Wednesday , October 21 2020

Penyebab dan Cara Mengatasi Malas Berolahraga

Kesibukan yang dimiliki orang yang kerap menjadi penyebab malas berolahraga. Mereka hanya mementingkan pekerjaannya demi mencari uang tanpa memikirkan kondisi tubuh di masa yang akan datang. Padahal olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Fakta inilah yang menyebabkan sebagian orang mulai merasa bahwa olahraga merupakan bagian penting dari hidup kita yang mulai terlupakan. Rasa malas yang menyelimuti perasaan yang membuat kita mengulur-ulur waktu dan lupa melakukan olahraga. Akibatnya tubuh pun menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Jika hal tersebut sudah terjadi, boro-boro mau olahraga, untuk menggerakkan tubuh saja rasanya malas luar biasa. Jadi, bagaimana solusinya dan apa yang harus kita lakukan?

Olahraga memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, olahraga secara konsisten sangat penting dilakukan. Kita juga harus melakukan secara rutin. Apabila Anda sudah terlanjur malas, sebaiknya ikuti cara-cara berikut ini!

1. Cari Teman

Olahraga sendirian memang membuat kita merasa ogah-ogahan. Carilah teman agar kamu semakin bersemangat menjalankan olahraga. Selain untuk menghilangkan rasa sepi, teman bisa membangkitkan semangat kita untuk berolahraga, lho. Biasanya rasa semangat bisa menular dari satu orang ke orang yang lainnya. Milikilah teman yang selalu berenergi agar semangat Anda ikut terbakar untuk berolahraga bersama. Lambat laun, semangat Anda semakin tinggi dan tidak mau kalah dengan teman Anda lainnya yang selalu berolahraga rutin. Dengan demikian, Anda pun akan semakin konsisten berolahraga.

2. Mencoba Sesuatu yang Baru

Biasanya rasa malas itu disebabkan karena rasa bosan. Cobalah cari tahu apa yang membuat Anda merasa bosan. Kemudian temukan sesuatu yang baru untuk mengikis rasa bosan Anda. Kalau misalnya Anda bosan olahraga lari, carilah alternatif lainnya misalnya dengan olahraga bersepeda. Atau, coba ganti jenis olahraga lain yang tidak biasa Anda lakukan. Carilah sesuatu yang baru dan lakukan! Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengubah jadwal olahraga. Misalnya, biasanya Anda berolahraga di pagi hari, cobalah sesekali berolahraga di sore hari. Variasi-variasi tersebut bisa membantu semangat Anda kembali meningkat untuk berolahraga demi kesehatan.

3. Datang ke Tempat Fitnes

Mungkin saja Anda jenuh dan malas berolahraga dengan cara yang biasa. Agar tidak malas, yuk coba datang ke tempat fitnes. Di tempat fitnes, Anda dapat menemukan banyak orang yang sedang berolahraga. Dengan demikian, nantinya Anda pun akan semakin bersemangat dan termotivasi untuk ikut berolahraga ataupun hanya sekedar menggerakkan tubuh. Selain itu, alat-alat fitnes juga bisa mengembalikan atau memicu semangat Anda untuk berolahraga secara aktif.

4. Buat Target Untuk Berolahraga

Ketika Anda malas berolahraga, belajarnya membuat target untuk diri sendiri. Misalnya, Anda menargetkan untuk menurunkan berat badan sebanyak 1 kilogram selama satu minggu. Jika Anda sudah benar-benar niat, tulislah target tersebut pada buku harian atau post-it yang kemudian di tempel di salah satu sudut kamar Anda. Fungsinya sebagai pengingat Anda setiap harinya. Dengan demikian, Anda pun terpacu untuk kembali menggerakkan tubuh dan berolahraga. Agar target tersebut tercapai, lakukanlah sesegera mungkin. Jangan tunda-tunda karena hal tersebut bisa memicu rasa malas Anda.

5. Lakukan Aktivitas Ringan

Apabila Anda masih enggan melakukan olahraga secara langsung, cobalah pelan-pelan melakukan aktivitas ringan. Misalnya, bersih-bersih rumah atau sekedar naik turun tangga di rumah ataupun kantor. Usahakan untuk selalu memanjakan tubuh karena dengan memanjakan tubuh bisa membuat tubuh Anda rentan terhadap penyakit. Awali gerakan tubuh Anda dengan aktivitas ringan. Buatlah tubuh Anda berkeringat agar bisa kembali bersemangat olahraga.

Jika semangat olahraga Anda kembali muncul, tubuh pun bisa menjadi lebih sehat dan bugar. Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya membangkitkan semangat olahraga? Jadi, harus tunggu kapan lagi untuk bisa mendapatkan tubuh sehat dengan cara yang hemat? Yuk, mari berolahraga! Sadari kesehatan tubuh Anda sekarang juga.

About Bas