Siapapun orangnya, pasti pernah merasakan telat bangun sahur. Begitu pula dengan Anda bukan? Akibat telat bangun sahur itulah kerap membuat kita panik sehingga mengalami kebingungan makanan apa yang harus dikonsumsi dalam waktu cepat demi mengejar waktu imsak.

Meskipun begitu, Anda harus tetap berusaha makan sahur tepat pada waktunya. Walaupun hanya beberapa menit usahakan semaksimal mungkin untuk memanfaatkan waktu tersebut agar tubuh Anda tidak kekurangan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika sedang menjalani puasa selama satu hari penuh.

SUSU

Apabila Anda berada pada situasi tersebut, lebih baik konsumsilah susu. Susu merupakan sumber makanan yang paling mudah dan cepat untuk dikonsumsi. Kandungan protein yang tinggi dan karbohidrat (laktosa) sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh Anda.

Susu merupakan sumber protein yang baik. Jika waktu sudah sangat mepet, lebih baik konsumsilah susu siap saji. Dalam hal ini susu sangat baik dikonsumsi karena protein yang terkandung akan dicerna lebih lama dalam tubuh sehingga membuat perut pun menjadi kenyang lebih lama.

SEREAL

Agar semakin nikmat, Anda bisa mengkonsumsi sereal yang dicampur dengan susu. Misalnya, sereal yang berasal dari gandum atau jagung sangat baik sebagai sumber karbohidrat. Ada beragam jenis sereal yang bisa Anda temukan di pasaran salah satunya seperti oatmeal yang bisa Anda konsumsi dengan cepat. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan segar seperti stroberi atau pisang.

Sereal yang berasal dari gandum atau jagung merupakan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk dikonsumsi. Sama halnya dengan protein, kedua jenis makanan ini tidak mudah diserap oleh tubuh sehingga rasa kenyangnya pun menjadi lebih lama. Ketika Anda memilih meminum susu, tutuplah sahur Anda dengan tetap mengkonsumsi air putih.

Selain sereal, Anda juga bisa mengkonsumsi jenis karbohidrat lainnya seperti biskuit. Pasalnya, biskuit merupakan sumber karbohidrat praktis. Jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Selain pisang atau stroberi yang dicampur dengan oatmeal, Anda juga bisa memilih pepaya. Pepaya yang kaya akan vitamin C sangat baik untuk tubuh. Pepaya memiliki tekstur yang lembut sehingga Anda tidak perlu membutuhkan banyak waktu yang lama untuk dikunyah. Pepaya juga memiliki kandungan papain yang sangat berguna untuk memecahkan protein yang lebih baik di dalam tubuh. Nah, dalam hal ini pepaya akan membantu protein agar lebih mudah dicerna.

Ketika sahur, usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu asin. Kandungan garam yang tinggi pada makanan yang Anda konsumsi ketika sahur bisa membuat Anda merasa haus. Oleh karena itu, lebih baik pilihlah makanan ataupun minuman yang manis saja.