Sunday , October 25 2020

Merawat Hewan Peliharaan di PetWorld 3D

Salah satu aplikasi permainan anak yang bisa Anda kenalkan kepada si kecil adalah PetWorld 3D. Aplikasi ini menawarkan pengalaman merawat hewan secara virtual yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik. Ingin mengetahui lebih jauh tentang permainan ini? Silahkan baca ulasannya di bawah ini.

Simulasi yang Menawan

PetWorld 3D merupakan aplikasi permainan simulasi yang dirilis oleh Tivola. Selain PetWorld 3D, Tivola juga merilis beberapa aplikasi permainan bertema simulasi hewan peliharaan yang bisa dicoba, seperti PetHotel, CatHotel, dan DogHotel. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iOS (PetWorld 3D: My Own Animal Rescue) dan Android (PetWorld 3D: My Animal Shelter) dan bisa diunduh secara gratis.

Secara visual, permainan ini menawarkan grafis tiga dimensi sehingga bisa menampilkan gambar yang lebih realistis. Selain itu, tampilan antarmuka yang sederhana dan konten-konten interaktif dalam permainan tentunya akan menarik perhatian si kecil.

Gameplay yang Sederhana

Sebagai permainan anak, PetWorld 3D memiliki cara bermain yang mudah dipahami. Pemain bertugas untuk menjaga dan merawat hewan-hewan yang dipelihara di sebuah rumah penampungan hewan. Area rumah penampungan ini cukup luas sehingga si kecil bisa menyeret layar untuk berkeliling dan melihat-lihat lingkungan sekitar rumah penampungan.

Di setiap ruangan, terdapat hewan-hewan tertentu yang dipelihara dalam kandang-kandang kecil. Sementara itu, hewan-hewan yang lebih besar dipelihara di luar rumah, di kandang yang lebih besar. Pemain dapat memeriksa setiap hewan yang ada, memberi makan, memberikan perawatan, atau mengobati hewan yang sakit. Semua elemen yang ada dalam permainan ditampilkan dalam tiga dimensi sehingga tampak lebih realistis dan menarik, terutama bagi si kecil.

Mengenal Hewan

Jika Anda ingin mengenalkan hewan-hewan kepada si kecil, PetWorld 3D dapat menjadi permainan edukatif yang tepat. Dalam permainan ini, terdapat beragam hewan yang bisa Anda temukan, seperti kuda, anjing, kucing, hamster, kelinci, kura-kura, kambing, dan lain-lain. Hewan-hewan tersebut dapat beraktivitas dan bersuara layaknya hewan di dunia nyata. Si kecil pun bisa mempelajari ciri-ciri hewan yang ada dengan mudah.

Selain ciri-ciri fisik hewan, anak-anak juga dapat mempelajari jenis makanan dan cara merawat hewan-hewan yang ada. Untuk setiap hewan, terdapat pilihan makanan dan perawatan yang berbeda. Pemain bisa melihat informasi mengenai hewan tertentu dan kebutuhannya, kemudian memberikan makan, obat, atau perawatan yang sesuai dengan informasi yang ditampilkan.

Pemain juga dapat bermain dengan hewan peliharaan yang ada, seperti melempar tulang atau mainan untuk anjing, menyisir bulu kuda, atau membelai kucing. Animasi-animasi yang lucu nan menggemaskan dapat menarik perhatian si kecil dan membuatnya betah memainkan permainan ini.

Melatih Tanggung Jawab

PetWorld 3D tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengenalkan hewan dan mendorong si kecil untuk merawatnya secara virtual, tetapi juga melatihnya untuk bertanggung jawab. Anak diminta untuk tidak hanya melihat hewan, tetapi juga memperhatikan kondisinya dengan melihat informasi hewan. Setelah melihat informasi tersebut, anak harus mengambil tindakan yang sesuai dengan kebutuhan hewan.

Selain itu, makanan dan perlengkapan perawatan hewan tidak dapat begitu saja diberikan. Pemain harus menimba sendiri air dari sumur, mengambil makanan dan perlengkapan perawatan dari rak yang ada. Proses penimbaan air dan pengambilan makanan terasa sangat realistis, seolah-olah si kecil memang sedang merawat hewan di dunia nyata. Hal ini  diharapkan dapat memupuk kesadaran si kecil untuk bertanggung jawab atas hewan-hewan yang ia pelihara.

Itulah ulasan mengenai aplikasi permainan PetWorld 3D untuk platform Android dan iOS. Selain mengasyikkan, permainan ini juga dapat mengenalkan si kecil kepada hewan-hewan dan cara merawatnya. Harganya yang gratis membuat permainan ini layak untuk dicoba.

About Bas