Bingung Soal Makna Simbol Yang Ada di Oven? Baca Ini!

Kemajuan teknologi tentu saja diharapkan dapat mempermudah aktivitas manusia. Itu kalau manusianya mengerti bagaimana cara memanfaatkan teknologinya. Tapi bagaimana kalau tidak?!

Atau untuk kasus yang lebih spesifik, bagaimana kalau oven baru yang dibelikan menantu kemarin ternyata lebih canggih (dan juga membingungkan) ketimbang oven Anda terdahulu? Nah supaya nggak gaptek-gaptek amat, yuk kita pelajari apa saja makna simbol yang ada pada oven itu. Tenang, simbol yang akan kita bahas ini sifatnya mendunia kok, jadi sudah digunakan oleh kebanyakan produk oven modern.

Fanned oven heat

(kipas angin dikelilingi lingkaran)

Simbol Oven, Fanned oven heat

Sumber: https://www.which.co.uk/

Simbol kipas angin dikelilingi lingkaran ini menandakan kalau kipas ovennya punya elemen pemanas sendiri. Panas ini biasanya dihasilkan dari elemen melingkar yang mengelilingi kipas di bagian belakang oven. Fungsi kipasnya adalah membantu agar suhu panas bisa menyebar rata di sekitar oven.

Kipas oven yang baik akan menghantarkan panas secara merata sehingga tak peduli di posisi mana makanannya – apakah atas, bawah, belakang, atau depan– semuanya akan matang merata. Dan ini merupakan kelebihan dari oven yang memuat simbol ini. Anda bisa memanggang beberapa loyang kue sekaligus di dalamnya. Hore!

Lain halnya kalau penyebaran panas oven kurang merata, biasanya Anda harus memindahkan loyangnya atau memutar makanannya supaya matang sempurna.

Nah kalau oven Anda memiliki simbol kipas tapi tidak dikelilingi lingkaran, maka itu berarti kipas tidak punya elemen pemanas sendiri. Kipasnya tetap ada dan bekerjasama dengan elemen pemanas konvensional – biasanya di atas dan bawah, bukan di belakang oven.

Upper and lower heating elements

(2 garis horizontal di atas dan bawah)

Simbol Oven, Upper and lower heating elements

Sumber: https://www.which.co.uk/

Simbol 2 garis horizontal di atas dan bawah ini menunjukkan kalau panas dihasilkan oleh elemen yang terletak di atas dan bawah oven. Tak ada kipas untuk menyebarkan panas ke sekitar oven karena panas disebarkan melalui konfeksi alami. Karenanya, oven ini lebih cocok untuk memanggang daging atau seloyang cake berukuran besar.

Lower heat element only

(1 garis horizontal di bawah)

Simbol Oven, 1 garis horizontal di bawah

Sumber: https://www.which.co.uk/

Jika garis horizontal hanya 1 dan letaknya di bawah, maka artinya panasnya hanya datang dari elemen di bawah oven saja. Lagi-lagi tak ada kipas untuk membantu sirkulasi panas dalam oven jenis ini. Umumnya, oven ini cocok untuk proses memasak sederhana seperti membuat casserole, atau merenyahkan sesuatu katakanlah seperti keripik, kerupuk, atau makanan lain yang sudah melempem.

Lower heating element and grill

(garis zigzag di atas dan garis horizontal di bawah)

Simbol Oven, garis zig-zag di atas dan garis horizontal di bawah

Sumber: https://www.which.co.uk/

Simbol  di atas menunjukkan kalau ada alat pemanggang yang dipakai bersamaan dengan elemen pemanas bagian bawah. Umumnya oven jenis ini cocok untuk memanggang pie dan pizza krispi.

Grill and fan (alat panggang dan kipas angin)

Simbol Oven, alat panggang dan kipas angin

Sumber: https://www.which.co.uk/

Simbol di atas menunjukkan kalau alat pemanggang dikombinasikan fungsinya dengan kipas oven. Kombinasi keduanya bisa menghasilkan efek serupa alat panggang listrik sehingga oven jenis ini cocok untuk memasak daging dan unggas.

Grill (alat panggang)

Simbol Oven, alat panggang

Sumber: https://www.which.co.uk/

Kalau oven memuat simbol di atas, maka beruntunglah Anda karena ada banyak jenis makanan seperti roti, sosis, daging, dan lain sebagainya, yang bisa dipanggang dalam waktu bersamaan. Cukup pastikan saja kalau pengaturannya menunjukkan ‘full grill’, sebab pada mode ‘half-grill’ biasanya hanya 1 elemen saja yang panas. Untuk ini Anda harus menaruh makanan di bawah elemen yang panas.

Oven light (lampu)

Simbol Oven, lampu

Sumber: https://www.which.co.uk/

Simbol di atas menandakan kalau ada lampu dalam oven. Tentunya ini bisa mempermudah Anda untuk melihat hasil masakan atau ketika membersihkan oven.

Jadi sudah jelas ya kira-kira apa saja makna dari simbol yang terdapat pada oven itu?! Semoga ulasan kali ini menambah wawasan kita semua.

***

Penulis: Megsaroh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *