Dalam setiap acara pernikahan, selain dekorasi tempat berlangsungnya acara sakral tersebut, penampilan adalah sesuatu yang sangat penting bagi para mempelai. Terutama mempelai wanita, mereka selalu menginginkan tampilan yang sempurna disetiap acara, apalagi ini adalah momen yang sangat penting untuk mereka, jadi mereka pasti menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar kata indah.

Kebaya pengantin hadir dengan berbagai macam desain, bahan, model, motif dan juga warna. Bagi anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, mengenakan kebaya pengantin bisa menjadi ide yang sangat brilliant. Mengenakan kebaya pengantin memang dapat menambah kesan cantik serta anggun dari dalam diri anda, tetapi anda tetap harus pintar saat menentukan model kebaya pengantin yang pas dan cocok untuk anda, sehingga ini akan benar-benar terlihat sempurna saat melekat pada tubuh anda.

Pertimbangan Memilih Model Kebaya Pengantin

Untuk anda yang berhijab, memilih kebaya pengantin juga perlu dipertimbangkan. Anda bisa memilih model kebaya pengantin muslim yang desain dan bentuknya menutupi aurat. Jangan memilih bahan kebaya yang tipis atau transparan, dan pilihlah kebaya pengantin yang tidak memperlihatkan lekukan tubuh anda.

Kesesuaian sangat penting ketika anda memutuskan untuk mengenakan kebaya pengantin. Jika anda bertubuh tinggi, anda akan lebih cocok menggunakan kebaya pengantin yang model panjangnya sampai mata kaki. Model kebaya pengantin seperti ini bisa dibentuk seperti ekor yang menjuntai ke lantai pada bagian bawahnya.

Sedangkan untuk wanita yang bertubuh pendek, ada baiknya memilih model kebaya pengantin yang tidak terlalu panjang. Anda bisa mempercantik kebaya dengan memainkan sentuhan kreatif dibagian lengannya. Anda bisa membentuknya seperti lonceng dimana bagian bawah lengan kebaya dibuat lebih lebar. Untuk menambah tampilan cantik kebaya pengantin tersebut, anda bisa mendesain pada bagian leher kebaya. Apakah model U-shape, V-neck atau kotak.

Bahan Kebaya Pengantin

Umumnya bahan dalam pembuatan kebaya pengantin hampir sama. Baik itu untuk model kebaya pengantin modern atau muslim. Hanya saja dalam pembentukannya nanti kebaya pengantin muslim lebih dibuat agak tebal karena memang konsep modelnya yang islami. Contohnya bahan kebaya seperti Lace atau Brokat, jika ini adalah bahan yang digunakan untuk membuat kebaya pengantin muslim, maka perlu dilapisi dengan kain Chiffon agar menutupi bagian tubuh.

Penting bagi anda, pilihlah bahan kebaya pengantin yang membuat anda merasa nyaman. Dan untuk yang berhijab, berhubung model kebaya pengantin muslim harus tertutup, maka anda perlu memilih bahan kebaya yang tidak terlalu membuat anda merasa gerah atau panas. Berikut adalah beberapa jenis bahan kebaya pengantin yang dapat anda pilih sesuai dengan model kebaya pengantin anda:

1. Brokat

Bahan brokat memang sudah umum digunakan untuk pembuatan kebaya. Ada banyak sekali jenis bahan Brokat yang dijual dipasaran, namun yang terbaik adalah jenis Brokat perancis atau Brokat impor. Motif dari Brokat ini biasanya berbentuk seperti floral. Dalam pembuatan kebaya pengantin berbahan Brokat, biasanya akan ditambahkan beragam pernak-pernik agar terlihat lebih glamour dan mewah.

2. Sutra

Siapa yang tidak kenal bahan Sutra yang lembut dan berkilau, dingin dan juga mampu menyerap keringat. Bahan Sutra memang sangat bagus, apalagi warna dari bahan ini sangat awet. Keindahan serta keanggunan dari bahan Sutra ini membuatnya sangat bagus apabila dijadikan bahan dalam pembuatan kebaya pengantin modern.

3. Sifon

Sifon adalah salah satu bahan yang lembut, halus dan memiliki kesan jatuh mengikuti bentuk tubuh sipemakai. Bahan Sifon ini bisa anda gunakan untuk lapisan membuat kebaya pengantin. Atau dapat anda gunakan sebagai bahan membuat selendang.

4. Tenun

Bahan tenun adalah bahan yang sering sekali digunakan dalam membuat kebaya pengantin modern. Banyak masyarakat yang menyukai model kebaya pengantin modern dengan bahan tenun ini karena memang memiliki banyak varian model yang cantik. Di Indonesia sendiri, ada banyak variasi bahan tenun yang unik yang banyak tersebar di berbagai daerah seperti Songket dari Palembang, kain tapis dari Lampung, dan lainnya. Bahan tenun ini juga dapat menampilkan tampilan etnis serta anggun bila dipadupadankan dengan model kebaya pengantin muslim.