Cara Menghasilkan Uang Dari Barang Bekas

Menyulap Barang Bekas Menjadi Uang

Tidak jarang, ditemukan barang bekas yang masih sangat baik dari segi penampilan maupun nilai fungsionalnya.

Jika dibuang, tentu hal ini akan menyebabkan penumpukan sampah. Padahal benda-benda tersebut masih bisa dimanfaatkan.

Atas dasar itulah, menghasilkan uang dari barang bekas memiliki pengaruh positif yang sangat besar bagi keseimbangan alam pula.

Keuntungan Ketika Menjual Barang Tidak Terpakai

Selain penting untuk keseimbangan alam, menjual kembali barang yang sudah tidak terpakai juga sangat menjanjikan keuntungannya.

Apalagi jika barang bekas masih bagus dan bisa berfungsi normal, harganya pun bisa dibanderol cukup tinggi. Dengan demikian, ada laba tersendiri yang bisa diperoleh.

Jika dalam menjual barang bekas benar-benar ditekuni sebagai salah satu bidang pekerjaan, maka keuntungan yang didapat juga tidak bisa dibilang sedikit.

Cara Mendapat Keuntungan Maksimal dari Barang Bekas

Nah, cara mendapat keuntungan maksimal dari barang bekas itu bagaimana? Fakta di lapangan adalah beberapa orang ada yang ingin mengembangkan usaha di bidang jual beli barang bekas (barkas), tetapi belum bisa memikirkan bagaimana cara untuk mengeksekusi atau mengemasnya menjadi lebih fungsional.

Oleh karena itu, beberapa cara dibawah yang mengulas tentang cara mendapatkan uang dari barang bekas yang bisa kamu coba dirumah.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan sesuai karakteristik barang dan masing-masing orang supaya semakin banyak keuntungan diperoleh dari jual beli barang bekas.

1. Jual Secara Online

Cara mendapatkan uang dari barang bekas yang pertama adalah dengan menjualnya secara online. Sekarang ini banyak situs marketplace atau toko online yang menampung barang-barang bekas diperjual belikan dunia maya.

Selain mudah dalam mempromosikannya, pangsa pasar jualan barang barang bekas secara online juga lumayan besar lho. Karena semua orang di dunia bisa mengaksesnya dan melihat barang yang ditawarkan secara realtime, calon pembeli dan penjual pun bisa saling berinteraksi secara langsung..

Ada beberapa situs marketplace yang sering digunakan untuk menampung lapak jual beli barang bekas. Misalnya FJB Kaskus, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan situs lainnya.

Caranya mudah kok. Kamu hanya perlu untuk memajang barang bekas yang ingin kamu jual. Jangan lupa untuk ikut mencantumkan informasi yang lengkap dari barang yang kamu jual itu buat memudahkan calon pembeli.

Selain situs yang ada di marketplace, kamu juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau pun sosial media berbasis gambar yang sedang nge tren, Instagram. Ketiga media sosial ini memiliki potensi yang tinggi untuk dijadikan lapak jual-beli barang bekas.

Kalau perlu, kamu bikin situs atau blog sendiri buat promosiin barang-barang bekas kamu yang mau dijual. Kalau sudah banyak yang tahu, pasti kamu bakal ketagihan deh bisnis jual beli barang bekas secara online.

2. Daur Ulang

Sudah banyak orang yang sukses dan menghasilkan duit hanya dari barang bekas atau sampah sekalipun. Hanya bermodalkan barang bekas tidak terpakai maupun sampah sekalipun, tetap bisa menghasilkan pundi pundi uang untuk sekedar menambah pemasukan.

Cara daur ulang yang satu ini bisa kamu praktikkan di rumah. Barang bekas yang kerap kali tergeletak di sembarang tempat baiknya dikumpulkan untuk di daur ulang. Syaratnya, kamu hanya perlu memiliki daya kreativitas tinggi. Setidaknya, kamu harus sudah tahu mau dijadikan apa barang bekas yang sudah dikumpulin tersebut.

Kerajinan dari barang bekas yang unik dan kreatif bisa dijual kembali untuk mendapatkan uang.

Contoh:

  • Celengan dari botol plastik atau kaleng bekas.
  • Miniatur dari kardus bekas.
  • Topeng dari kertas bekas.
  • Bunga dari koran dan sedotan bekas dll.
bunga dari sedotan bekas.
bunga dari sedotan bekas (miung.com)

Baca Juga:

3. Lelang

Biasanya, jika seseorang melelang barang preloved, atau istilah lain dari barang bekas, malah akan meningkatkan harga dari sebelumnya.

Mengapa demikian? Karena pada saat seseorang tertarik dengan suatu benda lalu ada orang lain yang menawar harganya, maka dia akan cenderung menawar dengan harga lebih tinggi agar bisa mengalahkan nominal orang lain tersebut. Hal ini tentunya akan menguntungkan penjual. Semakin tinggi semakin bagus, bukan?

Barang-barang preloved tidak harus bermerk dan mewah. Yang penting barangnya berguna untuk  orang lain dan masih dalam kondisi yang bagus dan bisa dipakai, barang apa pun bisa dijual maupun dilelang.

Mulai dari perhiasan, pakaian, sampai kitchen set, atau juga perabot rumah tangga. Namun, ada juga barang tertentu yang tidak bisa kamu jual kembali, meskipun kondisinya super mulus.

Namanya saja barang preloved, pasti ada kekurangannya. Jadi saat melakukan display, bagian yang berlubang, patah, atau memiliki kekurangan secara fisik juga harus difoto.

Selain itu, jangan hanya menulis tentang kelebihannya, tetapi minus barang juga harus ditulis.

Jika memang barang tersebut awalnya dibeli dengan harga mahal, mencantumkan harga asli ketika awal beli juga tidak ada salahnya. Yang penting, jangan sampai pembeli merasa tertipu sudah membeli produk bekas tersebut.

Barang-barang bekas kini dapat bermanfaat baik bagi kamu dan Cara Mendapatkan Uang Dari Barang Bekas akan bisa menjadi keahlian Kamu juga dapat memberikan banyak manfaat buat orang disekitar Kamu.

4. Jual ke Tukang Loak

Cara menghasilkan uang dengan cepat dari barang bekas lainnya adalah menjualnya ke tukang loak. Banyak tukang loak yang suka menampung barang bekas rumahan, dengan ini kamu bisa memanfaatkan untuk menjual barang bekas kamu.

Beberapa jenis barang bekas yang gampang ditampung tukang loak, di antaranya alat pakaian, majalah, elektronik, kardus, buku,bahkan hingga botol plastik. Untuk para pedagang loak, semuanya masih memiliki nilai jual.

Menjual barang bekas ke tukang loak pasti akan dihargai lebih rendah. Karena tukang loak juga pasti akan mengambil selisih untung agar bisa dijual lagi.

Tapi tidak apa-apa, dari pada barang bekas di rumah dibuang begitu aja, mending dijual lagi dong. Lumayan kan dapat duit tambahan. Belum lagi rumah jadi tampak lebih bersih dan lega.

Harga yang ditawarkan bisa jadi sangat rendah. Tetapi, harga tersebut bisa semakin naik sehingga uang yang diperoleh pun semakin banyak. Negosiasi harga menjadi salah satu cara jika seseorang mengerti harga pasaran barang bekas. Jadi, sebelum pergi ke sana sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan dulu tentang berapa kisaran harga barang yang ingin Kamu jual.

Jadi, sudah tidak malu lagi kan jual barang bekas? Semoga sedikit info mengenai peluang usaha yang baik dan menguntungkan yaitu Cara Menghasilkan Uang Dari Barang Bekas ini dapat bermanfaat bagi kamu. Selamat mencoba usaha ini dan dijamin menguntungkan bagi kamu dan lingkungan kamu, dan jangan lupa di share biar lebih bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *