Yogyakarta punya Museum Ullen Sentalu. Koleksi seni dan budaya yang merupakan museum terbaik di Indonesia versi National Geographic Indonesia.

Pendirian Museum

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan Kaliurang, Sleman, dan didirikan pada tanggal 1 Maret 1997. Museum ini awalnya didirikan untuk menyelamatkan karya-karya batik kuno yang banyak diburu oleh kolektor asing. Seiring perkembangan waktu, para keluarga kerajaan menghormati dan mendukung aksi penyelamat karya-karya kuno ini. Sri Paduka Paku Alam VIII, Sunan Paku Buwono XII, Gusti Kanjeng Ratu Alit, KGPH Poeger, dan GRAY Nurul Kusumawardhani, yang merupakan empat kraton dari Mataram, sangat mendukung dengan ikut memberikan benda-benda koleksi mulai dari kain batik, aksesoris, foto, naskah, dan lain-lain untuk dijadikan koleksi museum.

Isi Museum

Saat memasuki Museum Ullen Sentalu Anda akan kagum karena selera dan kegemaran keluarga keraton yang sangat berkelas dan elegan, namun tetap tidak meninggalkan nilai-nilai tradisi serta budaya leluhur. Kebudayaan Jawa sangatlah kompleks, namun pemandangan yang rapi dan teratur dapat Anda temukan sepanjang Anda mengunjungi museum ini, sehingga akan memudahkan Anda untuk memahami kebudayaan Jawa. Museum ini memiliki dua bangunan utama, yaitu Guwa Selo Giri (bangunan bawah tanah), dan Kampung Kambang. Kampung Kambang sendiri terbagi menjadi lima bagian, yaitu Balai Sekar Kedaton, Pendapa Pengantin Gaya Yogya, Ruang Batik Yogyakarta-Surakarta, Ruang Batik Pesisiran, dan Ruang Putri dambaan. Nah, di bangunan inilah tersimpan berbagai koleksi kain batik, kebaya, naskah, foto, lukisan dan sebagainya.

Kisah Kisah Kraton

Secara umum, Museum Ullen Sentalu banyak bercerita mengenai kisah 4 keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunanan dan Istana Mangkunegaran Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Puro Pakualaman Yogyakarta. Namun, aura dari museum ini sendiri sangat kental dengan aura wanita. Di sini banyak diceritakan mengenai kisah puteri-puteri keraton yang cantik, anggun dan pandai serta memiliki talenta yang luar biasa. Yang menjadi daya tarik di museum ini adalah kisah tentang puteri rupawan bernama Gusti Siti Nurul yang merupakan Putri Keraton Mangkunegaran. Pada masa itu, banyak pangeran yang jatuh hati padanya karena kecantikannya dan keanggunannya. Gusti Siti Nurul juga sering memberi inspirasi puteri yang lain untuk tidak berpoligami.

Apa yang dapat Readers lakukan di Ullen Sentalu?

Sebagaimana yang Anda dapat lakukan di museum lain, Anda dapat mendokumentasikan berbagai hal di dalam museum, plus menikmati keindahan museum yang rapi dan bernilai estetika, sekaligus menambah wawasan mengenai kebudayaan Jawa. Bila Anda lapar, ada restoran Beukenhof yang menawarkan hidangan khas Eropa nan lezat dengan gaya nuansa istana. Anda juga dapat mengunjungi Souvenir Shop untuk membeli pernak pernik dan hasil kerajinan yang cantik sebagai oleh-oleh.