Thursday , October 22 2020

Moms, Ini 9 Tanda Hamil Muda yang Jarang Disadari

Pada awal kehamilan, biasanya para wanita tak menyadari bahwa dirinya sedang mengandung. Ya, hal ini cukup wajar sih mengingat tanda-tanda dari hamil muda yang memang sulit dideteksi. Bahkan beberapa gejalanya mirip dengan orang hendak menstruasi. Sehingga kerapkali menimbulkan kebingungan.

Umumnya, tanda-tanda kehamilan baru akan terasa ketika usia kandungan memasuki 3 bulan. Pada saat itu, gejala seperti morning sickness dan keterlambatan menstruasi juga semakin tampak jelas. Namun bagaimana dengan tanda kehamilan di usia beberapa minggu? Misalnya baru telah menstruasi 3-7 hari, adakah gejala-gejala yang mungkin dirasakan oleh tubuh? Jawabannya ‘Ya’, tentu ada!

Nah, bagi Anda yang sedang harap-harap cemas menanti datangnya buah hati, berikut tanda-tanda hamil muda yang biasanya jarang disadari. Simak yuk!

1. Munculnya Flek atau Darah, tapi Periodenya Pendek

Beberapa wanita hamil kerap mengalami pendarahan ringan, seperti keluarnya flek kecoklatan dengan volume sedikit. Biasanya darah ini muncul berdekatan dengan waktunya menstruasi. Dan periodenya juga pendek, enggak sampai 7 hari. Mungkin hanya 1-3 hari saja. Setelah itu, tak ada darah yang keluar lagi.

Kebanyakan wanita akan mengira ini sebagai darah menstruasi. Padahal darah tersebut merupakan darah implantasi yang keluar tatkala embrio menempel pada dinding rahim.

2. Payudara Terasa Berat dan Agak Nyeri

Gejala hamil muda yang jarang disadari berikutnya adalah perubahan pada payudara. Dimana umumnya, wanita akan merasakan payudaranya lebih sensitif, bahkan terasa nyeri ketika dipegang.

Selain itu, payudara juga terasa lebih berat dan jadi semakin gelap. Perubahan ini umumnya terjadi setelah 2-3 minggu dari waktu pembuahan. Pada saat itu, kadar hormon progesteron dan estrogen semakin mulai meningkat sehingga gejala pun mulai nampak jelas.

3. Moody, Perasaan Mendadak Jadi Lebih Sensitif

Gejala yang satu ini memang cukup sulit dipahami. Sebab pada dasarnya, perasaan wanita memang mudah baper.

Tapi percayalah, ketika hamil Kamu pasti jadi lebih sensitif bahkan gampang moody. Sekalipun itu hanya urusan sepele, hatimu akan mudah tersentuh. Sehingga tak jarang Kamu pun jadi menangis atau marah tanpa alasan yang jelas. Adapun penyebab dari kondisi ini dikarenakan adanya pengaruh hormonal.

4. Perut Terasa Kembung

Di awal-awal kehamilan, Kamu tidak serta-merat merasakan gejala mual. Namun diawali dulu dengan perut terasa kembung.

Ya, Kamu akan rentan merasakan begah pada perut, sehingga mendorong untuk kentut berkali-kali. Biasanya gejala ini kerap muncul di pagi hari. Tapi terkadang juga terasa di siang ataupun malam hari. Pemicunya tak lain dikarenakan kenaikan hormon proegesteron.

5. Nyeri Punggung

Ketika hamil muda, Kamu juga akan rentan mengalami nyeri punggung tanpa adanya penyebab yang jelas. Mendadak punggungmu terasa pegal-pegal seolah habis berativitas berat. Meski pada kenyataannya Kamu tak melakukan pekerjaan berat.

Menurut pakar kesehatan, kondisi ini terjadi akibat pengaruh hormonal serta dikarenakan ukuran rahim yang semakin membesar hingga mendorong syaraf-syaraf di punggung.

6. Cepat Merasa Lelah

Berikutnya, gejala hamil muda yang biasa terjadi adalah tubuh cepat merasa lelah. Bahkan untuk melakukan pekerjaan sepele sekalipun,seperti menyapu tetap aja Kamu bakal merasa capek dan ngos-ngosan.

Hal ini terjadi karena di awal masa kehamilan tubuh mengalami perubahan hormonal yang cukup drastis. Selain itu, jantung juga bekerja lebih keras dalam memompa darah menuju rahim. Maka itu, efeknya Kamu pun jadi mudah kelelahan.

Terutama untuk Kamu memiliki riwayat hipotensi atau anemia, kemungkinan Kamu jari rentan mengalami pusing seperti vertigo.

7. Nafsu Makan Meningkat

Apakah akhir-akhir ini Kamu sering merasa cepat lapar dan selalu ingin makan? Jika iya, maka bisa jadi Kamu sedang berbadan dua!

Salah satu tanda hamil muda yang jarang disadari yakni meningkatkan nafsu makan. Kondisi ini biasanya terjadi di usia kehamilan 1-4 minggu pertama, dimana gejala morning sickness belum terlalu tampak.

8. Mengalami Gejala PMS

Gejala hamil muda bisa dikatakan mirip dengan gejala PMS. Kamu akan merasakan perut kram, mules, payudara jadi sensitif, dan terkadang disertai sakit kepala.

Jika gejala-gejala tersebut muncul namun darah menstruasi tak juga keluar hingga 4 minggu, maka ada kemungkinan Kamu sedang hamil.

9. Diare

Wanita yang sedang hamil muda enggak selalu mengalami gejala konstipasi atau kesulitan BAB. Beberapa orang justru menderita diare dengan disertai perut terasa mulas.

Namun diare ini enggak keluar terus-menerus. Kemungkinan hanya di pagi hari, atau bisa jadi 2-3 hari sekali. Yang jelas, perutmu terasa tidak nyaman dan rentan bolak-balik ke toilet.

Nah, kira-kira itulah guys beberapa gejala hamil muda yang jarang disadari. Apabila gejala-gejala diatas muncul dengan disertai keterlambatan menstruasi, maka coba deh untuk melakukan testpack. Jika muncul 2 garis itu artinya Kamu positif hamil. Namun bila hanya 1 garis, kemungkinan kadar hormon HCG-mu masih terlalu sedikit sehingga gak terdeteksi. Tunggu beberapa minggu lagi, lalu cobalah melakukan test. Apapun hasilnya tetaplah berpikir positif dan teruslah berdoa kepada Tuhan.

feature image: healthline.com

About amania

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *