anak bohong coper 78ug

Menurut Sains, Begini 8 Cara Mendeteksi Orang Berbohong

Kamu pernah dibohongi orang? Atau jangan-jangan Kamu pernah berbohong? Ya, memang manusia itu tak selamanya bisa berkata jujur. Adakalanya mulut berucap kebohongan, entah karena terpaksa atau memang sengaja berniat buruk hanya Tuhan yang tahu kebenarannya.

Untuk mengetahui orang berkata bohong atau tidak memang cukup sulit. Namun bukan berarti tak bisa dideteksi. Terkadang orang yang berbohong cenderung menunjukkan gelagat tak wajar. Nah, berikut ini trik-trik mendeteksi orang berbohong sebagaimana diajarkan oleh para ahli sains. Cekidot!

1. Menggaruk-Garuk Hidung

Dr. Alan Hirsch, seorang ilmuwan asal Chicago memaparkan salah satu ciri orang yang sedang bohong biasanya suka menggaruk hidungnya. Hal itu dikarenakan ketika seseorang gugup, jaringan dalam hidungnya mengeluarkan senyawa histamin yang membuatnya bergelembung dan muncul rasa gatal.

Itulah mengapa, orang bohong cenderung menggaruk-garuk hidung.

2. Gestur Tubuhnya Aneh alias Salah Tingkah

astaga.com

Mendeteksi orang berbohong juga bisa dilihat dari gestur tubuhnya. Menurut ilmuwan, orang yang berbicara bohong biasanya cenderung tak nyaman saat diberikan pertanyaan. Dia akan menunjukkan penolakan-penolakan lewat bahasa tubuh, seperti memalingkan kepala, mengerucutkan mulut, dan pandangan yang tidak fokus.

3. Mata Berkedip Berkali-kali

Orang bilang, tatapan mata bisa menceritakan segala hal. Ya, tampaknya kalimat tersebut tak sepenuhnya salah! Bahkan ketika orang berbohong itu bisa dilihat dari gerakan matanya.

Biasanya orang yang berbohong cenderung mengedipkan mata berkali-kali. Menurut sains, dalam kondisi normal orang berkedip 1 kali dalam 10 detik. Sedangkan orang yang berbohong bisa mencapai 6-7 kali per-10 detiknya. Intinya, seseorang yang berbohong suka mengedipkan mata berkali-kali tanpa ia sadari.

4. Nada Suaranya Cenderung Tinggi

Selain tatapan mata, berbohong juga bisa dideteksi dari suara. Dimana biasanya orang yang berbohong cenderung berbicara dengan nada tinggi.

Orang yang berbohong berusaha menutupi sesuatu. Oleh karenanya, ketika ia diintrogasi atau diberikan pertanyaan, ia akan gugup dan meresponnya dengan cara tak menyenangkan. Umumnya sih membentak. Tapi bisa pula hanya diam dan pergi begitu saja.

5. Senyuman Palsu

joebudish.com

Senyum tidak selalu menunjukkan makna positif. Terkadang senyuman juga dijadikan sebagai alat untuk menutupi kebohongan loh! Ya, menurut penelitian, ketika seseorang berbohong biasanya cenderung menampilkan senyuman yang sangat manis. Tentunya senyuman itu bukanlah senyum tulus, melainkan sebuah senyum palsu.

6. Cenderung Berkeringat

Keringat umumnya diproduksi pada saat cuaca panas atau ketika mengkonsumsi makanan pedas. Namun selain itu, keringat juga bisa keluar ketika seseorang dalam kondisi gugup. Misalnya saja berbohong.

Mereka yang berkata bohong biasanya cenderung mengeluarkan keringat disekitar telapak tangan, dahi, leher dan pipi.

7. Mata Melirik ke Kanan

grid.id

Beberapa penelitian sepakat mengatakan bahwa seseorang yang berbohong memiliki kecenderungan melirikan mata ke arah kanan atas. Hal ini memang tak bisa dijadikan patokan, namun itulah kebiasaan yang dominan terlihat pada orang-orang yang berbohong.

Mereka memalingkan wajah ke arah kanan secara spontan guna menghindari tatapan lawan bicaranya.

8. Wajah Memerah disertai Tarikan Nafas

Selain berkeringat dan mengalihkan pandangan, biasanya orang yang berbohong juga akan menampakkan wajah memerah disertai tarikan nafas yang tak beraturan.

Kondisi ini terjadi akibat dari rasa tertekan di hatinya, perasaan gugup dan gelisah merangsang pelepasan hormon adrenalin dalam tubuh, sehingga tanpa disadari kulit wajahnya pun memerah. Bahkan detak jantungnya juga cenderung berdetak lebih cepat.

Kira-kira itulah Gengs beberapa ciri orang berbohong menurut sains. Moga aja bisa membantu ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *