Wednesday , October 28 2020

Mengenal 6 Museum di Bandung dan Alamatnya

Museum di kota Bandung sudah ditata dengan apik dan modern. Sebagian besar menyimpan sejarah-sejarah Kota Bandung untuk dijadikan pelajaran berharga di masa mendatang. Berikut ini adalah 5 museum terkenal di Bandung yang layak Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

1. Museum Geologi

Museum ini berdiri tahun 1928, oleh seorang arsitek bernama Menalda van Schouwenburg. Di tempat ini Anda dapat mempelajari banyak hal yang berhubungan dengan bencana alam, bumi, pemanfaatan sumber daya dengan benar, cara mengolah energy, dan lain-lain. Museum yang berada di Jalan Diponegoro No. 57 Kota Bandung ini awalnya berfungsi sebagai laboratorium serta tempat penyimpanan hasil penyelidikan geologi dan pertambangan dari berbagai wilayah Indonesia. Kemudian berkembang menjadi sarana pendidikan, dan penyedia berbagai informasi tentang ilmu bumi, dan objek pariwisata.

Alamat: Jl. Diponegoro No. 57, Cihaurgeulis, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40122
Telepon:(022) 7213822

2. Museum Sri Baduga

Museum ini berdiri tahun 1974 dengan menggunakan lokasi gedung bekas Kawedanan Tegalega. Sebagian bentuk dari bangunan asli tetap dipertahankan kelestariannya dan digunakan sebagai kantor administrasi. Museum Sri Baduga berlokasi di Jalan KR No. 185

Alamat: Jl. BKR No.185, Kota Bandung, Jawa Barat 40243
Telepon:(022) 5210976

3. Museum Pos Indonesia

Museum ini menyimpan koleksi prangko dari berbagai negara , dan benda-benda pos bersejarah. Museum ini berisi terletak di kawasan Gedung Sate, namun gedung ini secara administratif terletak di Jalan Cilaki No. 73, Kelurahan Cihapit, Kecamatan bandung, Wetan.

Alamat: Jalan Cilaki No.73, Kota Bandung, Jawa Barat 40115
Telepon: (022) 4206195

4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Dulu tempat ini adalah tempat tinggal perwira Belanda. Museum ini menyimpan benda-benda yang digunakan oleh pasukan Kodam Siliwangi, dari senjata primitive seperti tombak, panah, keris kujang, bom Molotov, sampai dengan senjata modern seperti panser rel buatan Indonesia, meriam, dan kendaraan lapis baja. Pada museum ini terdapat pula bedug, simarame, senjata lars panjang dan pistol.

Museum ini juga menjadi saksi peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada tanggal 24 Maret 1946 dan peristiwa keracunan pada 17 Februari 1949. Museum Mandala Wangsit Siliwangi terletak di Jalan Lembong No. 38.

Alamat: Jl. Lembong No. 38, Braga, Kota Bandung, Jawa Barat 40181
Provinsi: Jawa Barat, Telepon: (022) 4203393

5. Museum Konferensi Asia-Afrika

Museum ini berdiri tahun 1926, dan dirancang oleh arsitek Belanda bernama Van Galen Last dan CP Wolff Schoemaker. Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) atau yang juga dikenal dengan Gedung Merdeka terletak di Jalan Asia Afrika No. 65. Di dalam gedung bersejarah ini, terdapat koleksi sejarah Indonesia di masa awal kemerdekaan.

Alamat: Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111
Telepon:(022) 4233564

6. Museum Barli

Museum Barli dibangun atas kecintaan Barli pada seni lukis sekaligus bertujuan meningkatkan apresiasi seni bagi masyarakat Indonesia. Barli yang dilahirkan di Bandung, 18 Maret 1921, pada awalnya merupakan salah seorang illustrator, dosen, dan pelukis angkatan 1935 bersama dengan Affandi, Hendra Gunawan, Wahdi Sumanta, dan Sudarso.

Sebagai salah satu bentuk perjalanan seni lukis modern di kota Bandung, Museum Barli dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 640 M2 dengan luas bangunan seluruhnya 1.200 M2. Bangunannya terdiri dari tiga lantai dan terbagi dalam empat ruangan dengan fungsi masing-masing, dimana kita bisa menyaksikan perkembangan seni lukis Barli dan kehidupan pribadinya.

VISI :

Pusat kajian, penelitian, pendidikan non formal berbasis seni rupa dalam rangka mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai budaya Indonesia pada umumnya, Jawa Barat dan Bandung pada khususnya.

MISI :

Terus melakukan kegiatan secara simultan baik di tempat maupun jemput bola, sebagai wadah dalam membangun kreatifitas terutama pembentukan karakter yang beretika dikalangan generasi muda melalui konsep edutainment (belajar dengan cara yang menyenangkan) dan enlightenment (merangsang daya pikir masyarakat untuk merangsang dan menemukan nilai-nilai kehidupan)

Jl. Prof. Dr. Ir. Sutami No.91
Bandung, Jawa Barat, 40152, Indonesia

About Bas