Wednesday , October 21 2020

Tips Membangun Rumah Agar Biaya Lebih Murah

Biaya Murah Membangun Rumah

Sekedar ingin berbagi pengalaman dalam membangun Rumah sendiri dengan biaya yang lebi murah, bukan hanya membuat Rumah murah. Namun jika Anda ingin membangun Rumah murah bisa juga tips berikut digunakan agar Anda bisa memiliki Rumah murah dengan biaya yang lebih murah lagi.

Semoga saja apa yang pernah saya alami dalam membangun Rumah dengan modal yang cukup terbatas bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana membangun Rumah Impian Anda sekeluarga.

Ada 3 hal penting yang harus Anda tahu biaya apa saja yang harus Anda persiapkan.

  1. Perijinan PBB dan IMB.
  2. Tenaga Kerja.
  3. Material / Bahan.

Mungkin poin yang no 1 bisa Anda abaikan karena tidak terlalu memakan biaya banyak. Kita langsung saja menuju poin no 2 dan 3.

Berikut adalah beberapa Tips agar Anda bisa membangun Rumah sendiri dengan biaya yang cukup terbatas :

A. Menghemat Biaya Tenaga Kerja.

Bagaimana agar anggaran untuk membayar tenaga kerja tidak membengkak atau justru malah dapat Anda Hemat ?

Apakah Anda akan memakai jasa tenaga kerja Borongan ?

Atau memakai jasa Tenaga Kerja Harian untuk membangun Rumah ?

Kedua pilihan di atas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau Anda memakai jasa Borongan, jumlah uang yang akan Anda keluarkan sudah bisa diperkirakan, tidak ribet, atau capek dan pengerjaan rumah Anda pasti lebih cepat selesai. Namun kekuranganya adalah dari segi biaya yang lebih besar tentunya.

Contoh :

Misalnya untuk membangun rumah type 45 ( 45 m² ) dengan biaya tenaga kerja Rp 800 ribu / m² maka dana yang akan Anda bayarkan kepada pemborong adalah harga borongan / m² x luas bangunan dalam m² = Rp 800 ribu x 45 m² = Rp 36 juta. Itu belum termasuk biaya material dan tanah.

Jika Anda tidak mau repot lagi membeli material Anda bisa memborongkan semuanya, dan biasanya pemborong rumah mematok harga rata-rata sekitar Rp 3 juta / m², jadi untuk membangun rumah dengan type 45 Anda harus mengeluarkan uang denga jumlah sekitar 135 juta rupiah.

Namun pertimbangkanlah untuk memakai jasa tenaga kerja harian, karena dibanyak pengalaman orang-orang dapat mengurangi biaya pembangunan rumah yang cukup banyak. Memang sedikit repot karena Anda harus memberi makanan, minuman dan kadang rokok, namun bagi Anda yang ingin berhemat uang dan memiliki rumah impian dengan dana yang cukup terbatas, saya kira inilah pilihan yang tepat dan lebih murah.

1. Perhatikan Musim.

Usahakan mulai membangun Rumah disaat musim panas, karena tidak banyak hambatan yang menyebabkan tenaga kerja banyak menganggur karena halangan hujan. Dan ini akan mengakibatkan pengerjaan Rumah Anda lebih cepat selesai dan tentu saja akan menekan anggaran untuk tenaga kerja.

2. Tenaga Profesional.

 

Cari Tukang Profesional, jangan cari hanya karena murahnya. Tukang Batu yang Profesional biasanya akan mempunyai Tim yang profesional juga. Kelihatanya memang lebih mahal bayaranya, namun pengalaman dan hasil kerja yang bagus akan membuat Anda tidak kecewa akan hasil kerjanya. Disamping hasil pekerjaanya yang bagus, secara akumulasi biaya yang akan Anda keluarkan juga akan lebih murah karena tukang yang profesional dapat menyelesaikan tugasnya lebih cepat karena sangat terencana.

Tanyakan kepada teman atau orang lain yang pernah membangun Rumah dan temukan tenaga kerja yang profesional dan dapat dipercaya untuk membangun Rumah Anda.

3. Tenaga Anda.

Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan utama Anda. Namun jika mempunyai waktu dan tenaga yang luang, Tenaga dan pemikiran Anda akan sangat berguna untuk membantu tenaga kerja harian Anda. Hal-hal yang pasti akan timbul akan cepat terselesaikan jika Anda berada di waktu dan tempat yang tepat. Tak akan banyak waktu yang terbuang hanya karena menunggu. Pembangunan Rumah Anda berjalan lancar dan tentu saja biaya yang akan anda keluarkan untuk membayar tenaga harian rumah Anda juga dapat diminimalisir.

B. Menghemat Material / Bahan Bangunan.

Membuat perencanaan awal tentang Desain Rumah Anda adalah keharusan. Berapa luas dan tinggi rumah yang akan Anda bangun serta material jenis apa saja yang Anda perlukan akan banyak membantu Anda dalam menekan biaya pembangunan.

1. Beli Material bangunan sekaligus banyak dan lengkap.

Mungkin terasa berat, namun hal itu saya pastikan akan jauh lebih murah daripada Anda membeli bahan bangunan sedikit lebih sedikit. Hampir pasti dimanapun tempatnya, toko-toko penjual bahan bangunan akan menjual barang lebih murah jika Anda membeli barang dengan jumlah banyak.

Jika Anda berada di daerah yang cukup jauh dari kota besar, pertimbangkanlah untuk membeli barang dalam jumlah banyak di kota besar atau di tempat barang berasal ( diproduksi ). Anda akan menhemat uang dengan perbedaan harga hingga 10% untuk barang-barang tertentu.

Jangan segan-segan untuk merayu pemilik toko dan tanyakan kepadanya, berapakah diskon yang akan saya dapat jika saya membeli barang di tempat Anda dalam jumlah banyak ? Jika Anda melakukan itu, hampir pasti sang pemilik toko akan memberikan potongan harga atau bonus tertentu kepada Anda selaku pembeli.

2. Lakukan Survey harga material bangunan.

Membandingkan harga barang-barang di masing-masing toko bangunan adalah pekerjaan yang melelahkan. Namun percayalah bahwa setiap toko bangunan akan menerapkan strategi dalam menjaual barang daganganya. Kadang kadang bahan material bangunan dengan merek yang sama dijual lebih murah dan lebih mahal di toko yang berbeda.

Jika Anda punya waktu, luangkanlah melakukan survey ke banyak toko bangunan atau Anda bisa bertanya kepada teman Anda yang pernah membangun Rumah sendiri sebelumnya, ke Toko mana Anda harus membeli barang dengan merek dan jenis tertentu dengan harga yang lebih murah.

3. Dinding Rumah.

Banyak pilihan apakah Anda akan memakai bata merah, Batako atau Bata ringan.

Jika Anda ingin menggunakan batako untuk dinding Rumah, Membayar orang untuk membuat batako sediri lebih murah dari segi biaya dan lebih kuat kualitasnya daripada Anda harus membeli batako dari pabrik batako.

4. Atap Rumah.

 

Atap Rumah yang terbuat dari seng / atau genteng metal, lebih ringan daripada atap dari genteng tanah liat. Hal ini akan mengurangi biaya karena kayu yang akan dibutuhkan untuk rangka atap Rumah juga lebih sedikit karena atap lebih ringan.

Model Atap Rumah yang sederhana dan tidak terlalu rumit juga dapat menghemat biaya pembuatan atap baik dari jumlah atap dan kayu yang digunakan.

5. Jendela Rumah

Rumah dengan sedikit jendela terasa kurang indah dan tentu saja kuarang terang. Namun harga kayu yang terus naik membuat kita harus berpikir ulang tentang biayanya. Buat jendela secukupnya, untuk mengatasi pencahayaan dalam rumah, buat ventilasi udara di atas pintu dengan jumlah yang lebih banyak agar ruangan tidak gelap dan lembab.

Saya kira itu beberapa tips membangun Rumah dengan biaya yang lebih murah yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat, mungkin Anda memiliki pengalaman yang berbeda ? silahkan berbagi……

About Bas