bisa menyewa lahan pertanian yang luas untuk beberapa tahun dan kemudian menanami lahan tersebut dengan produk pertanian yang dapat memberikan hasil besar. Jika dalam satu hektar lahan pertanian anda bisa memperoleh keuntungan sekian rupiah tentu dengan lahan yang lebih luas Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Memang dibutuhkan dana yang lebih banyak untuk mengelola lahan pertanian yang luas. Sebut saja untuk pengolahan lahan, kebutuhan pupuk, bibit,  obat pembasmi hama tanaman dll.

Untuk tenaga kerja Anda tidak perlu khawatir, karena di kampung banyak tenaga kerja yang sudah berpengalaman di bidang pertanian dengan upah yang relatif masih lebih rendah dibanding upah tenaga kerja di perkotaan.

2. Peluang Usaha di Bidang Peternakan

Selain di bidang pertanian, usaha yang juga potensial adalah di bidang peternakan. Anda bisa beternak unggas, seperti ayam dan bebek, atau budidaya ikan seperti lele, belut, atau yang lainnya.

Jika Anda tertarik untuk beternak ayam, Anda bisa memilih ayam petelur atau ayam potong. Keduanya sama-sama bisa Anda kelola, untuk kemudian disuplai guna mencukupi kebutuhan permintaan ayam di daerah perkotaan. Dalam pengelolaannya, Anda bisa menerapkan beberapa sistem ternak ayam, seperti kandang tipe postal, baterai, dan pekarangan.

Sementara jika Anda tertarik untuk beternak ikan, Anda bisa membudidayakannya dengan sistem kolam terpal. Kemudian, ikan-ikan ini bisa Anda pasarkan di kawasan pedesaan itu sendiri, atau untuk disuplai ke daerah-daerah lain termasuk juga ke kawasan perkotaan.

3. Peluang Usaha di Bidang Perniagaan

Meski masyarakat desa selama ini dikenal memiliki kemampuan daya beli yang rendah, namun bukan berarti mereka tidak melakukan transaksi jual-beli sama sekali. Tinggal bagaimana Anda mencari celah dari kebutuhan masyarakat yang potensial untuk dikembangkan menjadi usaha. Seperti misalnya, jika Anda ingin berkecimpung di dunia kuliner, Anda bisa membuka usaha pembuatan kue dengan sistem pre-order atau pemesanan.

Anda pun bisa membuka usaha dagang pada sektor pertanian dan peternakan, dengan menyediakan segala kebutuhan sektor-sektor tersebut. Seperti kebutuhan akan bibit, pupuk, obat hama, pakan ternak, dan lain sebagainya. Tentunya, kehadiran toko-toko ini tidak saja akan menguntungkan Anda sebagai pemilik usaha, namun juga akan sangat memudahkan para petani dan peternak untuk memenuhi kebutuhan usahanya. Mereka tidak perlu lagi mencari kebutuhan-kebutuhan tersebut hingga ke kota.

Pilihan lain, Anda juga bisa membuka usaha dengan berjualan kebutuhan sehari-hari yang kemudian lazim disebut dengan toko kelontong. Dan di tengah perkembangan dunia digital dan teknologi informasi komunikasi, Anda pun bisa membuka toko penjualan pulsa, paket internet, dan token listrik.

Usaha menjadi pengepul hasil pertanian dan peternakan mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki jiwa berdagang dan mempunyai modal yang cukup besar. Selisih harga di kampung dan di kota akan memberikan keuntungan yang besar bagi orang yang menjalankan bisnis ini.

Biasanya para pedagang akan membeli hasil-hasil pertanian dan peternakan yang akan diolah terlebih dahulu agar memberikan nilai tambah. Kemudian mereka akan menyimpannya di dalam gudang. Jika harga barang-barang di tempat lain mengalami kenaikan atau memberikan keuntungan, maka para pengepul akan menjual barang yang mereka simpan tersebut.

Hasil pertanian yang tidak tahan lama seperti sayur mayur biasanya akan langsung dijual ke pasar agar cepat laku dan tidak membusuk. Biasanya para pengepul sudah mempunyai pelanggan di pasar, dan mereka hanya mengantarkan saja sayuran tersebut ke pelanggan mereka.

Hasil pertanian dan peternakan yang bisa di simpan lama seperti: Beras, jagung, kopi, kedelai, telur dll, bisa disimpan terlebih dahulu dengan cara khusus agar tahan lama. Dan jika harga dipasaran membaik, maka para pengepul akan melepas barang kepasar dengan selisih harga yang dapat memberikan mereka keuntungan.

Untuk kelancaran usahnya pengepul harus memiliki:

  1. Modal Besar: Gaji karyawan, Membeli hasil pertanian/peternakan, biaya bahan bakar dll.
  2. Gudang: Menyimpan hasil pertanian dan peternakan.
  3. Mesin: Pengeringan, pengolahan dll.
  4. Transportasi (Pickup, Truck): Untuk mengirim barang ke konsumen.

4. Peluang Usaha di Bidang Pendidikan

Jika Anda memiliki kemampuan akademik yang baik, Anda juga bisa memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk membuka usaha bimbingan belajar. Mengingat hingga saat ini keberadaan bimbingan belajar masih terpusat di kawasan perkotaan. Karena keterbatasan inilah, membuka usaha di bidang pendidikan menjadi sangat potensial.

Untuk membuka usaha ini pun, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan kemampuan Anda, dan dengan ketersediaan tempat untuk anak-anak bisa belajar. Di awal, Anda bisa memanfaatkan ruangan yang ada di rumah, seperti teras atau ruang tamu, dengan Anda yang berperan sebagai tutor. Kemudian, setelah berkembang, Anda bisa memperluas usaha ini dengan merekrut tutor-tutor tambahan dan menyediakan tempat belajar yang lebih luas dan kondusif.

Tentunya, selain untuk kepentingan komersil, usaha di bidang ini juga sangat bermanfaat karena Anda bisa mengamalkan ilmu yang Anda miliki.

5. Peluang Usaha di Bidang Jasa

Siapa bilang di desa tidak cocok mengembangkan usaha jasa? Bagaimanapun, masyarakat desa –seguyub apapun– tetap membutuhkan bantuan jasa orang lain untuk memenuhi keperluannya. Hanya saja, Anda memang harus menyesuaikan pilihan usaha jasa tersebut dengan kebutuhan dan keperluan masyarakat pedesaan. Misalnya, dengan membuka jasa penyewaan  di bidang usaha pertanian. Anda bisa menyewakan alat-alat pertanian, seperti mesin pembajak sawah, traktor, mesin pemanen padi, pemotong kayu, gilingan padi, mobil angkut, dan lain sebagainya. Tentunya, alat-alat tersebut akan sangat dibutuhkan oleh para petani ketika musim-musim tertentu.

6. Bisnis Online

Sekarang sudah jamannya internet, semua orang di penjuru dunia bisa terhubung dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Ini adalah peluang bagi Anda yang tinggal di kampung. Karena Anda mempunyai banyak waktu yang luang yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Online.

Jangan beranggapan bahwa bisnis online itu sulit dipelajari. Sekarang sudah sangat gampang mempelajari semua hal di internet.

Anda bisa menjadi seorang blogger dan menulis di Blog Anda tentang cara beternak bebek, cara menanam jagung, dan sangat banyak artikel yang bisa Anda tulis di blog Anda tentang usaha di kampung. Kemudian Anda daftarkan blog Anda ke Google Adsense untuk di pasang iklan, dan Anda akan mendapatkan penghasilan yang lumayan dari iklan dengan hanya duduk dan menulis di depan komputer.

Atau Anda bisa juga membuat toko online sendiri dengan memasarkan hasil-hasil pertanian dan peternakan di kampung Anda yang memiliki keunggulan dan harga yang murah.

Bisnis Online di Marketpalce

Kalau yang ini sangat mudah dijalankan dan cukup menjanjikan untuk memasarkan usaha Anda di kampung. Anda tinggal mendaftar sebagai keanggotaan di marketplace besar di Indonesia ini, Gratis dan mudah. Anda hanya mengunggah foto hasil-hasil pertanian/peternakan di akun anda dan memasarkannya di marketplace tersebut. Contoh Marketplace terpercaya di Indonesia adalah Tokopedia dan elevenia, dan masih banyak lagi daftar Marketplace di indonesia maupun di luar negeri yang bisa Anda coba.

Nah, itulah beberapa peluang usaha di kampung yang menjanjikan untuk diterapkan.