Monday , October 19 2020

Cara Tepat Menolong Orang Tenggelam

Menolong Orang Tenggelam

Musibah bisa datang kapan dan dimana saja, salah satunya adalah tenggelam di air. Jika suatu saat Anda mendapati teman atau orang lain tenggelam di air, maka selain harus menolong korban tenggelam anda juga harus memikirkan keselamatan Anda agar jangan ikut tenggelam di air.

Berikut adalah cara yang tepat dan benar menolong orang tenggelam :

1. Jangan Panik.

Tenangkan diri, Kepanikan akan membuat Anda berbuat salah dalam menolong korban tenggelam. Maksud hati menolong orang, malah Anda sendiri juga menjadi korban tenggelam bersama orang yang akan sedang Anda selamatkan.

Beberapa kasus kesalahan yang mengakibatkan penolong juga menjadi korban tenggelam :

a. Penolong tidak bisa berenang dan berusaha menjangkau orang tenggelam, akibatnya korban dan penolong sama-sama tenggelam.

b. Penolong bisa berenang namun menolong orang tenggelam bukanlah pekerjaan mudah, sekali Anda dipegang orang yang tenggelam yang panik maka jangan harap dia akan melepaskan peganganya kepada Anda. Andapun akan sangat kesulitan bertahan walaupun Anda sebetulnya bisa berenang, dan ikut tenggelam bersamanya.

Melumpuhkan atau membuat korban pingsan adalah cara terakhir menyelamatkan orang tenggelam agar si penolong yang bisa berenang bisa dengan leluasa menarik korban ke atas air.

2. Berteriak Minta Tolong.

Berteriaklah agar orang lain mendengar dan mengetahui ada orang tenggelam. Semakin banyak orang semakin mudah menyelamatkan sang korban.

3. Gunakan Barang.

Lemparkan pelampung atau barang-barang yang mengambang di air agar dipegang oleh orang yang tenggelam tersebut. Bisanya orang yang tenggelam akan memegang barang apa saja yang ada dijangkauan tanganya, apakah itu rumput, kayu, dan barang apa saja yang didekatnya.

Cari kayu atau tali dan ulurkan kepada korban agar dipegang dan Anda dapat menarik korban tenggelam ketempat yang aman.

4. Buang Air.

Jika korban telah pingsan, bantulah korban untuk mengeluarkan air dari tubuhnya, agar air keluar paru-paru korban dan korban bisa leluasa bernafas.

5. Nafas Buatan.

Jika korban tidak menunjukan tanda-tanda bernafas, bantu dengan memberikan pernafasan buatan kepada korban dengan mulut Anda.

6. Bawa Ke Petugas Medis.

Cepat bawa korban tenggelam ke Petugas medis yang bisa memberikan pertolongan yang benar kepada korban. Kita tidak tahu kerusakan apa saja yang dialami oleh organ tubuh seperti paru-paru dan otak korban.

About Bas