Siapa bilang kalau tabir surya hanya untuk kaum wanita saja?! Kulit pria juga perlu dilindungi dari jahatnya paparan sinar UV. Nah, supaya perlindungannya maksimal, pria disarankan tidak menggunakan tabir surya yang diperuntukkan bagi kaum perempuan. Alasannya?

Kulit pria berbeda

Dibanding wanita, kulit pria lebih tebal, semua ini karena melimpahnya kadar androgen dan testosteron dalam tubuh. Di samping itu, kulit pria juga mengandung lebih banyak kolagen, makanya tak heran kalau seringkali kulit pria tampak lebih muda dibanding perempuan seusianya.

Sayangnya, pria juga lebih malas sehingga tak serajin perempuan untuk urusan perawatan kulit. Inilah yang menyebabkan kulit cepat menua. Nah disinilah peran tabir surya sangat penting, khususnya bila kamu ingin mempertahankan tampilan kulit muda tersebut. Alasannya karena sinar UV-lah yang mempercepat penuaan dini.

Tips menggunakan tabir surya

Kebanyakan pria berpikir:”tidak perlu pakai sunscreen, wong hanya keluar sebentar saja kok.” Padahal agar perlindungannya maksimal, tabir surya harus dioleskan setiap hari, bukan hanya saat ke pantai saja.

Ketahuilah bahwa efek sinar matahari ke kulit tak butuh waktu lama. Dalam waktu 15 menit  saja, itu dapat membakar kulit (ingat, matahari tak kenal kata ‘istirahat’ karena selalu bersinar setiap hari, baik ketika cerah maupun mendung).

Buat kamu yang merasa ribet atau sering lupa mengoleskan sunscreen, beli saja produk aftershave (setelah bercukur) atau pelembab wajah yang sudah mengandung tabir surya di dalamnya – biasanya sih SPF-nya antara 15 – 30. Menggunakan produk semacam ini sudah bisa melindungi kulitmu selama beraktivitas sehari-hari.

Sedangkan untuk pria botak atau gundul, jangan lupa lindungi area kepala juga dari jahatnya sinar UV, entah dengan memakai topi atau mengoleskan sunscreen.

Pemilik kulit putih umumnya lebih rawan gosong akibat sinar UV. Begitu pula dengan pria yang anggota keluarganya pernah mengalami penyakit kulit, perlindungan tabir surya di kulit tak boleh diabaikan, apalagi jika risiko terkena kanker kulit cukup besar.

Seberapa besar pengaruh perbedaan SPF-nya?

Sebenarnya apa sih beda SPF 30 dan 15 itu? SPF (Sun Protection Factor) merupakan rating yang dipakai untuk menentukan seberapa maksimal perlindungan yang ditawarkan tabir surya tersebut. Jika SPF 15 mampu menghalangi 93% sinar UVB, maka SPF 30 – 97%, dan SPF 50 – 98%.

Yang jadi intinya bukan seberapa tinggi SPF-nya, melainkan apakah kamu rutin mengoleskan ulang setiap beberapa jam sekali. Ketahuilah bahwa keringat, air, pakaian, dan aplikasi asal-asalan dapat menyebabkan sunscreen terkikis sehingga pengolesan ulang perlu dilakukan, khususnya bila aktivitas menuntut kamu berada di luar ruangan dalam jangka waktu lama.

Contoh sunscreen terbaik untuk pria

Untungnya pilihan tabir surya untuk pria ada banyak macam maupun merknya. Beberapa yang terbaik adalah:

  1. Auctiv Organic Cocoa Water SPF 30.
  2. Banana Boat Sunscreen For Men SPF 50.
  3. Brush On Block Broad Spectrum SPF 30.
  4. CeraVe SPF 50 Sunscreen Face Lotion.
  5. Cetaphil Daily Facial Moisturizer with Sunscreen SPF 50.
  6. Clinique For Men UV Defense Broad Spectrum SPF 50.
  7. Cremo All-In-One Face Lotion SPF 20.
  8. Dove Men + Care Face Lotion Hydrate SPF 15.
  9. Epicuren X-treme Cream SPF-45.
  10. Every Man Jack SPF 50 Face Shield.
  11. Heliocare 360 Fluid Cream Sun Block SPF 50.
  12. Honeydew Sunscreen SPF 30.
  13. Jack Black Sun Guard Sunscreen SPF 45.
  14. Maple Holistics – Natural Broad Spectrum Sunscreen SPF 30.
  15. Neutrogena Men Triple Protect SPF 20.
  16. Neutrogena Ultimate Sport Face SPF 70.
  17. NIVEA Men Energy Lotion SPF 15.
  18. Paula’s Choice PC4MEN Daytime Protect SPF 30 Moisturizer with Antioxidants for Men.
  19. Raw Elements Eco Form Sunscreen SPF 30.
  20. Vertra Mens Kona Gold SPF 38.

Jadi kawan, itulah tadi alasan mengapa formula tabir surya untuk pria tidak sama dengan wanita. So, jangan pakai punya istri, adik, kakak, atau ibu lagi ya.