Saturday , October 24 2020

5 Objek Wisata Eksotis di Papua Ini Bakal Menghipnotis Kamu

Papua merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak diburu oleh para turis, baik lokal maupun mancanegara. Sebagai pulau terbesar kedua di dunia, Papua menyimpan destinasi wisata alam yang keeksotisannya benar-benar luar biasa. Terutama keindahan lautnya dijamin bakal membuat terhipnotis.

Nah, jika Kamu punya budget lebih, enggak ada ruginya mencoba berlibur ke Papua. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata paling keren di Netherland New Guinea yang bisa Kamu sambangi.

 

Objek Wisata Eksotis di Papua

 

1. Raja Ampat

Siapa sih yang tak kenal Raja Ampat? Ketenaran objek wisata ini sudah tersohor ke seluruh dunia. Sehingga tak heran jika pengunjungnya bukan hanya turis lokal, tapi juga banyak turis mancanegara.

Raja Ampat ini dikenal sebagai wisata bahari terindah se-Indonesia, bahkan menjadi surga diving terbaik di dunia. Menurut studi dari The Nature Conservancy, hampir sekitar 75% spesies terumbu karang dunia bisa ditemukan di lautan Raja Ampat. Jenis satwa lautnya pun juga beragam. Dengan mencoba diving dijamin Kamu akan memperoleh kenangan tak terlupakan.

Oiya, selain keindahan laut, Raja Ampat juga dikelilingi oleh pulau-pulau (totalnya ada 610 pulau). Empat diantaranya yang terbesar yakni pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Kamu bisa menyewa kapal untuk berkeliling mengeksplor gugusan pulau tersebut. Namun pastikan membawa budget cukup banyak ya, sekitar Rp.10 jutaan. Sebab fasilitasnya memang mahal tapi setimpal dengan pengalaman yang bakal Kamu peroleh.

2. Danau Sentani

Sekitar 50 kilometer dari Kota Jayapura, Kamu akan menemukan sebuah danau yang memiliki keindahan tak terbantahkan. Masyarakat menyebutnya sebagai Danau Sentani yang merupakan danau terbesar di Papua.

Danau ini tidak hanya menyimpan berbagai spesies ikan nan cantik. Tapi keunikan lainnya, danau ini juga terdiri gugusan pulau-pulau. Totalnya sekitar 22 pulau. Kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling menikmati pemandangan. Atau juga dapat mencoba fasilitas lain seperti bermain ski air, diving, memancing dan berenang.

3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Masih dalam wisata bahari, selanjutnya ada Teluk Cendrawasih yang menjadi objek wisata favorit para traveler. Taman Nasional ini merupakan kawasan konservasi laut terbesar sekaligus terluas se-Indonesia. Dari bawah permukaan laut, Kamu bisa menyaksikan beragam biota dan satwa laut yang jumlahnya mencapai ratusan jenis. Mulai dari terumbu karang, aneka ikan, moluska (mollusca), duyung, paus, lumba-lumba, hingga hiu putih.

Oiya, di sekitar teluk juga terdapat hutan mangrove dan tropika. Selain itu dikelilingi pula oleh pulau-pulau nan indah. Untuk akses terbilang cukup mudah. Dari Jayapura menuju Manokwari, kamu bisa naik kapal laut. Kemudian lanjut naik longboat ke Taman Nasional dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

4. Pantai Bosnik

Tempat eksotis di Papua selanjutnya yang akan menghipnotis kamu adalah pantai Bosnik. Objek wisata ini terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Biak. Disini Kamu dapat menikmati panorama pantai dengan hamparan pasir putih nan mempesona. Disekitar pantai ada banyak pohon Kelapa yang berjejer, sehingga tak heran jika es degan menjadi kuliner andalan di wisata yang kaya terumbu karang tersebut.

Untuk fasilitas yang bisa dicoba adalah berenang atau snorkelling. Namun pastikan Kamu meminta izin dulu dan memahami panduannya, sebab arus di pantai Bosnik terbilang cukup deras. Oiya, tiket masuk wisata ini murah banget loh, hanya Rp.10 ribu saja.

5. Lembah Baliem

Lembah yang terletak di pegunungan Jayawijaya ini menyimpan pesona alam yang indah tiada tara. Mulai dari gunung-gunung, hamparan perbukitan hijau, hingga adanya pasir putih diantara lembah yang menyerupai pemandangan di negeri dongeng.

Tak hanya itu saja, disini Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan budaya yang unik, seperti pesta bakar batu, festival perang antar suku, tradisi mandi lumpur dan sebagainya.

Untuk menikmati keindahan alam Papua tentunya tak cukup hanya sehari. Kamu perlu waktu lebih agar bisa mengeksplor hingga puas. Tak hanya list diatas saja, namun masih banyak wisata lain yang menarik untuk dikunjungi.

Itulah beberapa tempat wisata alam eksotis yang bisa di kunjungi jika suatu saat Anda berniat liburan ke provinsi paling timur di Indonesia, Papua.

About Bas