Bagi Kamu yang ingin mencoba berwirausaha tak ada salahnya mencoba bisnis waralaba atau juga dikenal franchise. Bisnis ini dijalankan dengan sistem distribusi barang atau jasa. Dimana dalam prakteknya melibatkan dua pihak, yakni franchisor (pemberi waralaba) dan franchise (penerima waralaba).

  • Franchisor merupakan yaitu pihak pemilik merk dagang, perannya yaitu memberikan hak penemuannya kepada calon investor.
  • Franchisee merupakan calon investor, yaitu pihak yang diberikan hak oleh franchisor untuk menggunakan penemuan mereka.

Dalam menjalankan bisnis waralaba ini, biasanya pihak franchisee harus membayar royalti sekian persen dari hasil penjualan ke pihak franchisor. Besarnya fee yang dibayarkan bergantung pada perjanjian. Namun demikian juga tidak terlalu besar, sekitar 3-5%.

Apabila Kamu hanya memiliki modal minim, maka usaha ini cocok untuk dijalankan. Keuntungannya Kamu nggak perlu susah-susah mencari ide bisnis, merek dagang, ataupun promosi. Cukup cari perusahaan yang buka jasa franchise, lalu bergabung dan bayar royalti. Udah deh, simpel kan?

Nah, berikut ini beberapa bisnis franchise dengan modal kecil yang bisa jadi pilihanmu. Simak yuk!

1. Martabak Mini Afrika “Waka-Waka”

Salah satu franchise jajanan populer di Indonesia adalah Martabak Mini Africa ‘Waka-Waka’. Usaha ini didirikan oleh perusahaan Zavindra Pijar Raya di tahun 2011. Hingga sekarang, sudah ada lebih dari 500 mitra yang bergabung di dalamnya.

Apabila Anda juga ingin menjalin kerjasama dengan perusahaan kue ini, paling tidak Anda harus menyediakan modal sekitar Rp.8.ooo.ooo. Nantinya Anda bakal mendapatkan fasilitas booth portable, kompor gas, peralatan bikin kue, banne, seragam, video SOP, dan masih banyak lainnya. Untuk info lebih lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya martabakminiafrica.com.

 2. Ramen Setan

Bila Anda punya modal sedikit lebih banyak, Anda bisa mencoba franchise Ramen Setan. Sebagaimana namanya, perusahaan ini menjual menu spesial ramen yang pedas dan dimasak dengan bumbu asli Jepang namun halal. Selain itu, tersedia juga menu lainnya seperti teriyaki, bento dan aneka macam sushi.

Untuk bergabung menjadi mitra bisnis, terdapat beberapa pilihan paket yang disediakan. Yang paling murah Rp.15.000.000. Namun kadang juga ada promo sehingga menjadi Rp.10.000.000. Dengan membayar uang sebesar itu, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa gerobak, bahan baku, peralatan masak, spanduk, banner, video training dan masih banyak lainnya. Bila berminat, Anda bisa melihat persyaratannya di website resminya yaitu ramensetan.co.id.

 3. Big Mama Chicken Noodle

Big Mama Chicken Noodle merupakan franchise yang tepat bagi Anda yang ingin berwirausaha namun modal masih minim. Untuk menjadi mitranya, Anda hanya perlu membayar Rp 3.500.000 saja. Nantinya Anda bisa mendapatkan fasilitas dan resep rahasia untuk membuat menu-menu spesial ala Big Mama, seperti ayam rica-rica, ayam goreng crispy, dan mie ayam.  Jika ingin mendapatkan info lebih lengkap, kunjungi situs bigmamamie.blogspot.co.id.

4. Muchomania

Muchomania merupakan perusahaan yang menjual produk minuman coklat. Perusahaan ini berdomisili di Semarang, Jawa Tengah. Untuk menu yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari choco fana, choco berry, choco taro, choco banana, green amazon dan masih banyak lainnya. Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung mendaftar di website resminya muchomania.com.  Modal yang dibutuhkan enggak terlalu besar kok, hanya berkisar Rp.5000.000-Rp.6.000.000’an.

5. Siomay Youlagi

Siomay Youlagi merupakan perusahaan yang menyediakan beragam jenis siomay dengan aneka rasa. Mulai dari siomay kukus, siomay goreng, siomay bakar serta kuah. Sedangkan varian rasan siomaynya terdiri dari siomay ikan tenggiri, ayam, keju, wortel dan masih banyak lainnya.

Untuk bergabung dengan perusahaan ini, Anda perlu menyediakan budget antara Rp.3.500.000-Rp.6.500.000. Nantinya Anda baka mendapatkan meja boots, peralatan masak, spanduk, banner serta dapat free siomay dan ayam bakar. Jika berminat, Anda bisa langsung menghubungi lewat website resminya siomay-youlagi.com

Selain yang disebutkan diatas, masih banyak franchise lainnya yang populer di Indonesia. Namun sayang, modalnya cukup tinggi. Diantaranya seperti KFC, Beeholiday, Pos Indonesia, sebagainya. Apabila Anda berniat bisa mencari infonya lewat browsing di dunia maya dan bertanyalah pada orang yang berpengalaman. Good Luck!