Wednesday , October 21 2020

Membeli Artikel untuk Blog Adsense Kapan Balik Modalnya ?

Untung Apa Rugi Membeli Artikel Untuk Blog Adsense ?

 

Harga 1 buah artikel bahasa Indonesia 500 kata bervariasi antara Rp 20.000 s/d Rp 50.000 bahkan lebih, tergantung harga yang ditetapkan oleh sang penyedia penulis artikel / konten.

Jika suatu saat Anda berkeinginan menggunakan jasa penulis artikel untuk mengupdate konten di Blog Anda, kira kira untung atau Rugi ? Jika untung kapan balik modalnya ?

Simak uraianya berikut ini…

Kali ini saya hanya akan membahas pembelian artikel berbahasa Indonesia saja. Saya kira perhitungan untuk artikel bebahasa Inggris juga sama saja. Yang membedakanya hanyalah artikel bahasa inggris mempunyai jumlah pengiklan yang lebih banyak dan harga per kliknya yang lebih besar daripada artikel berbahasa Indonesia.

Lanjut…

Harga klik google adsense blog bahasa indonesia rata rata dihargai Rp 500 / 1 kali klik ( catatan : ada yang lebih rendah dan lebih tinggi tergantung Niche blog ).

Saya akan memberikan contoh yang Rp 500 / klik saja. Jika Anda membeli Artikel seharga Rp 20.000 per artikel, maka dibutuhkan 20.000 dibagi 500 = 40.

Jadi untuk mendapatkan pendapatan Rp 20.000 dari 1 artikel, Anda membutuhkan jumlah klik iklan sebanyak 40 kali. Dengan kata lain jika dalam satu artikel ada klik iklan sebanyak 40 kali maka modal pembelian artikel Anda akan kembali.

 

Lalu untuk mendapatkan 40 klik iklan dalam 1 artikel dibutuhkan berapa banyak jumlah pengunjung ?

Jika CTR (Click throught rate) blog Anda adalah 1% maka dibutuhkan berapa pengunjung untuk mendapatkan 40 klik iklan.

perhitunganya adalah :

1 / 100 x pengunjung = 40 klik

jawabanya adalah 4.000 pengunjung.

Jadi jika ctr blog Anda 1% maka rata rata tiap 1 artikel membutuhkan 4.000 pengunjung untuk mendapatkan 40 klik iklan.

pertanyaanya adalah, berapa hari, minggu, bulan atau tahun blog Anda untuk mendatangkan 4.000 pengunjung dalam 1 artikel ?

Jika dalam 1 hari 1 artikel yang Anda beli mendapatkan pembaca 10 kali, maka dalam 400 hari modal pembelian artikel Anda akan kembali.

Jika dalam 1 hari 1 artikel yang Anda beli mendapatkan pembaca 40 kali, maka dalam 100 hari modal pembelian artikel Anda akan kembali.

Jika dalam 1 hari 1 artikel yang Anda beli mendapatkan pembaca 100 kali, maka dalam 40 hari modal pembelian artikel Anda akan kembali.

Sekarang Anda sendirilah yang akan tahu kira kira Blog Saudara bisa mendapatkan pengunjung berapa banyak bila menerbitkan 1 artikel baru.

Itu kalu ctr blog Anda 1%, bagaimana kalau ctr blog Anda 2% atau lebih ? Tentunya lebih cepat lagi balik modalnya….

Jadi jika dalam waktu 1 bulan atau 1 tahun modal pembelian artikel Anda kembali modal itu termasuk untung atau rugi ?

 

Perbandingan

Sekedar informasi saja, jika Anda menaruh uang Anda di Bank dalam bentuk deposito maka dalam waktu kurang lebih 15 tahun uang Anda akan berkembang menjadi 2 kali lipat karena bunga deposito rata rata 6 persen dalam 1 tahun.

Jika Anda menginvestasikan uang Anda dalam bentuk saham atau reksadana mungkin dalam waktu 6 tahun, uang Anda akan menjadi 2 kali lipat, karena pengembangan dari invesatasi tersebut rata rata belasan persen 1 tahun.

Jika Anda adalah pengusaha kuliner yang sukses maka Anda mungkin tidak akan menjadi seorang blogger yang menggeluti bisnis Adsense. Mengapa ? Karena keuntungan seorang pengusaha Kuliner bisa 100 persen hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Jadi semuanya tergantung dari usaha dan cara Anda dalam menjaring traffic di internet yang melimpah untuk Blog Anda. Jika Anda rajin menshare artikel baru Anda di media Sosial dan sebagainya tentunya mendapatkan ratusan bahkan ribuan pengunjung dalam 1 artikel adalah hal yang sangat mudah.

Jika Artikel yang Anda beli mampu menembus halaman satu Google bahkan peringkat satu di pencarian google, tentunya mendapatkan ribuan pengunjung dalam waktu yang singkat tidaklah mustahil.

 

Kesimpulan

Membeli artikel untuk blog, untung dan ruginya telah anda ketahui. Jika membeli artikel untuk blog memberikan kerugian pada blog Anda, lebih baik Anda perbaiki dahulu kualitas blog Anda sendiri. Rajin rajinlah blogwalking ke senior blogger sehingga menambah wawasan Anda.

Jika membeli Artikel untuk Blog lebih banyak memberikan keuntungan dengan masa pengembalian modal yang pendek, saya rasa membeli artikel ataupun membayar jasa penulis bayaran untuk mengupdate artikel di blog anda setiap hari adalah cara yang cerdas memberikan keuntungan lewat blog anda dari bisnis Google Adsense…

About Bas