Sekarang banyak bermunculan merek Sepatu dengan desain yang makin keren dan inovatif. Sebut saja Adidas, Nike, Converse, Puma atau Reebok. Sepatu-sepatu yang tergolong branded tersebut tentunya jadi sepatu yang paling sering dicari oleh konsumen. Ada harga, ada kualitas. Bukan begitu?

Namun kira-kira bagaimana ya dengan keberadaan sepatu di jaman dulu, sebelum merk-merk branded tersebut populer di pasar lokal? Hemm, daripada penasaran, yuk simak nih sederet merk sepatu legendaris yang sempat ngehits di tahun 90an. Kira-kira kamu masih ingat, enggak ya?

1. Eagle

sepatu eagle 90an (bukalapak.com)

sepatu eagle (bukalapak.com)

Buat kamu yang tumbuh di era tahun 1990, pastinya tahu banget dengan merek sepatu legendaris ini! Ya, Eagle merupakan brand sepatu lokal yang sempat populer banget di masanya, bahkan menjadi merk nasional paling ternama.

Pembuatan sepatu Eagle sendiri dinaungi oleh PT Global Fashion Indonesia (GFI) yang didirikan sejak tahun 1986 silam. Tentunya kualitas dari Eagle enggak bisa diremehkan. Disainnya juga bervariasi, dimana berfokus pada sepatu olahraga serta adapula model sepatu sekolah.

Eagle sempat tenggelam di awal 2000an,kemudian berhasil bangkit kembali pada tahun 2006. Sekarang Eagle masuk dalam jajaran sepatu sport yang berkualitas setelah Nike dan Adidas.

 2. Bata

Gak kalah populer dari sebelumnya, brand sepatu ini juga menjadi idola bagi masyarakat lokal. Rasanya hampir semua generasi 90an pernah memilikinya, baik itu produk sepatu atau sandalnya. Bukan begitu?

Bata sendiri merupakan industri sepatu paling lama di Indonesia. Didirikan oleh seorang pengusaha bernama Thomas Bata yang berasal dari Cekoslovakia. Sepatu bata mulai masuk ke Indonesia sejak tahun 1930an. Meski brand ini merupakan merk luar, tapi bahan baku pembuatannya berasal dari dalam negeri.

Sekarang, keberadaan sepatu bata memang sudah enggak sejaya di tahun 80-90an, Namun begitu, produknya masih bertahan hingga saat ini, loh!

3. Warrior

sepatu warrior

sepatu warrior (lazada.co.id)

Sama halnya dengan Bata merk sepatu asal China ini juga sempat meraih masa keemasan di tahun 1980-1990an. Warrior sendiri merupakan sepatu sneakers yang cocok digunakan untuk olahraga. Sepatu ini memiliki sol yang terbuat dari karet dan cukup ringan. Jika dilihat sekilas, sangat mirip dengan sepatu converse. Hanya saja, harga sepatu ini jauh lebih terjangkau.

Untuk saat ini, merek sepatu warrior telah melakukan inovasi dengan mengubah nama merk sepatunya menjadi WOS33. Tentunya desain yang diusung menjadi lebih modern disesuaikan dengan jamannya. Modelnya cenderung kasual, jadi gak cuma cocok buat olahraga. Tapi juga pas buat acara santai.

4. Kasogi

Kamu penggemar sepatu New Balance? Tahu nggak, kalau di era 90an ada sepatu sport yang bisa dikatakan mirip New Balance. Yup, apalagi kalau bukan Kasogi! Brand sepatu ini dulunya ngehits banget. Kasogi merupakan merk lokal asli buatan Indonesia yang dibuat oleh perusahaan bernama Alpha Omega Retailindo.

Ciri khas dari sepatu merek Kasogi yakni desainnya minimalis dan enggak terlalu berat. Btw, saat itu, Kasogi nggak cuma meluncurkan sepatu olahraga saja, tapi juga ada sepatu anak-anak dan sepatu sekolah.

5. Rieker

Siapa nih yang dulu sekolahnya pakai sepatu bermerek Rieker? Tentunya generasi 90an tahu banget dengan sepatu legendaris ini. Modelnya mirip sepatu kets, didominasi oleh warna hitam, memiliki tali dan simbol berwarna putih di sampingnya. Masih ingat, nggak?

Sebenarnya Rieker ini bukan produk lokal. Asalnya dari Jerman dan telah berdiri semenjak tahun 1874 silam. Meski keberadaan sepatu ini sudah sangat lama, namun hingga saat ini Rieker tetap mampu bersaing dengan brand-brand ternama lainnya loh! Bahkan cabangnya ada di berbagai negara.

Untuk modelnya sendiri, kini juga telah beragam. Mulai dari sepatu sport, boots, sandal, dan sebagainya.

6. LA Gear Light

Di tahun 1990an, merk LA Gear Light menjadi salah satu sepatu mewah yang hanya bisa dimiliki oleh orang kaya. LA Gear Light sendiri merupakan produk buatan Amerika, dimana kantornya berpusat di California.

Untuk desain sepatunya bisa dikatakan mirip dengan sepatu basket. Selain itu, juga punya ciri khas dapat memancarkan lampu berwarna-warni. Dengan keunikannya tersebut, tak heran bila sepatu ini jadi favorit bagi remaja di kala itu. Bahkan bintang top seperti Paula Abdul dan Michael Jackson juga mengenakan La Gear Light loh! Dengan ketenarannya tersebut, tak heran bila banyak merk sepatu lain yang meniru desain dari LA Gear Light.

So guys, itu tadi beberapa merek sepatu legendaris yang sempat populer di tahun 90an. Kalau buat kamu, sepatu dari brand mana yang paling berkesan?