Wednesday , October 21 2020

Neko di Jepang Bukan Berarti Selalu Berkaitan Dengan Kucing

Neko, memang memiliki arti kucing. Orang Jepang menyebut kucing dengan “Neko”. Namun jangan sampai salah memahami ketika Anda di Jepang dan mendengar ataupun membaca kata yang berkaitan dengan “Neko”, bukan berarti kucing. Jangan sampai Anda terlalu percaya diri ketika membaca tulisan yang memiliki bunyi Neko adalah hal-hal yang berkaitan dengan kucing.

Ikan Hiu Kucing Atau “Nekozame”

Menemukan ikan hiu martil berpatil di Jepang. Beberapa kolam yang ada di Jepang mengisinya untuk memelihara ikan-ikan hiu tersebut. Orang Jepang melihat ikan hiu yang memiliki patil, maka akan menyebutnya ikan hiu kucing. Patil atau yang terlihat seperti kumis pada ikan hiu membuat sosok ikan hiu tersebut seperti kumis kucing. Ikan hiu kucing atau yang disebut sebagai Nekozame adalah sebutan untuk ikan hiu berpatil di Jepang.

Duduk Di Dalam Tempat Sempit Atau “Nekoguruma”

Kebiasaan kucing memang tidak dapat ditebak. Bahkan menyelip di tempat-tempat sempit seperti gerobak pun dapat dilakukan si kucing. Kebiasaan tersebut juga terjadi pada kucing-kucing di Jepang. Ketika melihat orang Jepang yang mampu duduk di tempat yang sempit, maka orang tersebut terlihat memiliki kebiasaan seperti kucing. Mampu menyelip di tempat sempit dan duduk. Sehingga sebutan orang di Jepang yang mampu duduk di tempat sempit dikenal dengan Nekoguruma.

Lidah Kepanasan Atau “Nekojita”

Tidak hanya di Jepang, di seluruh dunia pun juga akan sama melakukan kebiasaan ini. Ketika minum minuman yang panas dan lidah terasa kepanasan, maka spontan Anda akan menjulurkan lidah keluar. Lidah kepanasan dan menjulur keluar oleh orang Jepang seperti kebiasaan yang dilakukan oleh kusing. Kebiasaan tersebut pun disebut dengan Nekojita. Jadi, ketika Anda melihat orang Jepang menjulurkan lidah karena kepanasan, maka akan mendengar bergumam “Nekojita”. Dan jangan salah menganggap bahwa orang tersebut memanggil kucing dengan cara menjulurkan lidah. Melainkan orang tersebut merasa lidahnya kepanasan karena minum minuman yang dalam keadaan panas.

Pura-pura Benar Atau “Nekokaburi”

Jika Anda mendengar orang Jepang bergumam atau berkata Nekokaburi, maka ada masalah di antara mereka atau orang lain. Nekokaburi adalah sebutan bagi orang Jepang yang pura-pura terlihat benar. Seseorang tahu bahwa dirinya salah namun menutupi kesalahannya, maka dia pantas disebut sebagai Nekokaburi. Nekokaburi sendiri adalah penutup telinga yang biasa digunakan pada kucing.

Ingin Tahu Segala Sesuatu Atau “Koukishin Neko Wo Korosu”

Di Indonesia, orang yang senangnya ingin tahu urusan orang lain disebut dengan “Kepo”. Di Jepang, orang Jepang yang ingin tahu urusan orang lain dan segala sesuatu, maka disebut dengan Koukishin Neko Wo Korosu. Orang yang seperti itu memang terbilang mengganggu.

Membuat Orang Bingung Atau “Nekodamashi”

Jika membuat orang Jepang bingung, biasanya mereka akan menepuk tangan tepat dibagian depan wajah mereka. Cara tersebut dikenal dengan sebutan Nekodamashi. Ketika orang Jepang menepukkan tangan seperti itu berarti ingin membuat orang lain merasa bingung. Menepukkan tangan dianggap akan membuat orang menjadi bingung. Sama ketika Anda menepukkan tangan di depan kucing dan membuat si kucing kebingungan.

Sebutan-sebutan tersebut memiliki kata “Neko” karena terinspirasi dari kebiasaan kucing. Sehingga orang Jepang pun menjadikan kebiasaan kucing tersebut sebagai sebutan pada seseorang. Anda pun sudah tahu bahwa kata-kata yang berkaitan dengan “Neko” seperti diatas bukan sebutan untuk kucing melainkan manusia. Jadi, jangan salah mengerti ketika Anda menemuinya di Jepang.

About Bas