Thursday , October 22 2020

Ngeri, 6 Cerita Kapal Hantu yang Konon Katanya Benar-Benar Terjadi

Meskipun negara Indonesia kental dengan hal-hal mistis, namun cerita tentang kapal hantu agaknya tak begitu populer. Padahal di negara lain, seperti Amerika hingga Eropa, kisah tentang kapal hantu cukup sering didengar, bahkan menjadi cerita yang melegenda.

Nah, berikut ini beberapa kisah kapal hantu yang konon katanya benar-benar terjadi. Beberapa dikatakan hilang secara misterius, ada yang memunculkan suara-suara aneh, dan adapula kapal yang tak memiliki kru. Yaudah langsung aja nih simak ulasannya dan bersiaplah bergidik ngeri!

  1. Baychimo

Kisah kapal hantu yang pertama datang dari kawasan Amerika Utara, tepatnya di Kanada. Disana terdapat sebuah legenda tentang kapal Baychimo yang konon katanya berhantu.

Kapal Baychimo sendiri merupakan kapal perdagangan kulit dan bulu. Menurut catatan sejarah, kapal ini terakhir berlayar pada tahun 1931 silam. Dikabarkan bahwa dalam perjalanan terakhirnya, Baychimo terjebak dalam es di lautan kawasan Kota Barrow. Dan setelah itu, kapalnya hilang secara misterius. Bahkan para penumpangnya pun tak bisa ditemukan.

13 tahun silam, tepatnya di tahun 2005, pemerintah Alaska mencoba melakukan operasi untuk mencari kapal Baychimo. Sayangnya, pencarian tersebut tidak memberikan hasil apapun. Masyarakat disana mengaku bahwa mereka sering melihat penampakan kapal Baychimo di pesisir pantai Kanada.

  1. Mary Celeste

Di tahun 1872 silam, sebuah kapal perdangangan Mary Caleste ditemukan terombang-ambing di lautan dalam kondisi masih bagus. Namun anehnya, dalam kapal tersebut tak ditemukan satu penumpang pun. Para awak kapalnya juga tidak ada. Adapun penemu kapal ini adalah Morehouse, seorang kapten dari kapal Dei Gratia.

Setelah kejadian tersebut, Mary Celeste mengalami pindah kepemilikan hingga 17 kali. Kabarnya pelayaran dengan kapal ini sempat mengalami peristiwa tragis beberapa kali yang berujung pada kematian massal para penumpangnya.

  1. The SS Valencia

Selanjutnya, kisah kapal hantu yang cukup terkenal yakni The SS Valencia. Kapal ini diberitakan tenggelam di kawasan lepas pantai Vancouver, British Columbia pada tahun 1906 dikarenakan cuaca buruk. Kabarnya, dari 180 orang yang berada di kapal, hanya 37 orang yang selamat. Namun yang jadi tanda tanya hingga saat ini, kapal SS Valencia tak pernah ditemukan kerangkanya, bahkan di dasar laut pun tak ada.

Dengan adanya insiden misterius tersebut, banyak pelaut dan warga sekitar yang mengaku sering melihat penampakan kapal SS Valencia di lautan.

  1. Eliza Battle

Eliza Battle merupakan kapal uap yang terbuat dari kayu dengan didesain mewah dan diperuntukan hanya untuk orang-orang penting serta presiden. Pada tahun 1958 silam, kapal ini mengalami insiden mengerikan. Sebuah angin kencang menyulut api di bagian dek utama kapal, sehingga menyebabkan terjadinya kebarakan hebat. Menurut catatan sejarah, korban yang selamat hanya 26 orang dari 100 penumpang. Kapal ini lenyap di sungai Tombigbee.

Beberapa orang mengatakan bahwa kerap melihat kapal Eliza Battle yang mengapung di Sungai Tombigbee setiap bulan purnama.

  1. Octavius

Pada tahun 1762 silam, kapal Octavius dilaporkan menghilang secara misterius. Banyak pelaut yang mengaku melihat penampakan kapal Octavius di kawasan utara Alaska, namun mereka tak bisa menemukannya.

Hingga 13 tahun kemudian, sebuah kapal penangkap ikan paus menemukan kapal Octavius di kawasan barat Greenland dengan kondisi mengejutkan. Dimana semua awal kapal telah tewas dalam kondisi membeku.

  1. The Flying Dutchman

Siapa sih yang tidak tahu dengan cerita kapal hantu The Flying Dutchman? Bahkan saking populernya, kisah ini sering diangkat dalam novel dan film-film horror, salah satunya Pirates of The Carribean.

Menurut cerita populer, kapten dari kapal tersebut, Bernard Fokke merupakan orang yang keras kepala. Di abda ke-17, ia memutuskan berlayar dari Belanda menuju pulau Jawa dengan menggunakan kecepatan luar biasa. Sayang di tengah perjalannya, tepatnya ketika hendak menuju Tanjung Harapan, terjadi badai yang amat besar. Para kru kapal pun meminta untuk memutar balik. Namun sang kapten menolak dan memutuskan tetap berlayar melawan badai.

Ia bersumpah bahawa kapalnya tak akan kalah oleh badai, atau kalau tidak dirinya dan beserta awak akan terkutuk selamanya. Naas, sumpah Bernard pun membawa celaka. Badai berhasil menghantam kapal dan membuat ia dan para awak meninggal. Namun menurut cerita, arwah mereka terperangkap di kapal dan tak bisa menemukan ketenangan. Konon katanya, mereka akan berlayar mengarumi tujuh samudra hingga selama-lamanya. Dikatakan hingga saat ini sudah 9 kapal yang mengaku pernah melihat penampakan kapal The Flying Dutchman secara misterius.

Nah, demikianlah beberapa kisah tentang kapal hantu yang paling populer. Entah benar atau tidak, namun sepertinya cerita-cerita diatas sudah melegenda di masyarakat dunia.

About Bas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *