Tuesday , October 20 2020

Tips Membelikan Mainan Yang Aman dan Baik Buat Anak

Mainan Aman Buat Anak

Halokawan,

Bermain adalah cara keren si kecil untuk mengenal lingkungan. Mereka belajar sesuatu hal lewat berbagai permainan. Memilihkan mainan yang tepat bagi si kecil juga merupakan wujud kasih sayang Anda pada masa depannya.

Memborong mainan si kecil yang harganya super murah sukses membuat orang tua tersenyum senang, namun sadarkah Anda bahwa mainan yang dibanderol dengan harga murah tersebut mengancam kesehatan dan keselamatan si kecil? Sebab mainan yang murah psti dibuat dengan bahan baku murah yang mengandung zat kimia berbahaya, di antaranya timah, timbal, arsenik, dan merkuri. Zat ini banyak ditemukan pada plastik berwarna pada mainan anak-anak yang harganya super murah.

Meskipun tidak dikonsumsi langsung seperti makanan, saat anak Anda memegang mainan maka zat berbahaya tersebut akan menempel di tangan dan tanpa sengaja turut masuk ke dalam tubuh. Zat-zat berbahaya tersebut, jika melewati ambang batas tertentu dapat mengakibatkan penyakit gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, atau gangguan sistem kerja metabolism tubuh seperti kerusakan pada hati dan ginjal. Padahal lewat bermain banyak hal yang dapat dipelajari oleh si kecil yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya kini dan nanti.

Lupakan anggapan bahwa mainan sekedar alat bantu si kecil untuk mengisi waktu luang. Menurut Kathleen Alfano, Senior Director, Child Research dari Fisher – Price, “Bermain melatih imajinasi , saraf motorik, kemampuan berbahasa, hingga kemampuan berpikirnya.” Pahamilah bahwa dari setiap permainan, si kecil dapat belajar banyak seperti ketika ia belajar di sekolah.

Kesadaran mengenai pentingnya bermain bagi anak-anak setidaknya membuat Anda memiliki standar dalam memilih mainan yang baik untuk si kecil, bukan sekedar murah dan banyak. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI memberikan beberapa tips untuk memilih mainan yang baik, yaitu:

 

1. Baca Label Dengan Teliti

Dalam peraturan perdagangan dijelaskan bahwa produk apapun harus mencantumkan label berbahasa Indonesia, yang berisi informasi tentang bagaimana cara penggunaannya.

2. Sesuai Usia Anak

Pilihlah mainan berdasarkan usia anak, ini lebih kepada faktor keamanan . Misalnya jika anak usia dua tahun dibelikan mainan untuk anak usia 5 tahun, dan mainan tersebut memiliki banyak bagian yang berukuran kecil, dikhawatirkan bagian kecil tersebut tak sengaja tertelan si kecil.

3. Cek Kondisi Fisik Mainan

Pastikan bahan baku yang digunakan aman, tidak ada kandungan yang berbahaya, bagian-bagiannya terpasang kuat, sehingga tidak mudah lepas dan tertelan, atau pun tidak mudah pecah atau tajam sehingga mudah melukai si kecil. Mainan dengan baterai harus memiliki lubang baterai tertutup yang bersekrup sehingga anak-anak dapat membukanya dengan mudah . Baterai dan cairan baterai dapat menyebabkan anak tersedak. Hal lain yang diperlukan adalah Anda harus selalu mendampingi si kecil ketika dia bermain.

 

Contoh Mainan Yang Bermanfaat Bagi Anak:

1. Melatih Kecerdasan Fisik

Sepeda, aneka bola (basket, tennis, pingpong), akan melatih anak secara fisik. Melatih kemampuan sensorik, motorik kasar dan motorik halus, keseimbangan dan koordinasi. Bermain sepeda di taman kota akan membuat ia belajar keseimbangan, dan ia juga dapat melihat berbagai aktivitas yang dilakukan orang-orang di sana.

2. Melatih Kecerdasan Kognitif

Ada berbagai jenis mainan untuk mengundang rasa keingintahuan anak, meningkatkan imajinasi, menumbuhkan semangat kreatif untuk memecahkan masalah, bahkan mengasah kemampuan akademik si kecil. Misalnya: pazzles, maze, balok-balok, bermain boneka tangan, dan sebagainya.

3. Melatih Kecerdasan Sosial dan Emosi

Lewat permainan anak juga dilatih untuk berekspresi, menuangkan ide, berbagi, meningkatkan rasa percaya diri, mengetahui artinya bahagia, sedih, dan belajar menjadi pendengar yang baik. Coba berikan si kecil permainan yang dapat dimainkan bersama teman atau bacakan buku cerita.

4. Mempererat Ikatan Batin

Lewat bermain akan mempererat ikatan batin antara Anda dan si kecil, dengan catatan Anda harus menemani si kecil saat bermain. Mungkin kehadiran Anda saat bermain adalah kebahagiaan terbesar bagi si kecil.

About Bas