Beberapa orang memang malas membersihkan rutin sepatu karet kesayangannya  (apalagi kalau itu harus sering dipakai). Sedangkan lainnya mengaku tidak sempat saja.

Ya, tentu saja tak mengapa kalau sepatunya berwarna gelap sehingga kotoran dan nodanya dapat tersamarkan. Tapi bagaimana bila sepatu karetnya berwarna cerah atau putih? Wah, bisa gawat kalau kotoran sampai menodai tampilan sepatu.

Untungnya, kini ada cara mudah membersihkan sepatu karet yang boleh dibilang tidak menyita banyak waktu serta energi.

Bagaimanakah caranya?! Ayo buka mata lebar-lebar dan simak baik-baik penjabaran berikut.

1. Membersihkan Sepatu Karet Dengan Aseton

Tidak mustahil untuk membuat sepatu karet seperti baru lagi. Anda cuma perlu menggunakan aseton. Iya, aseton yang dimaksud di sini adalah cairan pembersih cat kuku wanita.

Duh, siapa coba yang menyangka jika cairan pembersih kuku wanita ternyata efektif menghilangkan noda dari sepatu karet?! Tapi tunggu, jangan keburu senang dulu. Perlu diketahui bahwa cara membersihkan sepatu karet menggunakan aseton ini tidak dapat diterapkan untuk alas kaki yang:

  • Dipenuhi lumpur.
  • Warnanya selain putih.

Jadi jika sepatu karet Anda berwarna selain putih, mending lanjut ke cara kedua deh.

Sebaliknya jika sepatu karet berwarna putih , maka ikuti cara membersihkan sepatu karet menggunakan aseton yang sangat mudah berikut:

  • Pertama, pakai sarung tangan lebih dulu.
  • Celupkan beberapa cotton ball ke dalam aseton.
  • Gosokkan cotton ball tersebut ke seluruh bahan karet hingga bersih. Ingat, harus seluruh bahan karetnya ya yang digosok. Tujuannya agar tidak terjadi perbedaan warna antara bagian yang sudah terkena aseton dengan yang belum.

Di samping itu, berhati-hatilah ketika melakukannya. Jangan sampai aseton mengenai bahan sepatu selain karet karena itu dapat menyebabkan warnanya memudar.

2. Membersihkan Sepatu Karet Dengan Air Sabun

Yang berikut ini juga termasuk upaya membersihkan sepatu karet tanpa effort yang besar. Caranya adalah tinggal rendam bahan karetnya dalam larutan sabun.

Untuk ini Anda memang perlu menyediakan wadah ceper berukuran besar yang dapat memuat sepasang (atau 1 buah) sepatu, kemudian ikuti tahapan berikut:

  • Isi wadah tersebut dengan air hangat secukupnya. Jangan banyak-banyak, yang penting airnya sudah bisa merendam bahan karet sepatu yang umumnya terletak di bagian sol luar.
  • Setelah itu baru tambahkan sabun cuci piring, atau detergen cair lembut juga tak mengapa. Aduk hingga sabun dan airnya benar-benar tercampur rata.
  • Anda juga boleh menambahkan sedikit pemutih bila bahan karetnya berwarna putih. Untuk ini, jangan lupa pakai sarung tangan ya agar kulit tak sampai terpapar pemutih.
  • Selanjutnya, biarkan sol karet sepatu terendam dalam air sabun selama beberapa menit. Berikan kesempatan bagi larutan sabunnya untuk bekerja mengikis kotoran yang menempel. Waktu merendamnya juga boleh diperpanjang menjadi 15 menit kalau sepatu karet sangat-sangat kotor.
  • Sesudah sepatu selesai direndam, angkat dan singkirkan kotoran atau noda yang masih tersisa di bahan karetnya. Gunakan bantuan sikat lembut, dan lakukan perlahan supaya bahan karet tak sampai rusak.
  • Setelah itu baru bilas sepatu menggunakan kain yang dibasahi air hangat, lalu keringkan dengan bantuan handuk bersih.

Pertanyaan terakhir, “bagaimana bila sepatu karet masih kotor usai direndam”? Anda bisa mengulangi langkah perendaman tadi (sebelum masuk proses pengeringan).

Jadi bagaimana, menarik bukan cara membersihkan sepatu karet yang barusan kami bagikan? Jika disuruh memilih, kira-kira Anda lebih memilih cara pertama atau kedua nih?