Apakah Anda sedang mencari tempat tujuan wisata untuk keluarga? Mungkin Anda sudah merasa bosan dengan pantai atau gunung dan semua tempat wisata alam. Apa salahnya jika Anda mencoba untuk datang ke museum dan menikmati perjalanan sejarah.

Wisata museum tidak selalu membosankan, justru tempat ini sesuai untuk wisata keluarga karena Anda bisa memperkenalkan sejarah kepada anak-anak. Saat ini salah satu museum yang paling banyak diminati oleh pengunjung dari semua wilayah di Indonesia adalah Museum Angkut, Kota Batu Malang. Kota Malang memang menjadi salah satu tujuan favorit saat musim libur panjang atau musim libur malam Minggu.

Sejarah Museum Angkut

Sejak awal Museum Angkut diperkenalkan dan dibuka untuk umum ternyata banyak pengunjung yang jatuh cinta dengan tempat ini. Museum yang baru dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 ini menjadi salah satu tujuan wisata pertama yang memiliki tema transportasi. Bahkan museum ini menjadi museum pertama di Asia Tenggara dengan tema transportasi.

Latar belakang pendirian museum ini adalah ketika pemerintah melihat perjalanan berbagai jenis kendaraan yang menjadi sarana trasportasi di dunia. Tidak hanya di Indonesia saja tapi juga kendaraan di negara lain.

Jadi, jika Anda ingin mengajak anak-anak untuk melihat berbagai jenis kendaraan kuno dan modern, maka Museum Angkut menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain menikmati berbagai jenis kendaraan maka Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang yang sangat indah. Karena itulah museum ini juga menjadi salah satu tempat untuk menggelar berbagai acara seperti pameran, pameran modifikasi kendaraan dan kepentingan lain seperti foto prewedding.

Hal Paling Menarik di Museum Angkut

Sebelum Anda benar-benar datang ke museum Angkut, maka Anda perlu mengetahui bahwa tempat ini sangat menarik. Ada berbagai jenis objek yang bisa Anda kunjungi untuk memuaskan ilmu pengetahuan tentang transportasi. Ada berbagai zona yang disediakan dan bisa dikunjungi sesuai dengan selera Anda. Jadi, tempat ini sangat sesuai untuk anak-anak, orang dewasa hingga orang tua. Berikut ini adalah beberapa zona yang harus Anda kunjungi.

1. Zona Edukasi

Zona ini sangat sesuai untuk semua usia pengunjung termasuk anak-anak. Semua pengunjung bisa menikmati berbagai cara untuk mempelajari sejarah transportasi dunia. Berbagai kendaraan dari mulai jenis kendaraan bermesin dan paling canggih bisa dipelajari dengan mudah. Anak-anak tidak akan merasa bosan karena cara belajar yang menyenangkan.

2. Zona Sunda Kelapa dan Batavia

Zona ini menghadirkan berbagai jenis kendaraan yang dipakai pada di pelabuhan Sunda kelapa. Anda bisa melihat beberapa minatur kapal yang sangat mirip. Dengan melihat sejarah transportasi di Sunda Kelapa dan Batavia maka Anda bisa melihat beberapa perjalanan transportasi dan perkembangan deretan toko-toko di Batavia.

3. Zona Jepang

Zona Jepang mungkin akan menjadi salah satu jenis zona yang dipenuhi dengan kemajuan teknologi. Bahkan hingga sekarang Jepang menjadi salah satu pusat perkembangan kendaraan canggih. Di dalam zona ini Anda bisa melihat beberapa perkembangan pabrik kendaraan seperti Honda, Kawasaki dan Suzuki. Tidak hanya itu saja, sebab Anda juga bisa melihat perkembangan transportasi di tempat ini.

Masih ada beberapa zona yang harus Anda kunjungi seperti zona Uni Eropa, zona Hollywood, dan zona Gangster. Selain itu Anda juga bisa melihat tempat-tempat menarik seperti pasar Apung dan museum D’Topeng. Museum ini dibuka setiap hari dari mulai pukul 12:00 hingga 20:00. Museum ini terletak di kawasan Jalan Terusan Sultan Agung Atas nomor 2, Kota Wisata Batu Malang.