Monday , October 19 2020

Nggak Perlu Les, 5 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Gratis Ini Ada di Android

Belajar bahasa asing identik dengan mahalnya biaya les. Belum lagi dengan sejuta kesibukan yang menanti. Peliknya mengatur waktu untuk kursus tentu menjadi pertimbangan lainnya. Padahal, belajar bahasa asing itu penting. Apalagi di era pasar bebas dimana kita menjadi masyarakat global dan harus menguasai setidaknya bahasa Inggris. Tapi jangan khawatir, ada aplikasi belajar bahasa asing gratis khusus untuk smartphone android kamu berikut ini.

1. Duolingo

Tidak hanya bahasa Inggris, ada beragam bahasa asing lain yang bisa dipelajari di aplikasi ini. Mulai dari bahasa Spanyol, Italia, Inggris, Jerman, bahkan Jepang dan Korea. Kamu bisa mengatur ritme belajar kamu juga. Jika ingin serius tentu targetnya berbeda dengan yang ingin belajar secara santai. Metode belajarnya dibagi tiap topik dan beberapa level. Sebelumnya bisa mengambil placement test dulu untuk mengukur seberapa mahirnya kamu. Aplikasi ini mengajarimu dari segala aspek baik itu reading, writing, listening, maupun speaking.

2. Learn Language with Memrise

Sama seperti Duolingo, di aplikasi ini berbagai bahasa bisa dipelajari. Memrise ini pernah mendapat penghargaan dari Google Play Award sebagai aplikasi terbaik di 2017 jadi sangat direkomendasikan. Metode belajar bahasa dalam aplikasi ini melalui variasi permainan yaitu Speed Review, Listening Skills, Difficult Words dan lain sebagainya. Pengguna juga dapat belajar berbicara seperti penduduk di daerah asal bahasa tersebut melalui pronounciation guide bersama native speaker. Kamu bisa merekam dan membandingkan pronounciationmu dengan native speaker tersebut. Untuk menambah tantangan, ada daily goals yang harus diselesaikan per harinya.

3. Tandem Language Exchange

Salah satu kendala terbesar dalam belajar bahasa adalah kurangnya wadah untuk practice. Jadi meskipun nilai tes bahasamu besar, kamu cenderung kurang mengaplikasikannya dalam keseharian. Nah, Tandem Languange Exchange menjawab kekhawatiranmu soal itu. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan masyarakat global dan berteman dengan mereka yang berada di negara dengan bahasa yang ingin kamu pelajari. Kamu Jadi ada pertukaran bahasa di sini. Selain pertukaran bahasa, juga terdapat pertukaran pemikiran sesuai dengan topik-topik yang dipilih. Tak hanya itu, kamu bisa belajar langsung dari native speaker, lho.

4. Busuu

Busuu ini mirip dengan Tandem. Sebuah wadah bagi para pengguna di seluruh dunia untuk bertukar bahasa. Busuu juga akan menyeleksi para anggota komunitas mereka untuk menghindari adanya penyalahgunaan sehingga fitur ini aman untuk digunakan. Bedanya dengan Tandem, Busuu menyajikan kursus bahasa juga seperti aplikasi belajar bahasa yang lainnya. Bila aplikasi lainnya harus online dulu untuk melanjutkan kursus, Busuu ini memungkinkan kamu belajar secara offline.

5. Hello English

Seperti namanya, Hello English ini khusus untuk mempelajari bahasa Inggris yaitu reading, writing, dan speaking. Para penggunanya dapat mempelajarinya dari berbagai bahasa sesuai dengan bahasa nasionalnya jadi lebih mudah dalam memahami. Ada sebanyak 22 bahasa yang disedikan, termasuk salah satunya bahasa Indonesia. Mempelajari bahasa Inggris jadi tambah menyenangkan dengan sistem pembelajarannya yang melalui audiovisual dan beberapa game-game seru. Selain belajar bahasa, aplikasi ini dilengkapi dengan kamus juga. Jadi nggak perlu buka aplikasi lainnya kalau bertemu kata-kata sulit.

 

Lima aplikasi yang disebutkan tadi akan meningkatkan tingkat kefasihanmu terhadap bahasa asing. Les memang nggak perlu biaya mahal. Cukup download saja di aplikasi smartphone android kamu. Tapi tentu saja ini tidak akan berhasil bila kamu tidak mengikuti latihan-latihan yang diberikan secara rutin.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *