Sunday , October 25 2020

Olahraga Untuk Melatih Kerjasama Anak Laki-laki

Mendidik anak dapat dengan berbagai metode. Asalkan bukan mendidik dengan cara menggurui. Setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Orang tua perlu memahami itu.

Untuk mendidik anak tentu harus mengikuti dunia mereka. Salah satunya ketika orang tua akan mengajarkan pentingnya kerja sama pada anak. Didiklah dengan metode yang mendukung. Tidak semua metode harus Anda ajarkan. Dengan maksud untuk mendidik anak agar memiliki sikap kerja sama mengingat usia anak sudah menginjak sekolah dasar, tentu sangat penting. Apalagi anak laki-laki tentu memiliki energi yang sangat aktif untuk terus bermain. Maka bujuk anak untuk mengikuti olahraga beregu yang dapat melatih kerjasama sesuai dengan dunia anak. Melalui olahraga beregu, maka anak laki-laki Anda tetap menganggapnya sebagai permainan dan dari situlah kemudian sifat kerjasamanya akan terbentuk.

Lebih baik lagi bukan Anda yang menentukan olahraga beregu apa yang sebaiknya anak laki-laki Anda ikuti. Melainkan Anda hanya memberikan opsi dan biarlah anak yang memilih. Ini termasuk mendidik kerja sama anak tanpa menggurui dan tanpa tekanan sedikitpun.

Futsal

Futsal adalah olahraga beregu sepak bola kecil. Biasanya anak laki-laki sekolah dasar sudah mulai menyukai futsal. Bermain dengan bola yang dikejar-kejar memang jenis permainan olahraga yang digemari laki-laki muda sampai dewasa. Dari olahraga futsal, anak laki-laki Anda akan belajar mengenai kerjasama. Bagaimana mengantisipasi musuh, memasukkan bola ke gawang, dengan teknik tertentu yang tentunya memerlukan kerja sama antar regu tim futsal.

Baseball

Baseball adalah olahraga yang umum di luar negeri. Di Indonesia sendiri lebih mirip seperti kasti. Namun Anda juga dapat menemukan klub baseball di Indonesia jika beruntung. Olahraga ini juga mengandalkan kerja sama. Saat sedang menjadi regu yang bermain, maka sedapat mungkin dapat memukul bola agar menang. Terlebih jika dapat homerun. Kemudian saat sedang menjadi regu yang berjaga, maka kerjasama regu untuk dapat menangkap bola dan mengopernya agar regu lawan kalah diperlukan.

Voli

Voli adalah olahraga beregu yang perlu kerja sama dan kesiagaan penuh. Ketika posisi anak sedang tidak fokus, maka yang terjadi regu mereka akan kalah. Ketika bola voli sudah melambung dan dimainkan, maka regu harus bekerja-sama dengan baik. Mengingat bola voli perlu dioper antar pemain voli yang satu dengan pemain voli yang lain. Jika anak laki-laki Anda tertarik dengan voli, biasanya saat anak sudah duduk di bangku kelas empat atau lima sekolah dasar. Jarang anak kelas satu atau dua sekolah dasar yang tertarik untuk olahraga voli.

Basket

Basket adalah olahraga yang perlu cepat bergerak sama seperti olahraga voli. Jika voli lebih banyak untuk berdiam atau sedikit melangkah di area sendiri. Untuk basket, maka anak perlu berlari ke sana kemari untuk mendrible, mengoper, sampai memasukkan bola basket ke ring. Kerjasama yang baik akan membuat regu menjadi mudah memenangkan permainan olahraga basket.

Pastikan anak laki-laki Anda memilih jenis olahraga yang disukai tanpa tekanan apapun. Jika Anda berniat untuk mendidik sikap kerja sama anak dengan temannya, maka olahraga di atas adalah metode pendidikan kerjasama untuk anak laki-laki secara terarah. Sebagai orang tua, Anda juga perlu disiplin. Jika memang perlu berlatih di jadwal yang ada, maka ikuti. Dengan Anda disiplin untuk mengingatkan anak laki-laki Anda olahraga, maka terbentuklah sikap kerja sama yang baik dalam diri anak.

About Bas