Sunday , October 25 2020

Nggak Nyangka! Ternyata Ini 10 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tertinggi

Di luar sana banyak orang merasa stres soal pekerjaannya, dan kamu mungkin salah satunya. Hal ini tak mengherankan karena menurut data 2017 milik American Psychological Association, tingkat stres memang kian meningkat. Dan 2 penyebab utamanya adalah uang serta profesi, pekerjaan, atau karir.

Namun kalau selama ini kamu berpikir bahwa kamulah karyawan yang paling malang di dunia, maka jangan lebai dulu. Ya kecuali bila profesimu memang termasuk salah satu dari 10 pekerjaan paling stres menurut Careercast berikut ini:

1.Prajurit militer (tingkat stres 72,47)

Memang membanggakan kalau dapat dipercaya melindungi negara dan menyandang senjata. Tapi di sisi lain, perpisahan yang lama dengan keluarga di rumah, belum lagi ketika harus melihat teman terluka atau mati, semua itu bisa bikin stres.

2.Pemadam kebakaran (72,43)

Tak dapat dipungkiri bahwa pemadam kebakaran termasuk salah satu profesi yang paling bikin stres. Bayangkan saja, pekerjaan ini menuntut seseorang untuk mempertaruhkan hidupnya demi menyelamatkan orang lain. Mereka juga sering diperhadapkan pada kondisi darurat yang membutuhkan keputusan sulit.

3.Pilot (61,07)

Gaji pilot memang tinggi, tapi ingat, di pundaknya juga terletak beban yang sangat besar. Pilot tak cuma bertanggung jawab terhadap keselamatan ratusan penumpang, namun bebannya kian berat ketika harus berhadapan dengan cuaca buruk.

4.Polisi (51,97)

Tak seperti karyawan kantoran yang punya jam kerja tetap, polisi dituntut siaga 24 jam. Selain itu, mereka seringkali harus berhadapan dengan situasi berbahaya atau orang jahat. Tentunya ini bikin stres bukan?!

5.Koordinator acara (51,15)

Ketika seseorang ingin mengadakan acara namun malas mengurus segala sesuatunya sendiri, maka biasanya ia akan menyewa event organizer atau koordinator acara. Walau jam kerjanya singkat, mungkin hanya beberapa jam saja, namun tanggung jawab profesi ini sangat berat. Ia harus memastikan semuanya berjalan lancar karena klien pasti menuntut kesempurnaan. Begitu ia gagal sedikit saja, maka itu sudah mampu mencoreng prestasinya.

6.Reporter (49,9)

Reporter khususnya yang harus meliput berita (bukan kuliner, wisata, dll) seringkali diperhadapkan dengan situasi tak bersahabat selama berjam-jam lamanya. Belum lagi ia harus mengejar deadline jam tayang berita yang cenderung ketat, dan fakta bahwa sebagian masih bergaji rendah, semua ini sungguh memilukan.

7.Penyiar berita (49,83)

Meski profesi ini tak sampai mempertaruhkan nyawa, namun menghadap kamera dan berbicara di depan publik mampu bikin dada sesak, apalagi risiko salah bicara dapat terjadi. Selain itu, mereka juga harus siap jika ada berita khusus yang perlu disiarkan. Mereka pulalah yang harus berhadapan dengan tokoh penting dan mengajukan pertanyaan sulit. Semua tugas ini jelas tidak mudah.

8.Jubir/ Public Relation Executive (49,44)

Apapun istilahnya, mau juru bicara, eksekutif PR, atau manager artis sekalipun, bila profesi tersebut harus berbicara dan bertindak mewakili pihak/ orang lain, maka itulah yang dimaksud. Lebih dari sekretaris biasa, profesi ini biasanya tak memiliki jam kerja tertentu. Masih untung kalau kliennya mudah diajak bekerjasama, tapi bagaimana jika tidak?! Wah, stresnya jadi 2 kali lipat nih.

9.Pimpinan/Manager (48,71)

Hanya karena seseorang memiliki perusahaan, tak berarti ia harus terjun sendiri untuk mengelolanya. Umumnya ia akan mempercayakan itu pada manager atau pimpinan. Dan meski digaji tinggi, namun tentu saja tanggung jawab manager sangatlah besar. Di samping memastikan semua berjalan aman, menguntungkan, dan terkendali, manager juga terpaksa sering lembur dan dituntut bijak dalam mengambil keputusan.

10.Supir taksi (48,11)

Bolehlah bila supir online dimasukkan ke dalamnya. Tampaknya sih mereka hanya duduk-duduk saja di balik kemudi, kok bisa stres?! Tentu saja, bayangkan kalau penumpangnya kasar, mabuk, semau gue, dan jalanan macet parah, apa coba yang lebih buruk dari itu?!

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *