Wisata Negara Chile (Chili, Cili)

Ibu Kota: Santiago, Luas Wilayah: 756.096 km2, Jumlah Penduduk 2017:17,5 Juta jiwa.

Jarak Jakarta (Indonesia) ke Santiago (Chile) : 15.617 km (9.704 mil).

Bandara Soekarno Hatta (Tangerang) ke Bandara Comodoro Arturo Merino Benítez International Airport (Santiago).

Hotel

Jumlah Hotel mencapai lebih dari 22.500 di Kota Santiago.

Berikut Adalah Beberapa Hotel Bintang 5 di Negara Chile:

  1. Spa & Spa Hotel Termas de Puyehue di Puyehue.
  2. Hotel Gavina di Iquique.
  3. Hotel Kennedy di Santiago.
  4. Hotel Desierto di Antofagasta.
  5. Hotel del Mar di Viña del Mar.
  6. Hotel Regal Pacific di Santiago.
  7. Hotel Patagónico di Puerto Varas.
  8. Hotel Plaza San Francisco di Santiago.
  9. Hotel Santa Cruz Plaza di Santa Cruz.
  10. Hotel Cumbres Patagónicas di Puerto Varas.

 

Jumlah Wisatawan dan Devisa

Sejak pertengahan 1990-an, pariwisata di Chile telah menjadi salah satu sumber pendapatan utama bagi negara ini, terutama di daerah-daerahnya yang paling ekstrem karena mempunyai pemandangan yang luar biasa.

Pada tahun 2005, sektor ini tumbuh sebesar 13,6%, menghasilkan lebih dari US $ 500 juta, setara dengan 1,3% dari PDB nasional.

Menurut Organisasi Pariwisata Dunia (WTO), Chile adalah tujuan paling populer no 8 bagi wisatawan asing di Amerika pada tahun 2010:

  1. Amerika Serikat.
  2. Meksiko.
  3. Kanada.
  4. Argentina.
  5. Brasil.
  6. Republik Dominika.
  7. Puerto Rico.
  8. Chile.

Tahun itu, 2.766.000 turis memasuki negara itu, menghasilkan pendapatan US $ 1.636 juta. Mayoritas pengunjung ini berasal dari negara-negara Amerika, terutama Argentina; Namun, pertumbuhan terbesar dalam beberapa tahun terakhir adalah pengunjung dari Eropa, terutama dari Jerman.

Pada 2017, rekor total 6.449.993 wisatawan internasional mengunjungi Chile, naik 13,3% dari 2016. Argentina tetap menjadi negara asal yang paling umum, diikuti oleh Brasil. Turis Eropa berada di urutan ketiga dalam hal jumlah total.

Turis rata-rata tinggal selama 10 malam. Pemerintah Chile menghubungkan kenaikan pariwisata dengan “kampanye promosi, pengembangan produk baru dan tujuan wisata dan diversifikasi pengalaman yang diperbarui.”  Chile diakui sebagai Perjalanan Petualangan Terbaik di Dunia pada tahun 2017 oleh World Travel Awards, mengandalkan kelimpahan tempat wisata alam dan eko-wisata.

Pariwisata untuk tahun 2018 diproyeksikan akan melanjutkan peningkatan pengunjung, dengan lebih dari 7 juta wisatawan internasional diperkirakan melakukan perjalanan ke Chile.

Buku panduan online Lonely Planet telah mendaftarkan Chile sebagai tujuan nomor satu untuk dikunjungi pada tahun 2018. Lonely Planet menekankan untuk mengunjungi kota Valparaiso, Gurun Atacama utara, dan Patagonia di selatan.

Tinjauan Geografis

Terletak bagian barat daya Amerika Selatan, Chile dibagi menjadi tiga wilayah geografis:

1. Chili Kontinental terdiri dari wilayah yang panjang dan sempit di pantai barat Southern Cone dan Kepulauan Diego Ramírez. Sebagian besar dari pantai tenggara pulau. Samudra Pasifik ke Andes, sepanjang 4.270 km.

2. Insular Chile terkait dengan satu set pulau asal vulkanik di Samudra Pasifik Selatan: kepulauan Juan Fernández dan Kepulauan Desventuradas, milik Amerika Selatan, Pulau Salas y Gómez dan Pulau Paskah, secara geografis terletak di Polinesia.

3. Wilayah Antartika Chili, adalah area Antartika di mana Chile mengklaim kedaulatan, memperluas batas selatannya ke Kutub Selatan. Karena kehadirannya di Amerika, Oceania, dan Antartika, Chili menggambarkan dirinya sebagai negara tricontinental.

Daya tarik utama Chile adalah pantai sepanjang 6.435 km, resor ski Andes, pegunungan dan gunung berapi, dan pulau-pulau dan kepulauan, termasuk Pulau Paskah.

Negara ini memiliki 14 monumen alam, 36 Taman Nasional, 10 cagar biosfer, 52 cagar alam, 39 suaka Alam, dan 12 lahan basah Ramsar, terutama di bagian ekstrim negara itu.

Cenderamata yang dapat dibeli di Chili termasuk anggur, etsa tembaga, ukiran kayu, dan tekstil.

Norte Grande

Gurun Atacama, gurun paling kering di dunia dipilih pada Oktober 2014 oleh Lonely Planet untuk menjadi salah satu dari 10 kawasan wisata terbaik di tahun 2015.

Gurun, yang telah dihuni selama beberapa ribu tahun, membentuk bagian utama dari Norte Grande. Segudang geoglyph, petroglyph, dan pictographs membuktikan keberadaan budaya kuno di daerah tersebut. Di antara yang paling luar biasa adalah Lembah Azapa, Lembah Lluta, Raksasa Atacama dan Pintados Geoglyphs, yang terakhir ini dilindungi di dalam Cagar Nasional Pampa del Tamarugal.

RP Gustavo Le Paige Museum Arkeologi dan Museum Arkeologi San Miguel de Azapa adalah rumah bagi koleksi artefak dan mumi terpenting di Chile, termasuk mumi Chinchorro yang terkenal, mumi tertua di dunia, dari budaya Chinchorro yang terkubur antara 5000 dan 1700. C. Kekeringan ekstrem Atacama telah menjadi faktor kunci dalam pelestarian sisa-sisa arkeologis tersebut.

Deposit tembaga Chuquicamata menawarkan tambang terbuka terbesar di dunia dan sisa-sisa ekstraksi yang dibuat dari 12.000 dan 10.000 tahun yang lalu di tambang besi oksida, tambang tertua di benua.

Arica adalah kota pantai dengan pantai-pantai yang indah dan juga merupakan titik awal bagi para pelancong yang menuju ke timur ke Putre untuk menikmati lanskap Puna yang megah di Taman Nasional Lauca. Di selatan dari Lauca, Taman Nasional Volcán Isluga mencakup situs upacara untuk orang-orang Aymara.

Di pedalaman dari Iquique, pampas terpencil adalah rumah bagi beberapa kota dan desa yang tersebar. Di antara mereka, yang paling menarik adalah kota hantu Humberstone, dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Di daerah ini hutan tamarugo di Pampa del Tamarugal memecah monoton lanskap yang tandus.

Altiplano Norte Grande memiliki beragam pemandangan alam termasuk dataran garam, gunung berapi, danau, dan geyser.

San Pedro de Atacama dan daerah sekitarnya menawarkan salah satu kombinasi arkeologi dan pemandangan alam yang menakjubkan. San Pedro adalah tempat lahirnya Budaya Atacameño. Desa-desa dengan masa lalu budaya yang menarik adalah Caspana, Toconao, Socaire dan Chiu Chiu.

Terkemuka juga benteng pra-Hispanik Quitor, Lasana dan Turi. Antofagasta adalah kota terbesar di Norte Grande. La Portada, lengkungan alami yang memukau, berlokasi dekat dengan hotel dari Antofagasta.

Taman Nasional Pan de Azúcar adalah taman tempat laut dan gurun bertemu.

Juga, ada lebih dari selusin fasilitas astronomi, termasuk observatorium optik dan observatorium radio. Di antara yang lain, yang paling penting adalah: Paranal (VLT), pada ketinggian 2635 meter di atas permukaan laut, adalah observatorium astronomi yang paling maju dan kuat di dunia. ALMA (Atacama Large Millimeter Array), hingga saat ini merupakan proyek astronomi terbesar di dunia; dan La Silla, semuanya bergantung pada ESO (European Southern Observatory).

Di daerah ini dapat dilihat gurun berbunga, sebuah fenomena yang terjadi antara bulan September dan November dengan curah hujan normal di padang pasir. Di ujung Norte Grande, dekat Putre, adalah Danau Chungara, salah satu danau tertinggi di dunia pada 4.500 m di atas permukaan laut, dan gunung berapi Parinacota. San Pedro de Atacama sering dikunjungi oleh wisatawan asing yang pergi untuk menghargai arsitektur kota, danau dataran tinggi, dan Lembah Bulan, dinamakan demikian karena bentang alamnya menyerupai bulan.

Resor pantai Norte Grande, seperti Arica, Iquique, Antofagasta, melihat peningkatan pariwisata nasional selama bulan-bulan musim panas.

Norte Chico

Andes of Norte Chico adalah tempat bagi banyak gunung berapi tertinggi di dunia, puncaknya adalah Ojos del Salado, gunung berapi aktif tertinggi di dunia pada ketinggian 6.890 meter dan puncak tertinggi di Chili. Ini juga merupakan puncak tertinggi kedua di belahan bumi Selatan dan Barat.  Terlepas dari Ojos del Salado dan gunung berapi lainnya, atraksi di bagian Andes ini termasuk Taman Nasional Nevado Tres Cruces dan Laguna Verde.

Norte Chico menawarkan beberapa pantai terbaik dan resor pantai eksklusif di negara ini, seperti Bahía Inglesa dan La Serena, dan Coquimbo. Ini juga melihat peningkatan pariwisata nasional selama bulan-bulan musim panas.

Langit yang jelas dari Norte Chico dan infrastrukturnya yang terkenal di dunia telah menjadikannya ideal untuk pariwisata astronomi.

Lembah Elqui adalah tujuan yang sangat populer. Pada Januari 2015, bagian perjalanan The New York Times mengatakan Lembah Elqui sebagai tempat ke 5 dari 52 tempat yang harus dikunjungi pada 2015. Di sini, hijau menyilaukan dari lantai lembah sangat kontras dengan lereng coklat tandus pegunungan yang mengapitnya.

Juga ditemukan di dalam Norte Chico adalah Lapangan Geyser El Tatio, bidang geyser terbesar di Belahan Selatan dan terbesar ketiga di dunia.

Sinkretisme antara tradisi Aymara dan Katolik telah menghasilkan festival dan tradisi keagamaan, seperti yang didedikasikan untuk Virgen del Carmen di La Tirana dan Perawan Andacollo, dan karnaval. Chino Baile, salah satu manifestasi dari semangat keagamaan, dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh UNESCO pada 2014.

Zona Central

Daerah ini adalah rumah bagi resor ski utama di Chile, yang menarik banyak wisatawan dari belahan bumi utara karena musim Ski Alpine terbalik. Mereka adalah Chapa Verde, Portillo, Valle Nevado dan Termas de Chillán. Selain itu, pariwisata Wine adalah umum di Zona Central, dan Rute Anggur di Casablanca, Cachapoal dan lembah Colchagua adalah beberapa yang terbaik di Chile.

Terlepas dari ibu kota nasional itu sendiri dan banyak objek wisata, wilayah metropolitan yang mengelilingi Santiago mencakup beberapa objek wisata seperti Cajón del Maipo, Pomaire, dan beberapa kebun anggur tertua di negara ini, serta berbagai situs arkeologi.

Karena kedekatannya dengan ibukota, pantai Wilayah Valparaiso memiliki jumlah wisatawan terbesar selama bulan-bulan musim panas, terutama di pantai pusat dan di Viña del Mar. Kota terakhir dianggap sebagai ibu kota wisata Chile terima kasih ke tiga belas pantainya, berbagai pusat hiburannya, salah satu kasino utama di negara ini, dan Festival Lagu Internasional Viña del Mar, festival terbesar dan paling terkenal di Amerika Latin.

Valparaíso adalah kota yang indah, berbentuk amfiteater, yang kawasan bersejarahnya telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia.

Santiago, ibukota dan pusat kota utama Chile, rumah bagi banyak situs bersejarah dan warisan. Di dalam Greater Santiago, ada 174 situs warisan di bawah pengawasan Dewan Monumen Nasional (CMN), di antaranya adalah monumen arkeologi, arsitektur dan sejarah, di samping area khas atau indah. Dari jumlah tersebut, 93 terletak di komune Santiago, dianggap sebagai pusat bersejarah kota Meskipun tidak ada monumen Santiagan yang bahkan dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO, tiga telah diusulkan oleh pemerintah Chile: tempat perlindungan Inca cerro El Plomo , gereja dan biara San Francisco dan Istana La Moneda.

Sementara itu, pada Juni 2012, majalah National Geographic mendaftarkan Pasar Sentral Santiago sebagai yang kelima dari sepuluh yang terbaik di dunia. Pada Januari 2011, bagian perjalanan The New York Times mendaftarkan kota Santiago sebagai yang pertama dari 41 tempat yang harus dikunjungi tahun itu, sementara TripAdvisor menganggapnya sebagai tujuan terbaik keenam Amerika Selatan pada 2012.

Wilayah O’Higgins, selatan Santiago, dikenal sebagai “negara Huaso” karena budaya pedesaan criollo-nya. Pichilemu, di Wilayah O’Higgins, terkenal memiliki pantai terbaik untuk Berselancar di Chili, jika bukan dunia. Situs wisata lainnya di wilayah O’Higgins termasuk kota Rancagua yang secara historis penting, dan cagar alam Rio de los Cipreses.

Lebih jauh, di wilayah negara ini adalah El Teniente, tambang tembaga paling bawah tanah di dunia, dan kota pertambangan Sewell, dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2006.

Lebih jauh ke selatan di wilayah Maule dan Bio Bio adalah Cagar Nasional Radal Siete Tazas dan Taman Nasional Laguna del Laja.

Zona Sur

Wilayah Araucanía adalah jantung dari orang-orang Mapuche. Daerah ini menunjukkan pengembangan pariwisata Pribumi yang baru mulai, di berbagai sektor. di daerah pesisir Araucania pariwisata Etnologi dikembangkan di tepi Danau Mapuche Budi.

Chile Patagonia, sirkuit Tujuh Danau dan berbagai taman nasional seperti Conguillío, Vicente Pérez Rosales, yang tertua di Chili dan paling banyak dikunjungi di negara ini pada tahun 2011; Taman Nasional Puyehue adalah salah satunya.

Sektor Andean di Araucania, menyoroti taman nasional yang besar, seperti Taman Nasional Conguillio, hutan araucarias, Taman Nasional Villarrica, Taman Nasional huerquehue, Taman Nasional Tolhuaca selain cadangan nasional seperti Cagar Nasional Alto Biobio, Cagar Nasional Malalcahuello, Cagar Nasional Nalcas, Cagar Nasional Nalcas , Cagar Nasional Malleco, Cagar Nasional Muerta Cina.

Ibukota Araucania adalah Temuco, kota dengan layanan berbeda, hotel, sirkuit wisata, bandara, pasar, dan sektor simbolik dan bersejarah, Monumen Alam Cerro elolielol adalah ikon kota ini, dan titik pariwisata paling penting.

Valdivia adalah salah satu kota Chili yang paling indah, pengakuan yang diterima terutama karena alam sekitarnya yang subur. Di sebelah selatan kota terletak Sistem Benteng Valdivian kolonial.

Juga di daerah negara ini adalah Danau O’Higgins, danau terdalam di Amerika dan kelima di dunia dengan 836 meter; Di sisi lain, beberapa penelitian telah menemukan sisa-sisa arkeologis tertua di benua Chile saat ini. wilayah di Monte Verde, Wilayah Los Lagos, sekitar 14.800 SM, di ujung Paleolitik Muda, menjadikannya pemukiman manusia pertama yang diketahui di Amerika.

Distrik Danau ditandai oleh danau piedmont yang dimahkotai oleh gunung berapi berselimut salju, yang bagian bawahnya ditutupi dengan hutan rimbun dari pohon-pohon asli. Kota dan desa resor danau yang indah memenuhi tepi danau, terutama Pucón, Villarrica, Frutillar, dan Puerto Varas. Puerto Montt adalah pusat wisata di wilayah ini; dua di antaranya, dianggap sebagai destinasi terbaik di Amerika Selatan pada 2012 oleh situs pariwisata khusus TripAdvisor.

Kerucut Gunung Berapi Osorno yang hampir sempurna adalah tengara ikonik di wilayah ini, demikian pula Gunung Berapi Villarrica, yang merupakan salah satu dari sedikit gunung berapi di dunia yang memiliki danau Lava aktif.

Sebagai bonus tambahan, zona ini mencakup kubah granit di Lembah Cochamo.

Zona Austral

Zona Austral adalah tujuan utama untuk perjalanan Ekoturisme dan Petualangan. Ini fitur pulau dan pulau yang tak terhitung jumlahnya, sebuah labirin fjord dan saluran sisi curam, gletser besar dan lapangan es dan hutan hujan sedang hangat bersemangat. Sungai-sungai yang bergejolak turun dari Andes, yang merupakan Sungai Futaleufú, yang secara luas dianggap sebagai salah satu sungai paling menantang di dunia untuk kayak dan arung jeram. Peluang lain untuk rekreasi di luar ruangan, termasuk hiking, bersepeda, kayak laut, dan memancing.

Chiloé ditandai dengan memiliki pedesaan hijau yang bergulir, tetapi lebih dikenal dengan arsitektur kayunya yang khas dan budayanya, yang penuh dengan mitos dan tradisi. Juga luar biasa hutan hujannya yang sedang.

Carretera Austral yang indah melintasi atau dekat dengan banyak tujuan paling populer di bagian Chili ini. Itu termasuk Taman Pumalín, Danau Yelcho, Taman Nasional Queulat, Cagar Nasional Cerro Castillo, Danau General Carrera dan Caleta Tortel.

Taman Nasional Laguna San Rafael adalah satu-satunya taman di mana pengunjung dapat merenungkan pada saat yang sama gletser besar Patagonia dan keanekaragaman tanaman yang kaya dari Ekoregion Valdivian.

Torres del Paine terpilih sebagai keajaiban kedelapan dunia pada tahun 2013; salah satu taman nasional paling indah di dunia.

Di bidang es, Gletser Pío XI (atau Brugen), gletser terpanjang di belahan bumi selatan di luar Antartika, dan salah satu dari sedikit gletser yang maju di dunia; dan Puerto Williams, kota paling selatan di dunia.

Gletser Cordillera Darwin yang luas, yang terkandung dalam Taman Nasional Alberto de Agostini, hanya dapat dicapai dengan perahu. Tujuan khas lainnya adalah Puerto Williams dan Cape Horn.

Chile Picik

Pulau Paskah-Rapa Nui lukisan Tangata Manu (Birdmen) Frigate Birds di “gua para maneaters”
Di tengah Samudera Pasifik, Pulau Paskah, terkenal di dunia karena warisan budaya dan alamnya yang unik. Secara tradisional disebut Rapa Nui dan sebelumnya dikenal sebagai Te pito o te henua (“Pusar dunia”) dan Mata ki te rangi (‘mata memandang ke langit’), ini adalah salah satu tujuan wisata utama di Chile karena sifatnya pemandangan alam dan budaya kuno misterius orang Rapa Nui yang sejak dahulu kala, berkembang sepenuhnya terisolasi selama berabad-abad hingga hampir punah pada pertengahan abad ke-19.

Fitur yang paling menonjol adalah lebih dari 1.000 patung besar dan misterius yang dikenal sebagai moai, yang telah diselimuti misteri sejak penemuan mereka. Untuk melestarikan karakteristik ini, pemerintah telah menunjuk, melalui National Forestry Corporation (CONAF), pulau itu sebagai Taman Nasional Rapa Nui, sementara UNESCO menyatakan taman ini sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1995. Dinamai Pulau Paskah karena ditemukan pada hari Minggu Paskah pada tahun 1722.

Di antara kegiatan yang dapat dilakukan di Rapa Nui adalah kunjungan dan tur yang berbeda, mengunjungi pasar kerajinan, Museum Antropologi Padre Sebastián Englert, pusat upacara Tahai, tambang Puna Pau dan Rano Raraku, mengunjungi berbagai ahus di pantai. Anakena dan Ovahe, melihat situs arkeologi Orongo, menyaksikan pertunjukan dengan musik dan tarian pulau, dan festival tahunan Tapati Rapa Nui, kegiatan seni dan budaya utama pulau itu, di mana serangkaian upacara dan tradisi dilakukan.

Kepulauan Juan Fernández juga terkenal dengan hutan dan flora endemiknya, yang dibentuk oleh pulau Robinson Crusoe, Santa Clara dan Alexander Selkirk. Asal geologis pulau-pulau ini adalah gunung berapi dan cuaca subtropisnya hujan. Kegiatan yang dapat dilakukan bervariasi, di antaranya hiking, menunggang kuda, snorkeling, spearfishing, memancing, dan pengamatan flora dan fauna, yang sebagian besar endemik.

Kepulauan Juan Fernández juga dikenal karena dihuni oleh Alexander Selkirk, orang yang menginspirasi novel Robinson Crusoe. Pulau-pulau itu sebelumnya bernama Pulau Mas Afuera, dan Pulau Mas Tierra, tetapi pada tahun 1966 pemerintah Chili mengganti nama Pulau Afasera menjadi Pulau Alejandro Selkirk dan Pulau Tierra ke Pulau Robinson Crusoe, untuk mempromosikan pariwisata. Kebetulan, Selkirk tidak pernah menginjakkan kaki di Pulau Alejandro Selkirk, hanya di Pulau Robinson Crusoe. Kepulauan ini dapat diakses melalui jalur udara dan laut.

 

Wisata Musim Dingin

Di Chile dari Juni hingga September memungkinkan untuk berlatih Olahraga Musim Dingin, terutama bermain ski dan seluncur salju Selama Andes, antara wilayah Valparaíso dan Magallanes dan Antartika Chile, ada delapan belas resor ski berkualitas internasional, seperti Portillo , resor ski tertua di Amerika Selatan dan rumah bagi Kejuaraan Ski Dunia Alpine FIS 1966, dan Valle Nevado, yang memiliki salah satu area ski terbesar di Amerika Selatan.

 

Situs Warisan Dunia di Chile

Sebagai bagian dari warisan budaya Chile, ada bangunan, objek dan situs arkeologi, alam, arsitektur, kerajinan tangan, artistik, etnografi, rakyat, sejarah, agama atau teknologi yang tersebar di seluruh wilayah Chile. Diantaranya adalah aset-aset yang dinyatakan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO, sesuai dengan ketentuan Konvensi Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia, pada tahun 1972, diratifikasi oleh Chile pada tahun 1980. Situs budaya ini adalah:

  1. Rapa Nui National Park. (Taman Nasional Rapa Nui adalah taman nasional dan Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Pulau Paskah, Chili. Pulau ini terletak di Samudra Pasifik tenggara, di ujung tenggara Segitiga Polinesia. Ketenaran dan status Warisan Dunia muncul dari 887 patung batu yang masih ada yang dikenal dengan nama “moai”, yang ciptaannya dikaitkan dengan orang-orang Rapa Nui awal yang menghuni pulau itu sekitar 300 Masehi. Taman Nasional Rapa Nui yang, pada 22 Maret 1996, UNESCO menetapkan Situs Warisan Dunia dengan kriteria budaya).
  2. Churches of Chiloé (Gereja Chiloé di Kepulauan Chiloé Chili adalah fenomena arsitektur unik di Amerika, dan salah satu gaya arsitektur Chilota yang paling menonjol. Tidak seperti arsitektur kolonial Spanyol klasik, gereja-gereja Chiloé seluruhnya terbuat dari kayu asli dengan penggunaan sirap kayu yang ekstensif. Dibangun pada abad ke-18 dan 19 ketika Kepulauan Chiloé masih menjadi bagian dari harta Kerajaan Spanyol. Gereja Chiloé ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2000).
  3. Valparaíso adalah kota besar, pelabuhan laut, dan pusat pendidikan di komune Valparaíso, Chili. “Greater Valparaíso” adalah area metropolitan terbesar ketiga di negara ini. Valparaíso terletak sekitar 120 kilometer (75 mil) barat laut Santiago melalui jalan darat dan merupakan salah satu pelabuhan paling penting di Pasifik Selatan. Valparaíso adalah ibu kota wilayah administrasi terpadat kedua Chili dan telah menjadi markas untuk Kongres Nasional Chili sejak 1990. Kota ini mencontohkan budaya Chili, dengan festival setiap tahun, dan seniman jalanan dan musisi. Pada tahun 2003, kuartal bersejarah Valparaíso dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO).
  4. Humberstone and Santa Laura Saltpeter Works (Humberstone dan Santa Laura Saltpeter Works adalah dua bekas kilang saltpeter yang berlokasi di Chili utara. Dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.
  5. Sewell Mining Town (Adalah kota pertambangan Chile yang tidak berpenghuni yang terletak di lereng Andes di komune Machali di Provinsi Cachapoal, Libertador General Bernardo O’Higgins Region, di ketinggian antara 2.000 dan 2.250 meter. Pada tahun 1998 Pemerintah Chili menyatakan Sewell sebagai Monumen Nasional. UNESCO menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 2006).

 

Tujuan Pelancong Etis

Chile telah dimasukkan dalam daftar 2010, 2011 dan 2012 dari “10 Destinasi Etika Terbaik Dunia yang Berkembang.” Ini adalah peringkat tahunan yang diproduksi oleh majalah Ethical Traveler, yang didasarkan pada studi negara-negara berkembang dari seluruh dunia untuk mengidentifikasi tujuan wisata terbaik di antara mereka. Pembandingan ini menggunakan kategori seperti perlindungan lingkungan, kesejahteraan sosial, dan hak asasi manusia.

Proyek Turis

Dalam proyek Bicentennial, Layanan Pariwisata Nasional (Sernatur), sebuah entitas dependen dari Kementerian Ekonomi, Pengembangan dan Pariwisata, meluncurkan pada tahun 2011 sirkuit pertama dari proyek wisata “Rutas Chile”, yang bertujuan untuk membawa “unsur-unsur yang lebih khas dalam masalah geografis, budaya, warisan dan pariwisata memadukan elemen fundamental identitas nasional, kehadiran produk wisata unggulan dan keberadaan struktur jalan.  Rute wisata ini mencakup lima belas wilayah Chile dan dibentuk sesuai dengan tema utama, yang ditentukan oleh konten yang tersedia di sepanjang rute.

Dalam tabel di bawah ini dinamai sebelas sirkuit wisata dan wilayah yang sesuai Chile, dalam kode ISO.

 

Kawasan di Chile yang Dilindungi

Kawasan lindung Chile adalah daerah yang memiliki keindahan alam atau nilai sejarah signifikan yang dilindungi oleh pemerintah Chile.

Kawasan lindung ini mencakup lebih dari 140.000 km2 (54.054 mil mi), yang merupakan 19% dari wilayah Chile. Sistem Nasional Kawasan Liar yang Dilindungi (SNASPE dengan akronim Spanyolnya) dikelola oleh National Forest Corporation (CONAF).

Arica and Parinacota Region

1. Las Vicuñas National Reserve

Cagar Alam Las Vicuñas terletak di Provinsi Parinacota, Wilayah Arica y Parinacota, Chile. Cagar ini terletak tepat di selatan Taman Nasional Lauca dan di bagian selatannya berdekatan dengan Monumen Alam Salar de Surire, yang semuanya membentuk Cagar Biosfer Lauca. Ketinggian utama adalah Arintika dan Pukintika.

Ekosistem Puna ini melestarikan satwa liar dataran tinggi, termasuk Vicuñas, yang namanya dijadikan nama cagar ini.

Sebagian besar cadangan terdiri dari stepa Andean luas yang dipotong oleh sungai dan quebradas, menjadi Sungai Lauca yang utama. Vegetasi yang khas meliputi formasi pajonal, tolar, dan llaretal. Di beberapa daerah dimungkinkan untuk menemukan spesimen Polylepis tarapacana.

2. Lauca National Park

Taman Nasional Lauca terletak di ujung utara Chili, di jajaran Andean. Ini mencakup area seluas 1.379 km2 altiplano dan pegunungan, yang terakhir terutama terdiri dari gunung berapi besar. Kedua kawasan lindung, bersama dengan Monumen Alam Salar de Surire, membentuk Cagar Biosfer Lauca. Taman ini berbatasan dengan Taman Nasional Sajama di Bolivia.

3. Salar de Surire Natural Monument

Monumen Alam Salar de Surire adalah Monumen Alami Chili yang terletak di Andes, di Wilayah Arica y Parinacota. Ini terdiri terutama dari sebuah flat garam dan sejumlah danau garam kecil, melindungi beberapa spesies satwa liar dan tanaman Andes. Gunung berapi Arintica menjulang di atas dataran garam.

Kawasan lindung, bersama dengan Taman Nasional Lauca dan Cagar Nasional Las Vicuñas, ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO pada tahun 1981, yang disebut Lauca.

Tarapacá Region

1. Pampa del Tamarugal National Reserve

Cagar Nasional Pampa del Tamarugal adalah cagar alam di wilayah Tarapacá Chili utara yang terletak di Pampa del Tamarugal, sekitar 70 km (43 mil) di timur Iquique. Adalah hutan buatan dari genus Prosopis (terutama Prosopis tamarugo), yang ditemukan di tengah gurun yang tidak berair, dan geoglyph Pintados. Total area yang dilindungi mencapai lebih dari 102.264 hektar.

2. Volcán Isluga National Park

Taman Nasional Volcán Isluga terletak di Andes, di Wilayah Tarapacá di Chili, dekat Colchane dan selatan Cagar Biosfer Lauca. Ini mencakup 1.747 kilometer persegi, dengan ketinggian berkisar antara 2.100 dan 5.550 meter.

Ada banyak puncak di taman nasional. Yang paling menonjol meliputi Bukit Qinsachata (5.400 m), Bukit Tatajachura (5.252 m), Gunung Api Isluga (5.218 m) dan Catarama (5.207 m).

Taman ini memiliki flora biasa yang tumbuh di ketinggian tinggi. Banyak spesies kaktus dan queñoa asli dari taman ini.

Taman ini mencakup warisan budaya masyarakat Aymara. Ada beberapa kota seremonial di dalam taman, seperti Isluga.

 

Antofagasta Region

1. Alto Loa National Reserve

Cagar Nasional Alto Loa adalah Kawasan Lindung yang terletak di provinsi El Loa, wilayah Antofagasta, Chile. Diumumkan pada tahun 2002 dan dibuat pada tahun 2005, itu adalah cagar alam terbesar Chile.

Alto Loa terletak di ketinggian 3000 meter antara komune Ollagüe dan Calama, 215 kilometer timur laut Antofagasta. Luas total permukaan cadangan adalah sekitar 300.000 hektar, menjadikannya cadangan alami terbesar di Chile. Iklimnya gersang, dengan curah hujan hanya 3mm per tahun dan suhu maksimum 25.5C dan minimum 17.1C. Tujuan utama dari cagar ini adalah untuk melindungi sumber Sungai Loa (ketinggian 4.277 m), dan spesies hewan dan tumbuhan yang bergantung pada ekosistem sungai di daerah iklim gurun. Di antara spesies hewan dapat ditemukan, Guanaco, Condor, Viscacha dan Cougar. spesies tumbuhan termasuk Tabaquillo atau Queñoa (Polylepis australis) dan Yareta atau Llareta. Seiring dengan flora dan fauna aslinya, Alto Loa adalah rumah dari tiga dataran garam: San Martín atau Carcote; Ascotán: dan Ollagüe.

Tujuan taman lainnya adalah untuk mendukung pengembangan sosial dan ekonomi masyarakat asli setempat melalui pengoperasian konsesi wisata di cagar.

2. La Chimba National Reserve

3. La Portada Natural Monument

Adalah lengkungan alami di pantai Chili, 18 km (11 mil) utara Antofagasta. Ini adalah salah satu dari lima belas monumen alam yang termasuk di antara kawasan lindung Chili.

4. Llullaillaco National Park

Taman Nasional Llullaillaco adalah sebuah taman nasional Chili, yang terletak 275 km tenggara Antofagasta di Andes. Itu terletak di antara lereng timur Cordillera Domeyko dan perbatasan internasional dengan Argentina. Di taman ada beberapa gunung penting yang memuncak di puncak gunung berapi Llullaillaco. Taman ini juga ditandai oleh dataran semi-gurun yang luas yang diselingi oleh Quebradas. Sebagian dari sistem jalan Inca ditemukan di daerah Río Frío. Di taman tersebut telah tercatat 126 spesies flora, 21 di antaranya merupakan endemik kawasan tersebut.

5. Los Flamencos National Reserve

Cagar alam ini terletak di komune San Pedro de Atacama, Wilayah Antofagasta di Chili utara. Meliputi area total 740 kilometer persegi (290 sq mi) di ekoregion puna Andes Tengah dan terdiri dari tujuh bagian terpisah.

6. North Paposo National Monument

Paposo atau Caleta Paposo adalah sebuah dusun di bagian selatan Provinsi Antofagasta, Chili. Paposo berada di pantai Samudra Pasifik. Paposo terkenal karena iklim padang pasirnya yang tidak biasa, yang sering menampilkan kabut basah (garúa) dan “kabut asap” yang ada di lereng gunung di Pesisir Chili, beberapa kilometer ke daratan. Di daerah yang hampir tanpa vegetasi, kabut oasis, juga disebut lomas, mendukung berbagai flora dan fauna.

Atacama Region

1. Llanos de Challe National Park

Taman Nasional Llanos de Challe terletak di pantai Pasifik Wilayah Atacama, Chile. Pegunungan taman ini dibasahi oleh Camanchaca, menciptakan ekosistem kabut. Taman ini adalah salah satu lokasi paling selatan dari loma yang tersebar di sepanjang gurun pantai dari Chile utara ke Peru utara. Ketinggian tertinggi di taman adalah Cerro Negro pada 950 m.

Ekosistem gurun pesisir yang rapuh ini adalah habitat bagi spesies tanaman langka dan indah, termasuk Leontochir ovallei yang terancam, yang dikenal secara lokal sebagai Garra de León. Selain itu, kaktus juga banyak di sini.

Taman ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati fenomena alam yang dikenal sebagai desierto florido (padang bunga), yang terjadi sesekali sebagai konsekuensi dari El Niño-Osilasi Selatan.

Taman ini memiliki populasi guanacos terbesar di Wilayah Atacama. Pantai taman dan daerah sekitarnya menampilkan pantai pasir putih yang belum terjamah dan lahan basah pesisir, yang menjadi tempat berlindung bagi moorhens biasa, kerbau gartered merah, angsa berleher hitam, dan flamingo.

2. Nevado Tres Cruces National Park

Taman Nasional Nevado Tres Cruces (Pengucapan Bahasa Spanyol: [neˈβaðo tɾes ˈkɾuses]) Terletak di Wilayah Atacama, Chili, di 93 km dari Copiapó. Itu termasuk Laguna Santa Rosa, Laguna del Negro Francisco, dan bagian dari Salar de Maricunga.

Taman ini dibagi menjadi dua zona, zona utara meliputi bagian selatan Salar de Maricunga dan Laguna Santa Rosa, dan wilayah selatan Laguna del Negro Francisco. Taman ini dinamai Nevado Tres Cruces, yang mendominasi lanskap daerah tersebut. Taman Nasional Nevado Tres Cruces dikelola oleh CONAF, yang menawarkan dua tempat perlindungan di area ini: satu di selatan Negro Francisco Lagoon dan lainnya di barat Laguna Santa Rosa. Biaya untuk memasuki taman $ 2.000 CLP dan $ 500 CLP untuk anak-anak. Taman ini buka mulai Oktober hingga April dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

membentang 8.300 hektar di ketinggian 3.700 meter (12.139 kaki). Gunung berapi tertinggi di dunia, dan puncak tertinggi di Chili, Ojos del Salado, (6.893 meter / 22.615 kaki) terletak di sekitarnya. Salar adalah 180 km timur laut dari kota Copiapó di pegunungan Andes.

3. Pan de Azúcar National Park

Taman Nasional di Chile ini melintasi perbatasan antara Wilayah Antofagasta dan Wilayah Atacama. Namanya, Parque Nacional Pan de Azúcar, berarti “taman nasional gula loaf”.

4. Pingüino de Humboldt National Reserve

Isla Pan de Azúcar terletak 24 km lebih jauh. Penguin Humboldt berkembang biak di pulau ini. Pulau ini dapat dicapai dengan perahu dari daratan tetapi penumpang tidak diizinkan meninggalkan kapal.

Caleta Pan de Azúcar (Pan de Azúcar Cove) adalah pemukiman nelayan kecil yang kini melayani pariwisata. Dulunya, tembaga bekerja di sini dan diangkut dengan kapal. Penyelam masih dapat menjelajahi bagian dermaga dan derek pemuatan di bawah air. Dari sini titik pandang Mirador 8 km lebih jauh dapat dicapai. Di lereng gunung di dekatnya, fauna dapat diamati yang tetap hidup berkat kabut pesisir.

Dari teluk ke utara ada jalan kerikil yang menghubungkan ke Pan-American Highway. Sepanjang jalan ada banyak formasi geologi.

Pan de Azúcar NP dibagi menjadi dua ekosistem: gurun pesisir Taltal dan padang pasir stepa Sierra Vicuña Mackenna. Tidak adanya hujan dikompensasi oleh kabut pantai, yang dikenal secara lokal sebagai Camanchaca.

Ada lebih dari 20 spesies kaktus di daerah tersebut, terutama dari genus Copiapoa yang juga dapat diamati di kaktarium yang terletak di kantor lingkungan CONAF di depan Pantai Los Piqueros 4,9 mil dari pintu masuk taman. Buka untuk kunjungan dari Senin hingga Minggu dari 8:30 hingga 12:30 dan dari 14:00 hingga 18:00.

Guanaco adalah mamalia utama yang ditemukan di taman. Mamalia lain termasuk culpeo fox, chilla fox, dan kelinci Eropa. Daerah garis pantai adalah rumah bagi mamalia laut, seperti berang-berang laut dan singa laut Amerika Selatan. Di antara burung-burung itu adalah penguin Humboldt dan pelican Peru. Juga spesies reptil dari genera Tropidurus dan Callopistes yang mendiami taman ini.

Coquimbo Region

 

1. Bosque de Fray Jorge National Park.

Taman nasional Bosque de Fray Jorge atau taman nasional Bosque Fray Jorge terletak di Provinsi Limarí, Wilayah Coquimbo, Chili. Ini adalah cagar Biosfer UNESCO. Manajemen taman nasional ini dan lainnya di Chili dipercayakan kepada Corporacion Nacional Forestal, CONAF.

Taman nasional ini terletak sekitar 100 km selatan La Serena di Samudra Pasifik, serta sekitar 30 km di barat Ovalle. Itu terletak dekat dengan Gurun Atacama, di Cordillera de Talinay, yang merupakan bagian dari Wilayah Pesisir Chili. Di selatan, taman ini dibatasi oleh Sungai Limarí.

Taman ini meliputi area seluas 100 km², tetapi hutan hanya mencakup 4% dari permukaannya. Taman nasional ini dikenal memiliki hutan hujan sedang di Valdivian. Kabut pantai menggantung di lereng gunung dan membasahi vegetasi subtropis, memungkinkan hutan hidrofilik untuk bertahan hidup meskipun dikelilingi oleh semak belukar semi-kering, dengan curah hujan tahunan rata-rata sekitar 113 mm. [1] Hutan adalah sisa hidup periode glasial terakhir.

Tumbuhan khas taman nasional meliputi:

  • Lada Peru, Schinus latifolius
  • Azara celastrina
  • Lithraea venenosa
  • Porlieria chilensis
  • Olivillo (Aextoxicon punctatum)
  • Epifit meliputi: Sarmienta scandens dan Griselinia scandens.

 

2. Las Chinchillas National Reserve.

 

3. Pichasca Natural Monument (in Spanish).

Valparaíso Region

  • Archipiélago de Juan Fernández National Park.
  • El Yali National Reserve.
  • Isla Cachagua Natural Monument (in Spanish).
  • La Campana National Park.
  • Lago Peñuelas National Reserve.
  • Rapa Nui National Park.
  • Río Blanco National Reserve.

Santiago Metropolitan Region

  • El Morado Natural Monument.
  • Río Clarillo National Reserve.
  • Roblería del Cobre de Loncha National Reserve.
  • Yerba Loca Nature Sanctuary.

O’Higgins Region

  • Las Palmas de Cocalán National Park.
  • Río de los Cipreses National Reserve.

Maule Region

  • Altos de Lircay National Reserve.
  • Federico Albert National Reserve.
  • Laguna Torca National Reserve.
  • Los Bellotos del Melado National Reserve.
  • Los Queules National Reserve.
  • Los Ruiles National Reserve.
  • Radal Siete Tazas National Reserve.

Bío-Bío Region

  • Isla Mocha National Reserve.
  • Laguna del Laja National Park.
  • Los Huemules de Niblinto National Reserve.
  • Ñuble National Reserve.
  • Ralco National Reserve.

Araucanía Region

  • Alto Biobío National Reserve.
  • Cerro Ñielol Natural Monument.
  • China Muerta National Reserve.
  • Conguillío National Park.
  • Contulmo Natural Monument (in Spanish).
  • Huerquehue National Park.
  • Malalcahuello National Reserve.
  • Malleco National Reserve.
  • Nahuelbuta National Park.
  • Nalcas National Reserve.
  • Tolhuaca National Park.
  • Villarrica National Park.
  • Villarrica National Reserve.

Los Ríos Region

  • Alerce Costero National Park.
  • Área Costera Protegida Punta Curiñanco.
  • Carlos Anwandter Nature Sanctuary.
  • Huilo-Huilo Biological Reserve.
  • Mocho-Choshuenco National Reserve.
  • Oncol Park.
  • Puyehue National Park.
  • Valdivia National Reserve.
  • Valdivian Coastal Reserve.
  • Villarrica National Park.

Los Lagos Region

  • Alerce Andino National Park.
  • Chiloé National Park.
  • Corcovado National Park.
  • Futaleufú National Reserve.
  • Hornopirén National Park.
  • Islotes de Puñihuil Natural Monument.
  • Lago Palena National Reserve.
  • Lahuen Ñadi Natural Monument.
  • Llanquihue National Reserve.
  • Los Vertientes Private Nature Reserve.
  • Pumalín Park.
  • Puyehue National Park.
  • Tantauco Park.
  • Vicente Pérez Rosales National Park.

Aisén Region

  • Bernardo O’Higgins National Park.
  • Cerro Castillo National Reserve.
  • Cinco Hermanas Natural Monument (in Spanish).
  • Coihaique National Reserve.
  • Dos Lagunas Natural Monument.
  • Isla Guamblin National Park.
  • Isla Magdalena National Park.
  • Katalalixar National Reserve.
  • Lago Carlota National Reserve.
  • Lago Cochrane National Reserve.
  • Lago Jeinimeni National Reserve.
  • Lago Las Torres National Reserve.
  • Lago Rosselot National Reserve.
  • Laguna de San Rafael National Park.
  • Las Guaitecas National Reserve.
  • Queulat National Park.
  • Río Simpson National Reserve.
  • Trapananda National Reserve.

Magallanes and Antartica Chilena Region

  • Alacalufes National Reserve.
  • Alberto de Agostini National Park.
  • Bernardo O’Higgins National Park.
  • Cabo de Hornos National Park.
  • Cueva del Milodón Natural Monument.
  • Francisco Coloane Coastal and Marine Protected Area.
  • Laguna de los Cisnes Natural Monument (in Spanish).
  • Laguna Parrillar National Reserve.
  • Los Pingüinos Natural Monument.
  • Magallanes National Reserve.
  • Omora Ethnobotanical Park.
  • Pali-Aike National Park.
  • Yendegaia National Park.
  • Torres del Paine National Park.

Torres del Paine National Park.

    Torres del Paine National Park (Google.com).

Sumber: en.wikipedia.org