Sunday , October 25 2020

5 Museum Tour Pelajar di Kota Bogor

Apakah Anda dan keluarga sedang Tour di Kota Bogor dan ingin mencari tempat wisata yang cocok untuk anak-anak Anda ?

Berikut adalah 5 Museum di Kota Bogor yang cocok untuk pelajar :

1. Museum Peta

Monumen dan Museum PETA ini mulai dibangun pada tanggal 14 November 1993, peletakan batu pertama dilakukan oleh Bapak Umar Wirahadikusumah, Wakil Presiden RI yang juga merupakan sesepuh Yayasan PETA, kemudian pada tanggal 18 Desember 1995 diresmikan oleh Presiden RI kedua yaitu Bapak H.M Soeharto.

Di dalam komplek museum yang terletak di jalan Jenderal Sudirman No. 35 ini di bagian belakangnya terdapat sebuah patung Jenderal Sudirman yang kokoh berdiri sebagai perwira PETA. Pada dinding yang berbentuk setengah lingkaran tercantum nama-nama perwira tentara PETA dari pulau Jawa, Madura, dan Bali, serta Sumatera, sedangkan pada bagian luar dinding museum terukir relief sejarah PETA.Di dalam dua ruangan museum terdapat 14 diorama dengan adegan-adegan dari jalannya sejarah PETA dalam perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

Adegan-adegan ini berbentuk tiga dimensi dan didukung dengan suara yang melatar-belakangi suasana kejadian pada saat itu. Monumen dan museum PETA ini banyak dikunjungi para pelajar dari berbagai daerah. Selain sebagai bukti pendukung pelajaran sejarah tempat ini juga dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para pelajar dan para pengunjung. Jika tertarik silahkan mengunjungi museum ini, ke nomor telepon (0251) 8322053, museum ini buka dari hari Senin s/d Jumat, mulai pukul 10.00 s/d 15.00 WIB.

2. Museum Zoologi

Museum ini berada dalam komplek Keun Raya Bogor, jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Bogor, pada tiket KRB terdapat tiket terusan untuk berkunjung ke Museum Zoologi. Di sini Anda akan menemukan koleksi beragam fauna yang diawetkan. Banyak pengetahuan yang didapat jika Anda singgah di sini. Museum ini awalnya adalah laboratorium zoology untuk wadah penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan binatang hama.

Anda akan berdecak kagum dengan koleksi jutaan specimen yang terdiri dari puluhan ribu jenis fauna. Di antaranya 650 jenis binatang mamalia, 1.100 jenis burung, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptile, dan ikan, dll. Museum ini dibuka setiap hari Senin s/d Minggu, mulai pukul 08.00 s/d 17.00 WIB, Anda dapat memasukinya lewat gerbang Kebun Raya Bogor di dekat kantor LIPI, Pasar Bogor, telpon (0251) 8387182.

3. Museum Etnobotani

Museum ini didirikan pada tahun 1982, terletak di Jl. Ir H. Juanda No. 2. Museum ini memperagakan pemanfaatan tumbuhan Indonesia dan koleksi fosil kayu, dan tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk obat tradisional seperti jamu.

Beberapa koleksi Museum Etnobotani :

  1. Ribuan sample tanama.
  2. Kerajinan Rotan.
  3. Peralatan dari Labu.
  4. Bahan Jamu dan Obat Herbal Tradisional.
  5. Tanaman basah Nanas Gila.
  6. Kerajianan berupa mainan anak Tradisional.

4. Museum Tanah

Museum Tanah didirikan pada tanggal 29 September 1988. Museum yang berada di Jl. Ir. H. Juanda No. 98 ini merupakan tempat penyimpanan model atau contoh tanah dari berbagai macam koleksi tanah di Indonesia. Museum ini dapat dihubungi pada nomor (0251) 8323021.

Apa yang bisa dipelajari di Museum Tanah ?

Membantu para pelajar, peneliti, dan masyarakat pada umumnya mengenali jenis-jenis tanah dan praktek-praktek pengelolaannya di Indonesia.

Contoh barang yang ada di Mseum Tanah :

  1. Jenis Batuan.
  2. Pupuk.
  3. Perangkat uji tanah.
  4. Peta-peta.
  5. Maket.
  6. Alat survei tanah.

5. Museum Perjuangan

Letak Museum Perjuangan ini berada di Jl. Merdeka No. 56, telp (0251) 8326377. Didirikan tahun 1957. Pada awalnya museum ini adalah gudang senjata tentara Republik Indonesia yang digunakan oleh para pejuang kemerdekaan hasil rampasan dari tentara Jepang dan Inggris.

Koleksi di Museum Perjuangan :

  1. Macam-macam senapan yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan.
  2. Senapan hasil rampasan dari Jepang dan Inggris.
  3. Mata uang pada zaman VOC serta dilengkapi dengan diorama yang menggambarkan pertempuran di daerah Bogor dan sekitarnya.
  4. Pakaian pejuang yang sebagian di antaranya memiliki noda darah asli.
  5. Diorama dari berbagai pertempuran di Bogor dan sekitarnya dalam merebut kemerdekaan. Diantaranya : ( Diorama Pertempuran Bojong Kokosan, Pertempuran Maseng, Pertempuran di Kota Paris, Diorama Pertempuran di Bantammer Weg (sekarang Jalan Kapten Muslihat ) tahun 1945, dan Diorama Pertempuran Cemplang 1945 ).

Selamat menikmati Tour Anda dan menikmati Museum-museum di kota Bogor.

About Bas