Sunday , October 25 2020

Nggak Nyangka, Ternyata 5 Virus Ini Bisa Mengobati Penyakit Loh!

Virus, parasit berukuran mikroskopik ini dikenal sebagai sesuatu yang berbahaya. Virus menyerang korbannya dengan cara mengivasi sel si inang, yang mana menjadikan sel tersebut sebagai media untuk bereproduksi dan bertahan hidup, sehingga membuat sel-sel menjadi terinfeksi. Kondisi inilah yang kemudian menimbulkan beragam penyakit, bahkan meningkatkan jumlah kematian. Dengan demikian, tak sedikit iluwan berspekulasi jika virus bisa menjadi ancaman bagi masa depan.

Namun begitu, yang cukup mengagetkan ternyata tak semua virus memberikan dampak buruk loh! Beberapa jenis virus justru bermanfaat bagi kehidupan.

Berikut ini beberapa virus yang bisa menjadi sumber infeksi sekaligus menguntungkan. Simak yuk!

  1. Vesticular Stomatitis Virus (VSV)

Vesticular stomatitis virus (VSV) merupakan virus yang menjadi penyebab bisul mulut pada Kuda. Virus ini juga bisa menginfeksi hewan lain seperti babi, sapi, kambing dan domba. Selain itu, diduga pula dapat menyerang manusia menyebabkan infeksi ringan mirip flu.

Namun diluar efek negatif tersebut, ilmuwan menemukan bahwa virus ini berpotensi untuk digunakan sebagai terapi virus Oncolytic (OVs), yang mana dapat membunuh sel-sel tumor dan kanker pada manusia. Virus ini dinilai efektif karena tidak bersifat patogen.

  1. Gamma Herpesvirus

Gamma Herpesvirus menjadi salah satu virus yang ditakuti karena merupakan penyebab dari penyakit herpers. Tapi siapa sangka, virus dengan Tipe MHV-68 ini juga bermanfaat loh! Peneliatian memaparkan bahwa gamma herpesvirus dapat menjadi penangkal keracunan makanan yang disebabkan oleh infeksi Listeria monocytogenes.

  1. GBV-C (Virus Hepatitis G)

Selanjutnya, virus yang diteliti bisa berguna untuk manusia adalah virus yang berasal dari golongan Flaviviridae, yakni virus GBV-C atau virus hepatitis G. Di satu sisi, virus ini memang menjadi penyebab penyakit hepatitis. Namun disisi lain, virus ini juga bisa menangkal AIDS.

Dari hasil penelitian, apabila virus GBV-C dipertemukan dengan HIV, maka keduanya akan bekerja secara efektif memperlambat dampak buruk dari AIDS dan memberikan peluang kepada penderitanya untuk bertahan hidup lebih lama.

Memang cukup mengejutkan sih! Ternyata virus yang berbahaya dapat menangkal penyakit berbahaya lainnya.

  1. Adenovirus

Adenovirus merupakan virus yang mudah menular dan menjadi penyebab dari berbagai penyakit, seperti pilek, bronkitis, infeksi perut, meningitis, hingga radang paru-paru. Walau virus ini terbilang umum, namun biasanya gejala yang ditimbulkan dari infeksi adenovirus cukup ringan.

Nah, baru-baru ini, para ilmuwan meneliti virus ini dan menemukan bahwa adenovirus tipe HAdV-52 berpotensi dijadikan terapi pelawan kanker. Hal tersebut dikarenakan virus ini mampu berikatan dengan jenis karbohidrat pada sel kanker. Diduga adenovirus dapat mengaktifkan sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh dalam memperlambat perkembangan sel-sel tumor ataupun kanker.

Namun begitu, untuk bisa diaplikasikan dalam dunia medis masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Bacteriofag

Ditemukan pada tahun 1915 oleh Frederick Twort, virus bernama bacteriofag ini telah diteliti mampu melawan dan menginfeksi bakteri. Populasi virus ini mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari di air, tanah, termasuk dalam tubuh makhluk hidup.

Adapun manfaat dari virus ini yakni sering diaplikasikan untuk produksi bahan kimia serta membantu proses fermentasi makanan. Selain itu, virus ini juga bisa digunakan dalam terapi fag, yakni penyuntikan bacteorifag dalam tubuh manusia yang terinfeksi bakteri. Virus ini diklaim bisa membunuh bakteri yang resistensi antibiotik, sekaligus mengobati beberapa penyakit, seperti fibrosis kistik dan tumor.

Meski demikian, pengaplikasian terapi fag masih menuai kontroversi di beberapa negara. Hal ini berkaitan dengan keamanan, efek samping dan efektivitasnya.

Nah, itulah beberapa jenis virus yang diduga dan dianggap menguntungkan bagi kehidupan manusia. Bagaimana menurutmu?

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *