Variasi model baju batik pria tidak sebanyak model baju batik untuk wanita. Oleh sebab itu, sangat sulit bagi wanita memilihkan model baju batik untuk pria karena semua model sama saja. Hanya berbeda pada motif dan warna saja. Untuk itu, dalam memilih model baju batik pria akan lebih mudah jika wanita mengenal jenis kain, motif, serta bentuk model batik yang sesuai untuk pria dan tidak monoton.

1. Kemeja Batik

Model kemeja merupakan model baju batik pria yang sangat umum. Sebelum menjatuhkan pilihan pada model kemeja, perhatikan pula jenis kain yang digunakan sebagai bahan pembuatan baju batik. Bahan dari kain katun akan lebih bagus digunakan karena terasa lebih dingin dan mudah menyerap keringat sehingga tidak terasa gerah ketika memakainya. Model kemeja ini umumnya digunakan untuk menghadiri acara formal seperti rapat dengan atasan, menghadiri undangan pernikahan, dan sebagainya. Ada pula kemeja dengan lengan pendek yang biasa digunakan untuk menghadiri acara-acara dari yang formal sampai non-formal seperti menghadiri seminar, bekerja di kantor, dan sebagainya.

2. Batik Kombinasi

Model baju batik jenis ini merupakan perpaduan dari dua bahan atau lebih untuk menambah variasi model baju batik itu sendiri. Baju batik kombinasi ini umumnya dikombinasi dengan bahan katun polos sehingga tampak bagian motif batik yang tidak tampak penuh seperti model baju batik pada umumnya.

Untuk model baju kombinasi seperti ini, sangat tidak cocok jika digunakan secara formal. Model kombinasi seperti ini akan lebih tepat digunakan untuk acara-acara semi formal atau non formal.

3. Baju Batik Koko

Model yang satu ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan model kombinasi yang ukurannya lebih pas dengan badang. Baju batik Muslim pria ini harus disesuaikan dengan kepercayaan agama Islam untuk menggunakan model baju yang lebih longgar dibandingkan yang lainnya serta tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Selain model batik dengan motif yang penuh, ada juga variasi model baju batik koko dengan model kombinasi yang lebih terlihat santai, namun masih menampilkan kesopanan sesuai tata cara orang Muslim.

4. Kerah Shanghai

Tidak hanya jenis bahan dan kombinasi saja yang menjadi variasi model baju batik pria, tetapi perhatikan juga jenis kerahnya. Kerah shanghai pada kemeja batik pria juga menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghadiri acara-acara formal. Baju batik pria dengan kerah shanghai yang sedikit lebih menempel pada bagian leher banyak digunakan untuk model batik koko baik yang menggunakan lengan pendek, maupun lengan panjang.

5. Blazer Batik

Bosan dengan model kemeja yang begitu saja? Model baju batik pria berupa blazer bisa menjadi pilihan untuk menghadiri beberapa acara formal. Model baju batik pria dengan motif batik yang full memenuhi permukaan tampilan blazer memang terlihat ramai dan jarang sekali disukai oleh kaum pria. Namun bagi yang menginginkan penampilan yang berbeda dan tetap fashionable, model baju ini adalah pilihan yang tepat, terutama jika pria yang menggunakan adalah seorang MC atau tamu utama sehingga mudah untuk menarik perhatian.

Agar penampilan menggunakan blazer batik pria tidak norak karena terlalu full color, memilih kombinasi setelan yang polos adalah pilihan yang tepat. Hindari menggunakan setelan full motif pada celana atau bagian dalaman kaos. Bagian dalaman tanpa motif atau polos akan membuat penampilan tidak terlalu ramai. Bisa juga memadukan dengan celana denim berwarna gelap.